Web Hosting dengan Teknisi yang Kurang Sopan

Beberapa waktu lalu akses account SSH saya di salah satu web hosting di disabled. Saya menanyakan ini kepada Sales Support mereka via YM. Saya pikir karena layanan support yang tersedia via YM hanyalah Sales Support, maka saya bisa langsung menanyakan kepada mereka mengenai masalah ini.

Sales Support tersebut mengatakan agar membuat ticket support. Saya tanya balik mengapa harus selalu via ticket support? rasanya merepotkan (karena user interface mereka untuk login masih sangat tidak nyaman). Akhirnya saya dialihkan ke Sales Support lain yang juga sedang online via YM. Kemudian setelah permasalahannya ketemu, Sales Support pertama kembali mengirim pesan kembali kepada saya. Ia menjelaskan mengapa tidak bisa melayani keluhan teknis via YM. Hal ini dikarenakan layanan via YM hanya untuk Sales Support (penjualan,dkk). Jadi bukan untuk hal teknis. Ok.. saya terima penjelasan mbak satu ini.

Kemudian akhrinya tadi saya menanyakan perihal SSH saya yang masih didisabled via support ticket, seperti disarankan Sales Support sehari sebelumnya. (Yang mengurusi support ticket adalah bagian teknis). Dan inilah balasan dari bagian ticket support tersebut :

2008-02-14 20:22 – SUPPORT DEPT – Ticket Closed

selamat malam,

server tempat domain anda berada tidak dalam maintenance.
untuk bertanya masalah teknis, silakan membuat support ticket, bukan bertanya ke YM.

kami mendisable akses ssh karena isu security yang dikeluarkan dari cpanel, kami akan membuka kembali akses ssh milik anda setelah isu security dari cpanel selesai.

salam

Entahlah menurut anda bagaimana.. Tetapi bagi saya ini kurang sopan. Nada kalimatnya seperti bukan sebuah pesan dari penyedia layanan kepada clientnya. Ditambah pesan ini tanpa menggunakan huruf kapital pada awal kalimat. Saya saja masih menggunakan penulisan yang benar untuk blog ini. Saya rasa untuk sebuah pesan resmi dari perusahaan, pesan seperti ini kurang layak.

Yah.. mungkin karena perusahaan ini dikelola oleh anak – anak muda (pemiliknya sendiri masih berumur dibawah 25 tahun). Mungkin bagi anda ini sepele. Tapi percayalah.., untuk skala sebuah perusahaan, hal seperti ini bisa berakibat fatal.

Mudah – mudahan kesalahan “kecil” seperti ini tidak terulang lagi, dan perusahaan ini bisa semakin memperbaiki diri.

20 Comments

  • At 2008.02.15 07:56, Yuda said:

    ini yang di hosting yang kita omongin waktu itu ?? masa sih ??? padahal waktu itu aku pernah nanya hal teknis via ym dan di jawab dengan baik. Beda orang kali ya 😀

    • At 2008.02.15 08:31, Fajar said:

      Setuju dah, Perusahaan yang dipimpin oleh anak muda, seharusnya lebih disiplin. Masak memberitahu klien lewat YM. Yang sopan tuh lewat e-mail. Kalo yang pesen hosting perusahaan nasional yang udah maju, bisa berabe tuh perusahaan hostingnya.

      • At 2008.02.15 09:23, Adhi P. said:

        Emang anak muda jaman sekarang… Terkadang nggak profesional…

        • At 2008.02.15 10:08, catur pw said:

          Saya jadi inget wejangan dari mas Boy Avianto, diacara pesta blogger tahun lalu, brg mas Nukman Luthfie, saat membawakan diskusi Online marketing dan sales.

          Bahwa, perusahaan-perusahaan di Indonesia seringkali mengabaikan After Sales service.

          Mereka cenderung lebih antusias mencari client/ customer baru, melayaninya bak Raja, bahkan sampai merayu-rayu hingga si-calon customer mau memakai jasa/ atao membeli product perusahaan.
          namun apa yg terjadi setelah product dibeli? hampir 80% perusahaan di Indonesia tidak memberikan after sales yg memuaskan customernya.

          “Habis manis, sepah dibuang?? ” 🙁

          • At 2008.02.15 10:30, andrias ekoyuono said:

            Makanya perlu adanya standarisasi yang jelas mengenai layanan konsumen, kemudian semua karyawan (gak hanya CS atau receptionist) perlu di training dan dipantau tentang layanan konsumen itu. Hal-hal kecil bisa menjadi besar bila tidak ditangani dengan baik. Apalagi bila yang mengalami bad experience ngomong ke media atau nulis di blog 😀

            • At 2008.02.15 14:58, aad said:

              emang njengkelkan kalo kayak gitu… tapi kita musti inget orang sales support kan biasanya gak paham teknis

              • At 2008.02.15 15:04, Okto Silaban said:

                @Yudha : Hmm.. kalo gak salah itu.. :P, yg jawab via YM sih baik.. Tapi ini kan yg jawab via support ticket..

                @Adhi : Anda termasuk di dalemnya? 😀

                @catur pw : Nah.. tepat sekali.. Ini gambaran yang sangat tepat sepertinya untuk kasus seperti ini. Btw, tokohelm gak kaya gitu kan mas he..he

                @andrias : bener.., minimal perusahaannya sendiri yang bikin standarisasinya.

                • At 2008.02.15 15:06, Okto Silaban said:

                  @aad : ya memang.. Support Ticket itu kan yang ngurus orang teknis.. Jadi sudah sepantasnya dia mengerti..

                  • At 2008.02.16 04:47, ilhamsaibi said:

                    siapa siapa oranyang??? mana website resminya?? siapa yang punya hostingnya?? apa perlu kita ganyang??? ganyang hostingnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

                    • At 2008.02.16 18:15, andy said:

                      hahah..hampir sama pengalamannya, kalo saya udah bayar, baru hampir seminggu diaktifin lagi itu pun setelah kita yang ngejar2, nyepelein banget lah itu hosting company…..itu tuh yang item2

                      • At 2008.02.17 02:21, Okto Silaban said:

                        @ilhamsaibi : ampuun bang… ampun…

                        @andy: Wew.., siapa tuh yang item2? hayo.. ngaku..

                        • At 2008.02.17 21:06, alfaroby said:

                          kok dari kemarin KeyCode ku gak enak terus sih…. he he

                          aku setuju sama kamu… kayaknya perkara pengiriman surat tersebut bahasanya kalau boleh jujur sih agak kurang sopan… terkesan kok kurang ajar ma pelanggannya… OK lah.. perusahaan baru.. tapi kalau seperti ini… bagaimana bisa berkembang….?

                          • At 2008.02.17 22:57, Okto Silaban said:

                            @alfaroby : mudah – mudahan mereka bisa cepat berbenah..

                            • At 2008.02.19 14:50, agung said:

                              seharusnya dukungan online juga mengurusi perihal teknis.. kenapa ? karena terkadang klien membutuhkan jawaban yang cepat.. walaupun si cs hanya bilang :

                              “bentar ya mas.. 10 menit lagi qt ngobrol lagi.. dan saya akan memberikan jawaban setelah itu.”

                              sayangnya ga ad yang begituh..

                              • At 2008.02.22 17:41, Okto Silaban said:

                                @agung : makanya… perusahaan web hosting nanti jangan kaya gitu yah.. 😀

                                • At 2008.03.10 13:55, Cokie said:

                                  Anda masih belum seberapa, beberapa waktu lalu saya juga pernah alami hal demikian, amat sangat berbelit2 dan terkesan seenaknya saja, saya lokasi bali sedangkan hosting di jakarta jadi otomatis hanya bisa berhubungan per email (Support ticket) dan per tlp, per email dijawab sesuka hati sesempat mereka membalas dengan jawaban2 diluar logika dari permasalahan, nah per telpon.. wahh bersyukur banget kalo ada yg angkat telpon.. bedaaaaa banget dengan tempat hosting di kantor (hosting diluar), kalo sekarang kirim email gak sampe 5 menit sudah dibalas dengan penjelasan panjang lebar dng kata2 yg sopan.

                                  • At 2008.03.11 20:09, Okto Silaban said:

                                    @Cokie : Waduh.. masih ada yang lebih parah dari saya ternyata. Btw, sekarang dah pindah hosting dong?

                                    • At 2008.06.24 09:23, desi said:

                                      wah…walo agak gak sopan nanya perusahaan nya…hehehe tapi jadi pengen tahu apa namanya…aku pengen buat pake domain ku sendiri masalahnya…..hehehehe gak mau nanti kena masalah kayak kamu …hahahahaha….apa itu hanya bergantung pada variabel siapa orangnya saja ya???? *piss bercanda okto…

                                      • At 2008.09.10 00:23, Anton said:

                                        Wahh…kalau dari CS sudah tidak sopan, artinya layanan perusahaannya juga tidak berkualitas tuh. Mungkin pimpinan manajemennya yang harus “di-disiplinkan”. Kalau mau hosting coba ke http://www.datacenture.com deh…Perusahaan itu profesional sekali dan Tech supportnya sangat membantu…harga? Bandingkan saja sendiri, tetapi menurut pengalaman saya (saya host 12 situs di datacenture)…tidak ada Perusahaan Webhosting lain di Indonesia ini yang bisa menandingi Datacenture. Benar- benar “World- Class Service” deh !

                                        • At 2010.04.29 17:13, injani said:

                                          kalo masalah support tiket, saya rasakan ada benarnya juga bos, karena setiap teknis yang dibicarakan akan tercatat dan terarah, riwayat percakapan jadi jelas dan ini sebetulnya menguntungkan bagi kita sebagai klien. cuman kalo masalah sopan atau tidak itu urusan personal orangnya, cari yang enak2 aja bos….yang murah hostingnya…yang gak rewel….saya punya pengalaman 2 tahun bersama sangatmurah.com mereka sangat baik dan profesional hostingnya cuman 10rb/tahun. semoga membantu

                                          (Required)
                                          (Required, will not be published)

                                          semangka