Barusan teman satu kost saya datang ke kamar, minta pendapat tentang tawaran lowongan pekerjaan. Dia lulusan Diploma UGM, kemudian beberapa waktu lalu melakukan apply lowongan pekerjaan di beberapa perusahaan melalui suatu situs lowongan kerja. Dan sekitar 10 menit lalu dia ditelpon oleh seseorang yang mengatasnamakan HRD dari PT. Graha Vanesa (atau tulisannya PT. Graha Finesa yah? Gak tau deh.. Dak tek urusan…! (kato wong Jambi)).

Orang yang mengaku HRD dari PT. Graha Vanesa itu menginformasikan bahwa teman saya tadi dijadwalkan untuk wawancara kerja di Jakarta, sekitar seminggu lagi. Teman saya ini sebenarnya berniat untuk melanjutkan ke jenjang S1 lewat program ekstensi, karena itu dia minta pendapat saya kira – kira lowongan ini diambil atau lebih baik melanjutkan studinya?

Percakapan berikut ini membuat saya curiga :

T (Teman Kost), L (LabanUx = Saya)

T: Gimana Ban, diambil gak ya?

L: Yah terserah kamu.. Kalau berprospek dan ada kemungkinan untuk melanjutkan studi sih, aku rasa ambil saja. Memang dia perusahaan apa toh?

T : Gak tau Ban.. Kemaren aku masukin lamaran lewat situs internet. Masukin ke 5 perusahaan gitu. Tapi gak ingat perusahaan apa aja. (helahh… ngelamar kok ya gak inget.. :D, ha..ha jaman sekarang sih kayaknya harus gitu.. melamar kerja udah kaya nye-pam..)

L : Situs apa? Coba liat webnya.

Akhirnya saya buka situsnya, kemudian login. Dan ternyata di list dia tidak ada satu perusahaan pun bernama PT. Graha Vanesa.

L: Lho.., di log mu kok gak ada?

T: Iya ya.., gak tau tuh. Dia bilang alamatnya di PT Graha Vinesa, Wisma BNI 46 lt 28. Ntar bilang aja udah janji sama Ibu Haning.

L: (curiga.., kayaknya pernah baca thread macam ini di salah satu milis). Sek bos.., tak googling sek nang internet.. Ketoke ki rodo aneh..

Dan hoopla… Saya menemukan blognya bung Fahmi, mbak Ully dan bung Priyadi. Atau kalau kurang lengkap, anda bisa lihat hasil pencariannya di Google. Wah.. jelas sudah. Ini mah MLM…!!

T: Yah… siall..! (sontak teman saya lemas juga.., karena tadinya sudah sangat bersemangat..) Waii.. aku kiro tadi iyo nian lowongan ni. Dak tau nyo macam ini pulak.. (keluar bahasa Palembang nya).

L: Yo kau ni pulak.. Ado – ado bae. Masak perusahaannyo dak kau tanyo. Lagian kau jugo dak ngelamar kesitu. Kecuali yang nelpon kau dari perusahaan macam Astra, Bank Mandiri, Pertamina.., pacaklah.. (gak mau kalah pake bahasa Jambi (yang notabene 95% sama dengan bahasa Palembang).

Tetapi, saya masih penasaran apakah ini Graha Vinesa, atau Graha Finesa? Karena Graha Finesa mempunyai situs resmi. Dan bisnis mereka adalah : “Jasa Pelayanan Investasi Perdagangan Berjangka Stock Index Future dan Commodity Future“. Ada yang tau apakah ini perusahaan yang sama?

UPDATE : Nah, akhirnya bung Tedi Rachmadi memberikan petunjuk (baca lengkapnya di blognya ryosaeba dan di tulisannya yang satu lagi). Perusahaan ini teryata bener bermasalah, dan sudah dibekukan. Nama perusahaannya PT. Graha Fanesa, bukan pake V seperti saya tulis sebelumnya. Thanx buat bung Tedi atas informasinya.

Btw, dibekukan kok masih beroperasi ya? Apakah sudah mencair lagi .. ? 😀