Membuat Planet tanpa Planet Planet (kasus : Planet IATT)

Mereka yang berkecimpung dengan blog sehari – hari mungkin sudah akrab dengan istilah Planet. Saya sendiri baru beberapa minggu lalu mengerti tentang istilah ini, jadi saya coba deskripsikan dengan sepengetahuan saya. Planet yang dimaksud disini bukanlah bagian dari tata surya, melainkan suatu halaman web yang isinya diambil dari post terbaru dari suatu kumpulan blog. Jadi seperti IATT (Ikatan Alumni SMA Titian Teras) contohnya. Anggota IATT kan ada banyak. Dan dari sekian banyak anggota itu, beberapa orang mempunyai blog. Dalam kasus ini ada 4 blog. Dengan Planet ini maka secara otomatis post terabaru dari 4 blog anggota IATT ini akan otomatis muncul di halaman Planet IATT tersebut.

Aplikasi web yang biasa digunakan untuk Planet ini sendiri adalah PlanetPlanet , tetapi bagi saya sendiri aplikasi ini memiliki sedikit kekurangan. Iya berjalan menggunakan Python, dan datanya tidak disimpan di database. Mungkin bisa sih, cuma aku sendiri belum menyelidiki lebih jauh. Selain itu setelah coba aku jalankan di server blog ku ini selalu error di crontabnya. Karena itulah akhirnya aku memilih FeedWordprees.

Berbeda dengan PlanetPlanet yang memang merupakan suatu aplikasi, FeedWordpress ini merupakan sebuah plugin yang dipasang di WordPress. Tetapi hasilnya kurang lebih sama dengan PlanetPlanet. Dan bagiku sendiri ada beberapa kelebihan :

– Set up nya mudah, karena tidak jauh berbeda dengan ketika kita memasang plugin biasa untuk WordPress

– Berhubung ini adalah plugin WordPress, maka manajemennya pun mudah.

– Datanya tersimpan di database, jadi masih bisa di search di blog, walaupun untuk membaca lengkapnya harus melihat di situs aslinya.

– tambahin sendiri deh.. 😀

Nah, sekarang tinggal masalah cron nya. Cron ini adalah suatu service yang bisa menjalankan suatu perintah atau program secara periodik di suatu sistem Linux (Unix?). Jadi untuk mereka yang web hostingnya tidak menyediakan akses SSH, mungkin akan cukup kesulitan dengan hal ini. Tetapi sebenarnya masih bisa diakali kok. Bagaimana caranya? Tanya mbah Marijan Google.. ;P

3 Comments

  • At 2007.05.23 08:30, Yuda said:

    ngakalinnya gimana boss ???

    • At 2007.05.23 13:25, zam said:

      di CPanel biasanya ada menu utk crontab 🙂

      • At 2007.05.24 21:19, Okto Silaban said:

        *yuda : Ngakalinya… “katanya” sih pake fungsi cron nya PHP. Tapi mbuh gimana.. :D, seperti aku bilang di atas.., tanya mba- mbah.. itu
        *zam : iya toh.., aku malah belum ngecek..

        (Required)
        (Required, will not be published)

        nangka