Java, Jakarta, Gamelan, sekarang Jambi

Java, saya gak tahu di dunia kata ini lebih dikenal sebagai bahasa program atau sebagai salah satu pulau di Indonesia. Kemudian, mereka yang bergelut dengan Java, biasanya juga tahu atau paling tidak pernah membaca tentang Apache Jakarta Project. Kalau tidak salah (saya juga gak gitu tahu) ini adalah salah satu komponen buat Tomcat server (Java Server Pages – JSP).

Kemudian, masih berhubungan dengan Java, saya juga pernah tahu yang namanya Gamelan. Salah satu proyek dokumentasi seputar Java.

Dan sekarang (sebenarnya sudah agak lama sih), Trolltech mengeluarkan produknya Qt-Jambi. Trolltech ini adalah perusahaan yang membuat Qt. Kalau anda tidak tahu Qt, Qt ini adalah Framework yang digunakan untuk membuat desktop KDE dan sebagian besar program yang berjalan di KDE.

Hmm…, kalau perusahaan – perusahaan besar dunia di bidang IT menamakan produknya dengan kata – kata yang umum di Indonesia. Bagaimana dengan perusahaan / organisasi IT di Indonesia?

3 Comments

  • At 2007.12.30 07:13, Cah Jogja said:

    Hehehe, project besok kasih nama “biliton” ahh… 😀

    • At 2007.12.30 14:44, Yuda said:

      ada lagi yang aku pernah denger namanya karapan sapi tapi lupa itu apa, terus juga sumatra (PDF reader yang enteng – katanya)

      • At 2008.01.01 16:25, Okto Silaban said:

        @Cah Jogja : Biliton?? apa tuh?

        @Yuda : Karapan Sapi? Hmm.., jangan2 Babi Ngepet juga ada? ha..ha

        (Required)
        (Required, will not be published)

        sirsak