Apache + MySQL + PHP di Ubuntu

Setelah lama berkutat di Linux Fedora 2 (dan masih mencintainya), sekarang aku pake Ubuntu terbaru , Ubuntu 5.04 “Hoary Hedgehog”. Paketnya sama aja dengan Ubuntu sebelumnya. Beberapa error di Ubuntu lama udah diperbaiki disini. Antara lain, sekarang dengan Ubuntu ini komputerku udah bisa mati normal, sebelumnya di Ubuntu susah kalo mo matiin komputer. Setelah “halt -p”, ato klik “turn off”, tetap harus mencet tombol power off. Error satu lai, dan yang paling bikin aku sebel, USB Flashdisk Kingston 128 MB ku gak kedetek. Tapi kedua hal itu udah beres.

Kemaren sempat bingung waktu nginstal Apache+MySQL+PHP, karena walopun ada apt-get, gak tau paket apa aja yang mau diinstal. Akhirnya dengan bantuan temenku “Jaya”, dia ngasih trik bagus. Cukup dengan “apt-get install phpmyadmin”, maka kesemuanya udah terinstal. Tapi ada satu langkah lagi biar PHP nya bisa jalan seperti yang diharapkan. Caranya dengan edit di php.ini, kalo di Ubuntuku letaknya di /etc/php4/apache2/php.ini. Cari bagian “;extension=mysql.so” , abis tu ilangin tanda titik koma di depannya. Restart apache dengan “/etc/init.d/apache2 restart”.

Dan akhirnya aku bisa kerja setelah install Apache+MySQL+PHP nya beres. Dan hasilnya adalah ini (masih belum selesai sih sebenarnya) : http://kmtf.ft.ugm.ac.id

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)

pepaya