Suka Duka Ubuntu Linux 4.10 (Warty Warthdog)

Setelah kesan pertama yang begitu menggoda dari Ubuntu Linux, aku sempat mengalami banyak kekecewaan dengan Ubuntu Linux. Pertama kali install sih enak, gak ada masalah (karena emang belum dicoba – coba). Persoalan di mulai dengan saat aku mo ngerjain tugas Pemrograman Komputer , eh ternyata gcc dan g++ nya gak ada. Langsung deh “apt-get install gcc g++”, dan beres. Tapi kemudian persoalan lain muncul. Pas mau dengerin lagu , eh ternyata XMMS nya gak ada. Wah.., akhirnya mulai cek sana – sini, ternyata banyak paket yang gak ada..Akhirnya sempat aku install game “tuxkart” dan “tuxracer”, ternyata berhasil berjalan dengan baik. Kemudian aku make Synaptic, klak – klik sana – sini, banyak bener yang kuinstall, tapi gak kucatat, abis tuh aku restart komputer. Eh ternyata game “tuxkart” tadi jadi gak bisa dimainin lagi.., gile… Akhirnya terpaksa deh install ulang lagi biar bisa sampe ke kondisi default. Nah setelah install kedua ini aku gak mau lagi terulang kejadian pertama, sampe VGA ku jadi gak berjalan baik lagi. Akhirnya tiap kali apt-get install aku catat. Sampe pada saat aku mo belajar GTK+, aku pikir gampang aja., tinggal pakai apt-get glade (karena glade program untuk buat aplikasi dengan GTK+, tapi langsung bisa design tampilannya), eh ternyata gak bisa.., bahkan header gtk.h aja gak ada.., udah coba – cari sana sini tetap aja gak bisa. Kemudian hal itu terjadi juga dengan Qt (salah satu bahasa pemrograman pengembangan C++).

Akhirnya keburu kesal, aku instal Fedora 3, kebetulan baru download. Soalnya di FC2 masalahku cuma pada pengenalan printer, jadi aku pikir FC3 bakal aman seperti FC2. Eh ternyata tidak sama sekali.., banyak sekali errornya. Kemudian install lagi Ubuntu Linux dengan pasrah karena terpaksa (gak ada distro lain yang tersedia + bagus..). Tapi kemudian ketemu mirror untuk download Mandrake Community 10.0, ya udah coba download.., dan install. Ternyata berhasil install, tapi banyak juga errornya.. Tampilannya sih emang indah, tapi banyak program yang gak berjalan sebagaimana mestinya.

Nah karena udah mentok gak tau lagi mo ngapain.., akhirnya browsing – browsing di internet buat nyari kira – kira distro apa yang baiknya aku gunakan (yang sesuai kebutuhan..). Sempat download Gentoo Linux (udah sampe 10% malah). Tapi pas lagi download aku juga browsing di internet nyari dokumentasi ttg Gentoo tapi tidak tentang cara instalasinya.. Iseng aku coba baca cara instalasinya.., eh ternyata RUMIT BANGET!!! Iiihhhhh……, syerem..!!

Akhirnya balik lagi dah ke Ubuntu Linux.., kemudian coba tanya di milis dan chatting di channelnya Ubuntu (#ubuntu irc.freenode.net). Eh ternyata banyak hal yang menarik juga disini, dan hal – hal yang kucari di Ubuntu akhirnya dapat kutemukan. Seperti GTK+, ternyata aku musti install libgtk2.0-dev biar bisa make GTK+, kemudian untuk server harus install libapache2-mod-php4, dan php4 biar server bisa jalanin server yang support PHP. Dan untuk bisa pake MySQL di PHP nya, haru instal lagi php4-mysql.

Fuuuhhh…., capek juga cari dokumentasi sana – sini.. Tapi banyak juga enaknya di Ubuntu Linux, tunggu aja di posting berikutnya.. 😀

2 Comments

(Required)
(Required, will not be published)

pepaya