SharingFoto.com – Dijual Seharga $5000

SharingFoto.com adalah situs tentang review handphone. Ya..ya.. tentu saja tidak.., dari namanya jelas situs ini adalah situs untuk sharing foto (walaupun selama ini saya tidak berhasil mengupload dan mensharing-kan foto saya 🙁 ). Selain itu situs ini menyediakan layanan untuk mencetak foto, dan cetak mug sesuai dengan foto yang kita upload, dengan harga Rp 25.000,-.

Di salah suatu blog saya pernah baca bahwa ini adalah aplikasi web pertama di Indonesia yang menggunakan framework Ruby On Rails. Dan saya pun menemukan situs ini ketika mencari dokumentasi tentang Ruby On Rails.

Hal yang mengejutkan adalah, website yang baru berjalan kurang lebih satu tahun ini akan dijual seharga $5000. Salah seorang programmer dari Rajasa (perusahaan yang menaunginya) menuliskan hal ini dalam blognya.

Tidak dijelaskan secara rinci mengapa akhirnya mereka membuka penawaran untuk membeli situs ini. Tetapi dari salah satu tulisan di blog resmi dari SharingFoto.com ini, sepertinya mereka hendak bertransformasi menjadi situs yang lebih variatif.

Ahaa…, akhirnya..! Dari awal saya mengetahui website ini saya sudah teringat tentang CafePress.com. Pernah dengar CafePress.com? Di CafePress ini model bisnisnya adalah seperti ini :

Pengunjung website bisa mengupload gambar / foto. Gambar ini nantinya bisa dicetak di kaos, mug, topi, mousepad, dll. Kaos, mug, topi, dkk itu akan dikirimkan ke anda dengan biaya tertentu.

Lalu bagaimana jika anda cuma ingin memasang gambar tersebut padamug, topi, atau kaos tadi, tetapi tidak ingin mencetaknya? (anggaplah sebagai bentuk kreatifitas anda dalam mendesain kaos)

Tidak masalah. Bahkan CafePress menghargai hasil karya anda tersebut. Jika anda telah menjadi member, maka desain kaos, topi, mug dll itu bisa anda simpan. Selanjutnya desain anda tersebut akan dipajang di situs CafePress untuk dijual. Dan anda akan mendapatkan persenan dari tiap barang yang terjual.

Dan bagaimana dengan mereka yang tidak ingin mendesain? tetapi hanya ingin membeli mug, kaos, topi, dll itu?

Anda tetap bebas memilih. Silahkan browse desain – desain produk yang tersedia. Anda tinggal pilih barang yang anda inginkan, pesan, bayar, dan barang akan dikirimkan ke rumah.

Menarik? Tentu saja.. Ini bisnis yang menurut saya sangat berpotensi untuk berkembang di Indonesia. Dan jujur saja, saya hampir membuat bisnis serupa. Tetapi karena satu dan lain hal kami malah membuat ini. Yang sederhana dulu mungkin ya.. 😀

Kembali ke SharingFoto. Lalu apakah ini kloning situs? Salahkah? Tidak menurut saya. Karena CafePress saya anggap lebih sebagai sumber inspirasi mereka (jika mereka memang ingin berkembang menjadi seperti CafePress). Bukankah model bisnis sah – sah saja kalau sama? Bukankah bisnis model seluruh rumah makan Padang di Indonesia sama? Walaupun nama dan manajemennya beda?

Kita nantikan seperti apa SharingFoto yang baru. Kalau mereka bisa menerapkan strategi yang jitu, bukan tidak mungkin mereka bakal jadi situs yang cukup diperhitungkan di ranah dotcom Indonesia.

3 Comments

  • At 2008.02.19 12:24, sarjono said:

    wah… asyik juga tuh mas, ceritanya mau IPO niy… kaya startup-startup diluar sana. :d

    • At 2008.02.20 04:27, ilhamsaibi said:

      weks, akhirnya di publish juga si otakkotornya, kekekeke. keep moving bro… moga moga aja sopingmu (eh jual buku bajakan gak?? ) bisa jalan dengan baik dan benar. amin

      • At 2008.02.22 17:35, Okto Silaban said:

        @sarjono : IPO apa yah?

        @ihamsaibi : he..he, belum dipublikasi kok.., baru “disenggol” aja kok..

        (Required)
        (Required, will not be published)

        rambutan