Bidang Pekerjaan yang Harus Dihindari untuk Abad 21

Anda sedang mencari pekerjaan? Di bidang apa? Dimana? Kalau anda mencari pekerjaan di Amerika, menurut Forbes.com hindarilah bidang pekerjaan berikut ini :

  1. Manufaktur

    Dulu hampir semua bagian di manufaktur membutuhkan banyak campur tangan manusia, kini hampir semuanya kalah oleh teknologi komputer, mesin dan robot. Pengurangan tenaga kerja dan mengganti dengan mesin otomatis tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan.

  2. Programmer Komputer

    Programmer komputer semakin hari semakin banyak. Menurut Forbes sendiri dengan penambahan programmer sekitar 2% dari tahun 2004 – 2014, perusahaan Amerika lebih suka melakukan outsorcing (coba saja lihat Bangalore, India yang biasa menjadi tujuan outsource pertama). Bahkan sampai berkembang istilah Bangalored, sebagai pengganti kata outsourced. Bagi mereka outsourcing ini biayanya lebih murah. Untuk bisa bersaing dengan hal ini, maka para programmer harus punya spesialisasi, misal : programmer keamanan jaringan.

  3. Jurnalis

    Yang satu ini cukup diperdebatkan, bahkan Rupert Murdock sendiri menanggapi ini dengan serius (baca pembahasan ini oleh Pak Nuk). Forbes menyatakan bahwa internet sudah sangat banyak menggantikan peran media cetak. Dan teknologi internet membuat informasi sangat cepat menyebar. Seperti kita lihat, tulisan di blog kadangkala lebih cepat dan akurat daripada media berita mainstream. Tapi ini masih kontroversi, saya sendiri tidak begitu yakin. Lihatlah radio, ketika TV diciptakan orang meramalkan Stasiun Radio akan habis, bangkrut. Tetapi silahkan hitung sendiri, berapa banyak stasiun radio di kota anda 10 tahun lalu, dan hitung sekarang.

  4. Penyiar Radio

    Sama dengan di atas, kalah dengan teknologi di dunia radio, dan jangkauannya yang semakin luas (sekarang jamannya radio satelit – kecuali Indonesia).

  5. Bisnis Agen Tiket

    Saya rasa yang satu ini memang sangat benar (di Amerika). Di Amerika sudah jarang ditemukan orang – orang datang ke agen perjalanan untuk membeli tiket, semuanya dilakukan online. Jadi calon penumpang bisa langsung memesan ke situs maskapai penerbangan. Lebih jelas, harga lebih murah, dan pasti.

    Tapi untuk Indonesia sepertinya tidak begitu. Masih sangat banyak daerah di Indonesia yang belum terjamah alat transportasi, contoh paling nyata pesawat. Bahkan di sebagian besar daerah Irian, jalan raya saja masih langka. Ketika alat transportasi masuk ke daerah – daerah ini, tentunya tidak segera dilanjutkan dengan pemesanan tiket online. Jadi untuk calon agen tiket Indonesia, sepertinya anda masih bisa bernafas lega.

Kalau di Indonesia, sepertinya bisnis apapun masih akan tetap berkembang. Apalagi bisnis haram.. Beehh…! Jangan tanya..

11 Comments

  • At 2007.10.13 22:31, verdinand said:

    Wah, tulisan yang insightful,
    apalagi buat kita-kita yang mau menjadi pengangguran baru.. *baru tamat kuliah maksudnya*
    MUngkin perlu dituliskan mengenai pekerjaan-pekerjaan yang kini prospektif.
    Full-time blogger misalnya. He3x.

    • At 2007.10.14 17:34, aar said:

      Mas Okto, salam kenal. Terima kasih sudah mampir di http://www.modelbisnis.com. Situs Anda luar biasa… padat dan inspiratif…

      • At 2007.10.14 23:27, Okto Silaban said:

        @verdinand : horas lae… Kalo untuk yang prospektif aku pun belum tau lae.. Biasalah, dalam dunia ini yang jelek2 duluan yang cepat orang tau ha..ha
        @aar: makasih juga mas mampir disini 😀

        • At 2007.10.15 16:00, adhijogja said:

          Wacks..!! Kok agak gawat nih buat aku yang awak komputer (bagian pemrograman)… Hiks…hiks… T_T

          • At 2007.10.16 18:51, Okto Silaban said:

            @adhijogja: Nyante Praz…, ntar tak terima deh di perusahaanku yah.. Makanya jangan cepet – cepet lulus.., biar perusahaanku jadi dulu ;P

            • At 2007.10.16 20:34, Petra Novandi said:

              untung di Amerika….. bukan di Indonesia 😀

              salam kenal ^_^

              • At 2007.10.16 20:45, Leon said:

                Hohoho, bener banget tuh… terutama yang pemrograman…

                • At 2007.10.21 16:48, pepito said:

                  tertarik sama no 3 dan 4 to hehe

                  • At 2007.10.23 01:06, Okto Silaban said:

                    @petra : gini nih ciri orang Indonesia.., apa aja ada *untung*-nya.. 😀 Salam kenal jg
                    @Leon : Oh iya gitu? Males dong aku jadi programmer..
                    @pepito : Yakin Vit?? Hayo.., mana tulisanmu..?? Btw, bukannya mo kerja di Bank?

                    • At 2009.03.05 19:28, new_man said:

                      hmm..
                      kita kan bukan di amerika..
                      jadi.. ga usah takut lahh…
                      ini indonesia apa pun pekerjaan pasti menghasilkan..
                      tul ga…??

                      • At 2009.06.05 16:35, Tyo said:

                        Bnr tuh kata new man

                        Itu kn d amrik dn sekitarny..

                        Bwt indo mah kykny apapun masih menghasilkn

                        Ato semua GAK menghasilkan

                        Hehehe

                        Tp Gw pikir nmr 2 ad benerny jg tuh . . .

                        Makany gw cabut dr ilmu kompi..
                        Gw liat bnyk bet saingannya..

                        Eniwei, yg no 2 tuh bwt smua bid IT y??

                        (Required)
                        (Required, will not be published)

                        nanas