Cara belajar di kuliah..

Ehhh…, akhirnya selesai juga ujian mid semester ini. Barusan (sebelum nulis artikel ini) aku ujian 2 mata kuliah terakhir. Susahnya minta ampun.., ntah aku yang bego’ ato emang soalnya yang susahnya bukan kepalang.

Kadang2 kesal juga sih liat temen, ato mahasiswa lain yang waktu kuliah nyantai aja…, di kost ato di rumah juga nyantai aja.., waktu malem mau ujian.., gak ada bedanya. Tapi begitu nilainya keluar bisa dapet A, ato B.. ato paling kecil C. Sedangkan diriku malah dapet E.. Kenapa ini ya??? Apa mungkin mereka punya trik belajar khusus.., ato memang pada dasarnya mereka jenius??

Aneh juga kan.., masa 3 tahun kuliah gak tau cara belajar yang efektif?? Ada yang bilang “yang penting usaha dah maksimal..”, ada yang bilang “udah terima aja.., berarti segitu kemampuanmu..”.
Hmm.., ya bisa benar salah satunya. Tapi masak gak ada solusinya sih? Bagaimana kelak di kemudian hari kalo aku dah kerja ya, kalo tetap kaya gini sih bisa mampus. Fuhhh….. !! 🙁

Wahai di-Kau Bapa yang di atas sana.., berilah diriku ini selintas cahaya penunjuk jalan.. 🙁

13 Comments

  • At 2006.04.22 14:53, dan said:

    to kayaknya kita sama, gak jauh beda ama yang kau alami selama ini.
    ya udah kita hanya bisa berdoa dan pasti ada jalan kok untuk dapat kerja, contohnya kakakmu aja ntar jadi linkmu , bisa kan dapat kerja CALTEX lagi ok……
    KEEP SPIRIT OF OUR’S self

    • At 2006.05.22 14:53, Laban said:

      Tapi IP mu dah pernah 3 koma Dan.., kalo aku, koma 3 teruss..
      Duh.., kuliah.. kuliah. 😀

      Yah.., mudah2an aja bener kata mu Dan..
      Maju terus yo..,

      NB: Eh gimana pipe controlling nya ?? dah dijalanin belum?

      • At 2006.05.23 11:30, Gideon said:

        Pren,
        belajar yg efektif, sebentar yg penting nyangkut.. 🙂

        Tengs info di jogja linux. Aku baru pengen belajar linux sih .. telat mkn ya. [banyak konsep dasar yg belum kumengerti ..]
        thiess itu prsh kontraktor

        salam kenal

        g

        • At 2006.08.10 02:36, Okto Silaban said:

          Yup.., makasih atas sarannya ya..
          Btw, ntar kalo aku dah lulus bisa dong ngelamar di Thiess he..h.e 😀

          • At 2006.08.27 11:30, rajab said:

            bagaimana cara belajar g efektif?

            • At 2006.08.27 11:35, rajab said:

              oh ya ini anak mn aja? met kenal ya semua…………..

              • At 2006.08.28 00:02, Okto Silaban said:

                Cara belajar g efektif? Wah.., banyak banget mas. Gak muat kalo ditulis disini. 😀 he…he
                Salam kenal juga. Disini banyakan anak Teknik Fisika UGM, sama sodara2 ku.

                Met kenal juga

                • At 2006.12.07 07:53, LaraZ said:

                  makanya jadi satpam aja mazzzz,.,.
                  dijamin tak perlu IP tinggi,.,.
                  wakakkakaka,..,.ntar bisa kerja di DELAYOTA

                  • At 2007.03.19 11:51, ita said:

                    allow… salam kenal…

                    aku baca di forumnya kmtf, kamu punya file tentang geotermal ya??? boleh minta ga??? oh iya… kenalan dulu dink… nama aq ita, anak kimia ugm angkatan 03… kebetulan penelitian TA ku tentang sintesis silika gel dari lumpur panas dieng…
                    klo bisa… file tentang geothermalnya di upload ke email ku ja ya…
                    thanks before.

                    • At 2007.11.06 17:20, ayni said:

                      sabar aja dech…….. toh yang ngalamin itu bukan cma kmu doang, aku jga ko!!! yang penting Qta jgn menyerah, Qta mezti bwt suasana belajar yang menyenangkan misalnya sambil denger musik. tapi jgn keasyikan dengerin musik trz belajarnya lupa dech.,
                      Oh ya, coba dech biasain blajar tuh pulang kul, biarpun malez tpi hasilnya lebih efektif dri pada belajarnya bangun tidur ato sebelum tidur. Intinya belajar tuh jgn ditunda dlu, abiz kul langsung dech mengulang mata kul’y d rumah………
                      Met mencoba…………..

                      • At 2007.11.08 16:23, Okto Silaban said:

                        He..he, dah gak bisa lagi sabar nih.. Dah semester 9 sekarang. :D, tulisan ini kan aku tulis waktu semester 2.

                        • At 2008.04.11 19:41, DaRtie said:

                          giMana maZ????

                          daH wiSuDa LoM??

                          sMua iNdaH pAda wAktUnYa eUyy……..
                          He356x.

                          sMuA oRg pASti puNya keMampUaN y9 b’bDa2 kOq..

                          so, aQ mHoN pTuNjuknYa ya Kak……….

                          cOz q Mci sMsTer 2 niEe..

                          GBU

                          • At 2008.08.14 09:43, aprial said:

                            jangan bodoh lah .bljr yg bgs!!!

                            (Required)
                            (Required, will not be published)

                            jambu