Sudah banyak terjadi perdebatan di berbagai kalangan penggiat TI mengenai penggunaan Open Source CMS (Content Management System). Kalo ngomong dengan programmer PHP murni ada sebagian yang menentang penggunaan OS-CMS. Menurut mereka menggunakan OS-CMS itu membuat orang menjadi bodoh, dan tidak kreatif. Sementara sebaliknya dari mereka para pengguna OS-CMS pun mempunyai alasan : Ngapain repot bikin CMS baru kalo sudah ada tersedia yang siap dipakai, dan malah keamanan serta updatenya terjamin. Dokumentasinya juga tersedia. Siapa bilang jadi gak kreatif, untuk membuat web sesuai dengan keinginan kita / client, perlu banyak kustomisasi pada CMS nya, dan itu terkadang malah lebih sulit. Jadi mana yang dipilih nih ?

Tadi waktu ngenet, habis ujian terakhir (Pengolahan Citra – dengan C++), aku sempat iseng nyari perbandingan WordPress vs Joomla vs Drupal. Akhirnya ketemu satu link *lupa alamatnya*. Ada hal yang bagus yang dia tekankan mengenai masalah klasik ini. Kurang lebih dia bilang gini

Kalo anda atau tim anda adalah tim yang mempersiapkan dan memfokuskan diri pada konten dan perancangan konten, sementara anda / tim anda tidak memiliki tim pengembang untuk membuat dari awal, maka OS-CMS adalah solusi yang tepat.

Tetapi jika anda / tim anda memang pengembang web, dan lebih fokus pada fungsi – fungsi teknis dari web, maka membuat web dari nol adalah yang tepat.

Menurutku hal ini bener banget. Anggap seperti ini, anda adalah menjabat sebagai Ketua Humas dari suatu organisasi sosial. Kemudian anda ditugaskan untuk menjalin hubungan dengan pihak luar melalui dunia online. Kemudian dibuatlah konsep yang sangat dalam mengenai strategi komunikasi melalui web ini nantinya. Seperti apa kontennya, apa kategori yang ada, siapa saja yang menjadi kontributor, apa tema bulanannya, bla..bla..bla. Dan dana yang diberikan kepada anda sangat minim, katakanlah hanya dana hosting + biaya internet.

Nah pada kenyataannya anda sendiri mengerti PHP+MySQL+CSS, dan jika mau berusaha tentu saja anda bisa membuat web secara custom dari nol untuk menyelesaikan misi tadi. Tetapi apakah ini solusi yang tepat? Kalo aku di posisi itu sih, tentu saja lebih memilih untuk menggunakan OS-CMS. Dengan OS-CMS anda sudah memangkas 80% dari kerja anda di web ini secara teknikal. Dan anda bisa fokus ke konten dan teman – temannya tadi.. Karena dari masalah ini intinya adalah konten tadi dan strateginya.

Lalu bagaimana untuk sekala korporat / enterprise? Sampai saat ini sih aku masih make pertimbangan di atas. Aku sendiri belum punya pengalaman di bidang korporat / enterprise, jadi gak bisa bicara banyak.

Mungkin bisa mencerahkan.., atau mungkin malah mengaburkan? 😀 peace..!