Tim Robot Teknik Fisika

Senin kemarin akhirnya proposal untuk KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia – www.kri.or.id) selesai juga, dan udah dikirim lewat Rektorat UGM. Sadis juga kalo ingat – ingat gimana tim kami ngerjain proposal ini.. , sampai gak tidur semalaman, padahal paginya ujian ada 2 mata kuliah : Matematika Teknik sama Elektronika.. Gagal semua deh. GILA…!!

Ada hal yang cukup mengejutkan sewaktu proposal diantarkan ke gedung pusat UGM. Menurut mereka sampai saat itu baru ada 3 proposal untuk KRCI yang masuk ke rektorat. Sedangkan untuk KRI sangat banyak (kalau nggak bisa dibilang “membludak”). Dari Teknik Fisika aja ada 7 proposal, dari Teknik Elektro 8 proposal, Teknik Mesin ada 4 proposal, LPKTA setahuku ada 1 proposal. Itu baru dari fakultas teknik. Dengar – dengar dari MIPA, jurusan Elektronika Instrumentasi ngirimin 2 proposal juga. Gilaa…, dari sekampus sendiri aja segitu banyaknya.. padahal paling banyak diterima cuma 5 tim (5 ini termasuk tim KRCI). Serem juga persaingannya.., untung aja aku gak jadi ikut yang KRI, padahal sudah sempat mendaftar di panitia KRI lho. Doain ya biar proposal KRCI tim ku diterima..

45 Comments

  • At 2005.07.08 20:04, sazali said:

    hai kawan boleh naya nggak cara buat robot secara sederhana

    • At 2006.04.30 20:08, dhanm said:

      allow
      yu mesti master dunk dalam teknik membuat robot,
      boleh ga ai minta beritahu cara buat yang sederhana, yang bisa dikendaliin lewat pc, kalo boleh kirim ya cara buatnya
      aku pengen banget mbikin
      plisss
      thank b 4

      • At 2006.09.05 12:59, BAMBANG.Y said:

        GUE CUKUP BANGGA PUNYA TEMAN-TEMAN INSTRUMENTASI YANG BERANI UNJUK GIGI BUAT PROPOSAL ROBOTNYA ,MET BERHASIL DAN SEMOGA DITERIMA (ANAK’04 INTEL)

        • At 2006.09.21 09:58, Bangsari said:

          kalo mau ambil tulisanku buat kmtf, ambil saja. oke.

          jadi kontributor kmtf kayanya asyik juga tuh. kalo diinvite sih aku mau kok…

          • At 2006.11.06 07:26, eko listiyono said:

            mas mo tanya kalo kita mau bikin robot tu caranya gimana dan apa aja yang mesti disiapin ajarin dong caranya makasih

            • At 2006.11.09 02:17, Okto Silaban said:

              Waduh.., caranya ?? panjang bos kalo dijelasin.
              Tapi step pertama jelas.., kamu harus bener – bener ngerti elektronika dasar.

              • At 2007.04.22 02:09, asnol said:

                aku mau tanya bagaimana cara buat robot secara sederhana coz ku masih awam banget n klo pke bahasa program itu biasanya pake bahasa program apa? klo bisa ajari ya????? thank’s

                • At 2007.05.04 13:39, Nafi' said:

                  Kak, tolong sich kirimin e-mail cara membuat robot sederhana. Soalnya saya ingin sekali membuat robot.

                  • At 2007.05.04 16:04, Okto Silaban said:

                    Waduh.. pada nanyain cara buat robot nih.., aku juga gak ngerti bos..
                    Tapi aku kasih tips deh.., yang jelas gak ada yang mudah
                    1. Harus mengerti elektronika dasar, minimal2 komponen2 nya dan fungsi2nya.., terus ttg rangkaian umum, penguat, sensor, dll
                    2. Harus mengerti pemrograman dasar, Assembler dan C/C++ itu minimal..
                    3. Paham ttg sistem digital.., karena ujung2nya banyak mainan sinyal digital.
                    4. Berdoalah.. 😀

                    • At 2007.05.31 15:10, fka said:

                      duh, ajaRin donk, caRa2 buat Robot..
                      biaR Indonesia juga kagak kaLah ketimbang jePang yaNg mayoRitas biSa ngebuat Robot…

                      • At 2007.05.31 21:25, B1gZ said:

                        numpang nimbrung y… klo ada yg tw situsnya bwat biin robot sederhana jgn lupa ksh tw y kk…
                        thx kk

                        • At 2007.06.27 20:30, deddi agus wahyudi said:

                          halo,,,,,,,, aq dr jurusan tekinik listrix mau tanya g mn cara buat komponen kompone yg ada d dlm robot karena aq mau mempuyai inspirasi tentang robot masa depan , karena aq sudah mau menciptakan sejak dulu tapi ribet denngan kmponen ya atau membuat pcb yang akan d buat kompone yang tepat

                          • At 2007.06.27 23:09, Okto Silaban said:

                            Wow.. aku sendiri juga bingung bos.., gak gitu ngerti soalnya.. 🙁

                            • At 2007.07.07 16:35, Ahsan said:

                              tolong kirimin cara bikin robot yang sederhana dong,
                              kalau ada e booknya download di mana??

                              • At 2007.09.11 22:33, arya said:

                                assalamuallaikum..

                                hay..kawan salam kenal ya..
                                aq leh minta tolong ngga
                                boleh ngga aq minta cara-cara dan trik membuat robot sederhana
                                makasih ya atas jawabannya

                                wassallam…

                                • At 2007.10.07 13:17, fahrul said:

                                  kak tolong kirimin cara membuat robot ke email saya ya.. please

                                  • At 2007.10.07 20:49, Okto Silaban said:

                                    @ahsan, arya, fahrul : Kawan…, aku gak tau cara bikin robot.. Itu jaman dulu waktu baru mau belajar.., tapi teknis cara bikinnya aku sendiri gak ngerti..

                                    • At 2007.11.05 14:50, ronni said:

                                      tolong dong kasih tau cara membuat robot yang sederhana , soalnya lagi aa tugas sekolah nih

                                      • At 2007.11.09 22:50, aboe said:

                                        ajari ane buat robot simpel dunk

                                        • At 2008.01.25 19:39, jua said:

                                          Hai saya mau tolong dikirimin dong cara membuat robot yg sederhana saja…. yg bisa apa aja lah …… Tolong yah kirimin ke email cepti_juanda11@yahoo.co.id ..
                                          Terima Kasih

                                          • At 2008.02.26 16:38, Anne said:

                                            Asw, Bang, Mas atao apalah tolong pisan kirimin cara membuat robot yang sederhana kalo bisa dari bahan-bahan bekas, pokokknya dengan biaya murah!!!!!!! secepatnyaaaaaaa ya!!!!!!11thanx kirimin ke wilstone_girl@yahoo.com ya!!!!!!!Wass.

                                            • At 2008.02.26 16:43, Anne said:

                                              sekarang atuh lah da baik

                                              • At 2008.02.27 19:47, rizqi said:

                                                cara ngebuat robot manual gimana sih????!! soalnya asik banget! coz q lebih suka robot manual… tolong dong, ajarin gimana caranya???kalo g bisa ngebuat robot yang paliiing sederhana aja deh!!
                                                terima kasih banyak……

                                                • At 2008.04.13 10:26, agus.b said:

                                                  cara buat robot sederhana g;mana?
                                                  perlu bahan apa aja?
                                                  bayanya brapa?
                                                  prosesnya lama g’?

                                                  • At 2008.04.25 00:11, too_payz said:

                                                    wew pada nanya buat robot smua, mang susah amat ya?
                                                    pada kul ato skul neh (weekkekeke).
                                                    mnurut wa robot yg susah cuma cari motor kanan n kiri yang presisi, sisanya g susah” amat kok SUMPAAAAHHHH…
                                                    Tips dr wa neh:
                                                    1. Beli mainan yg prinsip ngendaliin rodanya diferensial (ban kanan n kiri ada motornya +
                                                    gear BOX) bukan sistem kayak setir mobil (biasa mobil RC). Mainan kayak gini biasanya ad
                                                    d mainan kayak traktor ato buldoser bagus neh.
                                                    2. Pelajari n cari data sheet trus cara make driver IC L298 (H bridge) jgn L293, tinggal
                                                    nambah kapasitor mkm 100nf n jgn tambah resistor spt d data sheetnya.
                                                    3. Pelajari 1 mikrokontroller yg sederhana (AT89S51) pake bahasa assembler untuk input
                                                    output aja g usa lebih. (sabar)
                                                    4. Pake metode kendali sederhana seperti ON/OFF g usa aneh” kayak PID ato Fuzzy dlu
                                                    (sabar).
                                                    5. sebelum pake sensor (sensor garis) coba program maju 5 detik, mundur 5 detik, kanan 5
                                                    detik, kiri 5 detik, n rotasi 5 detik.
                                                    6. klo uda bisa 5 di atas kujamin tar bakal semangat n ga nganggap buat robot itu susah.

                                                    Robot is Fun maaaaannn…

                                                    • At 2008.10.30 10:58, Edi said:

                                                      Bang sya orag awam bsa g bkn robt soaly sya hobi/sneng liat robt” crdas sya pgen mencptakn robt yg bs dgemara ama anak2 y mugkn anak2 golgn mnegah kbwh gmn ad g bag

                                                    • At 2008.04.25 00:22, too_payz said:

                                                      oiya tambahan neh.

                                                      g perlu tau amat ttg elektronika dasar yg penting tau cara make transistor sbagai saklar ja.
                                                      yg penting elektonika digitalnya paham

                                                      wa elektronika dasar ulang 3 kali masih E juga ASUUUUUU

                                                      • At 2008.06.08 20:22, immanuel lumban gaol said:

                                                        bang..
                                                        ne nuel anak fistek ugm07..
                                                        udah sering denger tentang abang di kampus..
                                                        aQ masih bingung mo masuk bagian energi ato instrumentasi..
                                                        secara aQ suka nya di bidang robotika..
                                                        ada saran ga bang..??
                                                        truZ bidang instrumentasi tu tar ngapain aZ..??
                                                        makasi ya..

                                                        • At 2008.06.08 20:24, immanuel lumban gaol said:

                                                          oh iy, bisa mnta no hp nya ga..
                                                          sapataw tar ada yang mo ditanyain lagi..
                                                          tolong ya..

                                                          • At 2008.06.09 09:26, Dimas said:

                                                            Wah bentar lagi ada seminar tentang robot neh di Sanata Darma.. Yang mo ikut silahkan ikut..

                                                            • At 2008.06.11 16:07, Okto Silaban said:

                                                              @immanuel lumban gaol : Halo Nuel.. Kalo mo masuk instrumentasi, dasar prinsip kerja alat elektronik harus kuat. Teoritis belakangan aja.. Yang penting konsepnya. Tapi yang jelas harus berani mencoba bikin rangkaian, harus bisa bikin simulasi elektronika kecil – kecilan. Ntar juga bisa kok.

                                                              • At 2008.09.26 15:12, syam said:

                                                                mas aku sudah buat mobil – mobilan yang pakai sensor.tapi sampai situ saja karena aku sudah nyari informasi mulai dari buku dan internet tapi masih belum dapat.bisa tolong beritahu aku gak mas buku apa dan situsnya apa yang bisa bantu aku untuk buat robot.

                                                              • At 2008.07.10 18:02, Fikri said:

                                                                kasih tau donk website yang ngejelasin cara buat robot donk please. buat robot susah banget ya???

                                                                • At 2008.09.12 22:14, Alex Gunawan said:

                                                                  Jangan tanya okto soal robot……….. tapi, kalo program robotnya itu baru beda…….. Kalo mau bikin robot, tanya sebangsa muad, (buat yang jurusan teknik fisika) untuk elektroniknya

                                                                  Terus, rata2 buat robot itu team bukan individual, secara lebih baik bagi2 keahlian…… Mungkin bagian ini Okto programmernya kalo aku gak salah nangkep……

                                                                  Kalo elektronika E 3 kali itu mungkin masalahnya di sirkuit otaknya, (mungkin gak pernah masuk + ngerjain tugas……)….. saran bu faridah itu- cuma perlu rajin aja untuk dapet minimal B…………..

                                                                  • At 2008.09.26 15:09, syam said:

                                                                    aku mau nanya? tolong ajarin aku bagaimana cara buat robot yang sederhana aja dulu,skemanya saja juga gak apa – apa

                                                                    • At 2008.12.29 13:53, Fella said:

                                                                      huy, ak mau tanya dunk, cara membuat robot sederhana yang bagus tapi gak perlu biaya banyak gimana? Mohon bantuannya yya. Makasiih!

                                                                      • At 2009.01.30 21:46, fajarndtzz said:

                                                                        maz…caranya buat robot sederhana buat menduplikat logo kaos biar lebih efisien gmna seh???tlng ajarin yaa…makasiii

                                                                        • At 2009.02.09 20:05, joni said:

                                                                          minta rangkaianya boleh gak?

                                                                          • At 2009.02.26 15:34, feni said:

                                                                            minta rangkaian robot pencari cahaya berbasis sensor LDR menggunakan mikrokontroler AT89S51 ada g?

                                                                            plizzz

                                                                            yhx

                                                                            GBU

                                                                            • At 2009.03.18 00:03, Razta said:

                                                                              hallow, bleh nggk q mnta rangkaianx? plizzzz…….!

                                                                              • At 2009.04.30 11:47, abay said:

                                                                                assalamualaikum!
                                                                                salam kenal
                                                                                mas, saya minta tolong nich
                                                                                cara membuat robot gimana cii?
                                                                                terus cara membuat robot yang sederhana tapi bagus dan gak perlu biaya banyak gimana? Mohon bantuannya yya. Makasiih!
                                                                                http://www.hizbulbahri@yahoo.co.id

                                                                              • At 2009.04.30 11:46, abay said:

                                                                                assalamualaikum!
                                                                                salam kenal
                                                                                mas, saya minta tolong nich
                                                                                cara membuat robot gimana cii?
                                                                                terus cara membuat robot yang sederhana tapi bagus dan gak perlu biaya banyak gimana? Mohon bantuannya yya. Makasiih!

                                                                                • At 2010.03.10 19:37, ais said:

                                                                                  assalamualaikum! salam kenal mas,saya minta tolong caranya membuat robot gimana cii?,saya ingin mau kamu mengirim pesan untuk membuat robot.saya mohon!,saya ingin tahu caranya.mohon bantuannya yaa.terima kasih!

                                                                                  • At 2010.07.10 14:08, gagah said:

                                                                                    iya mas….sama kaya mba ais…saya juga ingin tahu cara membuat robot sederhana saja.
                                                                                    thanks

                                                                                    http://www.akhmad06.student.ipb.ac.id

                                                                                    • At 2011.03.02 16:07, qunadia said:

                                                                                      mau tau kalo bikin robot itu yang sederhana jenisnya apa yak?
                                                                                      trus tau gak alamat cara pelatihan pembuatan robot sederhana itu? mau minta link nya dunk please bangeet 🙂

                                                                                      (Required)
                                                                                      (Required, will not be published)

                                                                                      rambutan