Seseorang : “Om.. , punya CD Linux gak? Aku minta ya.. Kan Linux gratis..” (sambil senyum – senyum gak jelas)

LabanUx : “Linux nya gratis bos.., tapi CD nya ya beli lah.. ” (curiga bakal panjang nih pembicaraannya..)

Seseorang : “Ahh.. Berarti bohong tuh cerita – cerita orang kalo Linux gratis. Katanya Linux itu gratis. Nyatanya beli juga.. ”

LabanUx : (dalem hati) “CD nya yang bayar…!!!”

Seseorang : “Terus kemaren aku dikasih tau temen buat liat – liat distro Linux di Distrowatch.com. Tau gak, disitu Linux dijual lho.. Malah di situsnya RedHat sama Mandriva, harga Linux nya mahal – mahal.. Berarti bo’ong dong cerita – cerita kalo Linux itu gratis..”

LabanUx : “Linux itu kernel bos. Inti dari OS. Linuxnya sendiri tetep gratis, kamu bisa download bebas dari kernel.org. Dari kambing.ui.edu juga bisa. Nah yang dijual sama RedHat, Mandriva, atau SuSE itu layanan lainnya. Misal : layanan support, atau program lain yang dibuat sama distro tersebut untuk memudahkan user nya pakai Linux. Karena program itu yang buat mereka sendiri, ya terserah mereka.” (dengan gaya sok intelek)

Seseorang : “Mmm.., dasar pembohong.. Intinya gak gratis berarti.. ” (Sambil ngelus – ngelus dagu.., pede..)

LabanUx : (dalem hati lagi) “Oh my God.. Mimpi apa semalam.., ketemu orang kaya gini.”

Esok harinya..

Seseorang : “Eh, aku dah copy CD Ubuntu dari rental. Installnya gimana sih.. Kok susah gitu ya..”

LabanUx : “Susahnya dimana?” (curiga lagi.., kayaknya bakal gak bener lagi nih pembicaraannya)

Seseorang : “Ya.. jelek banget pokoknya. Gak nyaman gitu. Katanya orang Linux jago – jago komputer, masa bikin installer aja gak becus. Lihat itu Windows, tinggal next.. next.. , i agree.., terus masukin serial number. Restart.., beres..”

LabanUx : “Lho emang nginstall Windows gitu? Tinggal next – next aja?” (perasaan enggak deh)

Seseorang : “Hua…ha..ha Gak gaul banget sih ni orang. Gak pernah nginstall Windows om? Ato pengen ng-gaya kaya nginstal program di Linux. Pake command – command gitu.., biar keliatan keren.. Basi om..” (kedua tangan di pinggang, ngakak kaya tokoh jahat di film kartun)

LabanUx : “Kalo nginstall MS Word, Corel sama program – program lain itu ya pernah.. Bener memang tinggal next.. next gitu.. Nah yang aku tanya.., kok kamu bisa bilang instal Linux itu lebih susah, emang pernah install Windows? Inget install Windows lho.., bukan _INSTALL PROGRAM DI WINDOWS_ !!”

Seseorang : (pegang HP, pencet – pencet..) “Eh sori.., ada telpon aku cabut dulu..”

LabanUx : (kali ini gak dalem hati) “SEMPRUL…!!”