UbuntuPada awalnya saya sedang mencari dokumentasi tentang MEPIS. Tetapi akhirnya malah kesasar pada tulisan tentang Ubuntu. Ada beberapa hal yang saya baru tahu (lebih detail), mungkin para ubuntuers juga ada yang belum tahu :

1. Ubuntu LTS (Long Term Support)

Rilis Ubuntu dengan label LTS (seperti : Dapper Drake), berarti rilis ini akan disupport oleh Canonical selama 3 tahun untuk desktop, dan 5 tahun untuk server. Tetapi support ini hanya untuk update security, jadi bukan update aplikasi. Inilah yang menyebabkan MEPIS yang sempat mengganti basisnya dari Debian ke Ubuntu, tetapi akhirnya kembali menggunakan Debian sebagai basis distronya.

2. Rilis 6 bulanan Ubuntu

Selama ini saya menduga bahwa Ubuntu setiap 6 bulan melakukan upgrade dari rilis sebelumnya. Dalam artian rilis yang lama “dibongkar” kembali, kemudian diupdate, diperbaiki, dll. Tetapi pada kenyataannya, Ubuntu setiap 6 bulan mengambil source dari Debian EXPERIMENTAL, dan membangun kembali dari awal distronya. Jadi akhirnya Code Tree dari Ubuntu tidak sestabil Code Tree dari Debian. Setidaknya begitu menurut Warren Woodford (founder dari distro MEPIS Linux). Tetapi hal ini justru membawa dampak sangat positif bagi Debian. Karena dengan begitu paket pada level Debian EXPERIMENTAL akan cepat berkembang menjadi level testing, untuk kemudian di-freeze menjadi Debian Stable.

Secara umum ini semua ini tidak ada pengaruhnya bagi saya. Distro hanyalah pilihan bagi saya..

Link terkait : MEPIS to switch from Ubuntu to Debian