in Digital, General

Google Health, Solusi Software Kesehatan yang Murah

Google HealthDulu saya sering lihat iklan dari perusahaan software yang menyediakan jasa pembuatan software pelacak jenis penyakit dan obatnya. Selain itu saya sempat melihat software sejenis, buatan salah satu temen kampus.

Cara kerja software ini pada dasarnya seperti ini : User memasukkan kata – kata kunci gejala – gejala yang diderita. Software ini kemudian menganalisa kata – kata kunci ini, jika belum ditemukan data spesifik software akan meminta beberapa keterangan lain. Dan biasanya gejala – gejala atau keluhan si user ini dikelompokkan dalam beberapa bagian.

Google pun menangkap peluang ini. Dari hasil analisa penggunaan search enginenya, terbukti sangat banyak orang yang mencari informasi mengenai sejumlah penyakit menggunakan Google. Dan dikembangkanlah Google Health untuk memenuhi kebutuhan ini. Google Health sendiri direncanakan baru akan benar – benar diluncurkan tahun 2008.

Suatu langkah yang sangat bagus memang. Kini jika ada orang yang merasa mengidap beberapa gejala penyakit tetapi sulit menemui tempat praktek dokter (misal karena jadwal kegiatan yang padat), tetapi punya akses internet, Google Health bisa menjadi tujuan pertama untuk mencari informasi tentang penyakit tersebut. Dan informasi ini tersedia secara gratis. Silahkan lihat screenshotnya disini.

Write a Comment

Comment

  1. @ayahshiva : woi.. dah nyampe sini wong palembang.. 😀
    @dani : ancaman buat praktek dokter tuh bos..
    @Aa Ram : ada kok, ntar aku kan jadi Project Officernya Google-Health-ID *mode ngarep..*
    @verdinand : emang mencekik gitu? bukannya apotiknya yang mencekik bos?