MyDetik.com – Siapa yang mau beli?

DetikComSaya baru denger sedikit cerita dari bung Pogung177 tentang temannya (di Jogja) yang dikirimi surat dari Pengadilan Amerika, karena penggunaan merek dagang salah satu perusahaan di Amerika tersebut. Merek dagang tersebut digunakan oleh teman dari bung Pogung177 ini sebagai ID di salah satu affiliate di internet.

Heran? Begitu terlindunginya merek dagang disana. Mungkin itu sebabnya Google, ataupun Yahoo tidak segera memborong domain yang berkaitan dengannya. Misal : yahoo-corporation.com, mygoogle.com, my-yahoo.com, dll tidak ada yang memilikinya (dan masih tersedia). Soalnya walaupun anda bisa memiliki domain ini, anda tidak bisa menggunakannya untuk kepentingan bisnis. Karena ini mengandung merek dagang mereka. Bisa – bisa anda dituntut karena masalah ini (seperti kasus di atas tadi).

Di Indonesia

Kita lihat di skala lokal. Saya baru saja melihat di Planet Ubuntu-ID, ada BlogDetik.com. Semacam layanan blogging seperti WordPress.com (bisa dibilang persis, karena keduanya pake engine yang sama WordPress-MU). Bisa dibacanya hebohnya disini, disini, dan disini, serta disini.

Sepintas saya tertarik dengan domainnya : BlogDetik.com. Sebelum ini juga ada DetikLelang.com, DetikForum.com. Hmm.., berarti jangan – jangan seluruh domain yang berbau detik sudah diborong? Saya pun iseng – iseng melakukan cek. Dan hasilnya :

MyDetik.com, DetikBuku.com, DetikPhone.com, TokoDetik.com, dan mungkin masih banyak lagi : TERSEDIA. Artinya belum ada yang memiliki. Dan berarti siapa saja bisa memiliki..

Saya tidak tahu apakah di Indonesia sama seperti diluar mengenai masalah merek dagang. Apakah penggunan merek dagang di dunia online bebas dipakai? Kalau saya sih ambil pikiran sederhananya saja. Beli saja lah domainnya, siapa tau nanti Detikcom pengen pake.., jual dengan harga tinggi.. Ha..ha..ha 😀 (piss to Detik..)

NB : Semua available domain tersebut masih tersedia sewaktu tulisan ini saya buat. Jika setelah ini ada yang menjadi tidak available, berarti salah siapa? He…he (tapi bukan saya lho yang beli domainnya, sumpah..!)

3 Comments

  • At 2008.02.05 11:20, Adhi P said:

    Kalo mau dituker tambah sama HaPe, kira2 nambahnya berapa yak..??
    (nggak niat ngisi komen)

    • At 2008.02.06 10:54, Okto Silaban said:

      @adhi : gratis.. *ngasah clurit..

      • At 2009.03.20 07:35, anton said:

        yah benar sekali. yang tujuannya dibeli…

        sama kayak http://www.titi-kamal.com, dian-sastro.net, marshanda.org, agnesmonica.info siti-nurhaliza.info dll hehehe mana tau ada penawaran yg awalnya cuman iseng

        (Required)
        (Required, will not be published)

        pisang