Kohana PHPSaya hampir satu bulan ini bergelut dengan Framework PHP yang bernama CodeIgniter untuk melakukan recoding sebuah situs. Saya pilih CI (kependekan dari CodeIgniter), karena dokumentasinya yang tertata dengan baik. Bahkan kalau anda “lihai” mencari, anda bisa dengan mudah mendapatkan e-book-nya. Tetapi dokumentasi bawaan hasil download dari CI sendiri sudah lengkap kok sebenarnya.

Tapi ada sedikit hal yang agak menggangu saya, CI ini bukanlah dikembangkan oleh komunitas, tetapi oleh sebuah perusahaan (vendor), yang bernama EllisLab. EllisLab mempunyai produk CMS yang bernama ExpressionEngine. Kabar – kabarnya sih CI ini berasal dari CMS ExpressionEngine ini. Jadi bukan ExpressionEngine dibangun dengan CI, tetapi justru CI adalah hasil ekstraksi (atau kompresi?) dari ExpressionEngine.

Nah, saya sendiri merasa kurang nyaman menggunakan produk bebas dari sebuah perusahaan. Saya lebih suka yang bersifat komunitas seperti Linux. Dan yang seperti itu adalah CakePHP, sedangkan saya sendiri tidak suka (tidak mampu?) bekerja dengan aturan di CakePHP yang cukup strict (Convention over Configuration).

Lalu apakah tidak ada solusinya? Tentu saja ada..

Setelah browsing sana – sini, ternyata ada fork (cabang) pengembangan dari CI. Dan ini dikembangkan oleh komunitas. Kalau di Linux mungkin seperti antara RedHat Enterprise dan CentOS.

Framework ini bernama Kohana (KohanaPHP.com). Salah satu perbedaan signifikan dari Kohana adalah, Kohana hanya bisa berjalan dengan PHP5 (tidak support PHP4). Selain itu ada beberapa fasilitas yang ditambahkan dan diperbaiki oleh komunitas, sesuai banyaknya permintaan dari komunitas.

Di CI sendiri saya baca di forum, seringkali ada permintaan terhadap suatu fitur tetapi tidak digubris oleh developer CI. Di Kohana kekurangan ini diperbaiki. Tetapi bukan berarti Kohana juga tanpa kekurangan. Untuk urusan dokumentasi, Kohana masih sangat jauh dibanding CI. Tetapi bagi saya pribadi, dokumentasinya masih lebih baik dari CakePHP (no offense.., saya tidak membenci CakePHP kok.., cuma masih belum paham aja).

Satu hal lagi yang saya senang dari Kohana adalah suasana komunitasnya. Jika anda bergabung di channel IRC nya CodeIgniter dan Kohana, mungkin jumlah orang yang online hampir sama, sekitar 30-an orang. Tetapi di channel CI sangat sepi.., seperti tidak ada pembicaraan. Sementara di Kohana anda bisa merasakan suasan seperti jika anda bergabung di channel IRC Ubuntu. (NB : Di channel IRC CakePHP tak pernah kurang dari 130 orang yang online (!), dan semangat komunitasnya lebih mantep lagi, salut untuk CakePHP).

Perbandingan yang bagus antara CodeIgniter dan Kohana bisa dilihat disini.