Beberapa waktu belakangan ini ada beberapa selebritis (artis maupun politikus) yang mulai ngeblog. Beberapa diantara blog – blog ini menggunakan hosting dan domain sendiri. Tetapi ada juga yang menggunakan layanan gratisan seperti Blogspot.

Saya memfokuskan pada blog selebritis dengan domain dan hosting sendiri. Kira – kira kalau anda adalah selebritis, kemudian berniat untuk membuat blog, kepada siapa kira – kira anda akan minta bantuan? Asumsi, anda tidak mengerti teknikal pembuatan blog (beli domain, sewa hosting, upload file, install cms, dll).

Dari beberapa kasus blog selebriti tersebut setahu saya akhirnya yang terlibat “mensukseskan” blog tersebut adalah para blogger ternama juga, sebut saja : Vavai, Budi Putra, dan Thomas Ari Setiawan. Lalu apakah memang mereka ini menyediakan layanan pembuatan blog profesional? Untuk Thomas “OrangScale” saya rasa iya, tetapi saya kurang yakin untuk yang dua lainnya.

Kita ketahui bahwa perusahaan web developer sangat banyak. Lalu apakah ada perusahaan yang khusus menjadi “blog developer“? Atau katakanlah seseorang yang secara resmi menyatakan diri sebagai “blog developer”? Sejauh ini yang saya tahu cuma bung Thomas tadi.

Sebuah perusahaan web developer kadangkala mencari job dengan memasukkan proposal kesana kemari. Ada juga yang dengan sedikit “mendidik” sebuah perusahaan swasta agar mau membuat web dengan iming – iming kenaikan profit bisnis perusahaan tersebut melalui web yang akan dikembangkan (walaupun pada kenyataannya hanya beberapa perusahaan saja yang benar – benar bisa melakukan ini). Dan yang “tak kalah seru”, bermain dengan oknum pemerintah, untuk pengembangan website dengan isu penerapan e-goverment. Pelaku di bisnis ini banyak, dan persaingannya cukup ketat, apalagi jika berurusan dengan lembaga pemerintah.

Kalau ada perusahaan “blog developer” formal, saya rasa ladangnya akan lebih hijau, . Kini proposal bukan diantarkan ke perusahaan satu ke perusahaan lain, tetapi dari satu artis ke artis lain, dari satu tokoh partai ke tokoh partai lain. Mungkin memang nilai proyeknya tidak sebesar pengembangan web korporat sekelas BNI, Telkom, dll. Tetapi sepertinya ini lebih prospektif. Karena tidak sulit bagi sebuah pribadi untuk memutuskan mau membuat blog atau tidak. Dan dengan melihat target yang disasar, tentunya mereka ini adalah kalangan yang mampu.

Bisnis di seputar blog sepertinya akan semakin banyak. Anda mau terlibat di dalamnya? Ajak – ajak saya ya..