Dulu aku sempat ngasih artikel tentang Java di Fedora 2 Linux. Nah berhubung sekarang aku pake Distro Ubuntu Linux, jadi sekarang make java di Ubuntu. Secara umum sih sama cara installnya dengan waktu di Fedora 2 dulu (coba baca deh tutorialnya di situs ini), hanya ada sedikit perbedaan sih.

Enaknya sih aku jelasain aja yah.
Gini nih

  1. Download paket J2SDK nya dari, java.sun.com ato kalo mo cepat cari aja mirrornya di Google. Kalo kalian di Jogja, ada mirror nya di salah satu situs anak UGM ,dengan server UGM tentunya. Jadi lebih cepat downloadnya. Sekarang sih udah ada versi terbarunya (j2sdk-1.5), tapi aku nyoba kemaren error, jadi aku tetap make yang j2sdk-1.4-2_05.bin. Inget download yang *.bin ,jangan yang rpm. Soalnya sistem pemaketan program di Ubuntu kan gak pake RPM, tapi pake *.deb
  2. Jalankan filenya dengan ./j2sdk-1.4.2_05.bin
  3. Setelah itu nanti terbentuk direktori j2sdk1.4.2_05, dengan root, pindahkan direktori ini beserta seluruh isinya ke direktori /usr/share, dengan perintah
    laban@labanux~]$ sudo mv j2sdk1.4.2_05 /usr/share
  4. Buat symbolic link, dengan cara gini
    laban@labanux~]$sudo ln -s /usr/share/j2sdk1.4.2_05
    /usr/share/java
  5. Nah kalo di Fedora, kita ngedit di /etc/profile, maka kalo di Ubuntu kita ngedit /etc/bash.bashrc. Di baris terakhir tambahkan ini :
    JAVA_HOME=/usr/share/java
    export JAVA_HOME
    PATH=$JAVA_HOME/bin:$PATH
    export PATH
  6. Nah berbeda dengan Fedora, kita harus logout dulu dari X nya, kalo di Ubuntu cukup keluar dari terminal konsol aja, abis itu buka lagi terminal konsolnya, terus coba ketikkan perintah seperti ini :
    laban@labanux~]$java --version
    Kalo versinya keluar, berarti udah benar, coba aja compile source java mu dengan “javac program.java”, lalu jalankan dengan “java program”. Kalo berhasil, berarti dah bener settingannya.

Nah gitu deh kurang lebih caranya.., kalo ada yang salah ato kurang bener, tolong kasih tau ya lewat comments.