in General

PT. Graha Vanesa – Lowongan Penipuan?

Barusan teman satu kost saya datang ke kamar, minta pendapat tentang tawaran lowongan pekerjaan. Dia lulusan Diploma UGM, kemudian beberapa waktu lalu melakukan apply lowongan pekerjaan di beberapa perusahaan melalui suatu situs lowongan kerja. Dan sekitar 10 menit lalu dia ditelpon oleh seseorang yang mengatasnamakan HRD dari PT. Graha Vanesa (atau tulisannya PT. Graha Finesa yah? Gak tau deh.. Dak tek urusan…! (kato wong Jambi)).

Orang yang mengaku HRD dari PT. Graha Vanesa itu menginformasikan bahwa teman saya tadi dijadwalkan untuk wawancara kerja di Jakarta, sekitar seminggu lagi. Teman saya ini sebenarnya berniat untuk melanjutkan ke jenjang S1 lewat program ekstensi, karena itu dia minta pendapat saya kira – kira lowongan ini diambil atau lebih baik melanjutkan studinya?

Percakapan berikut ini membuat saya curiga :

T (Teman Kost), L (LabanUx = Saya)

T: Gimana Ban, diambil gak ya?

L: Yah terserah kamu.. Kalau berprospek dan ada kemungkinan untuk melanjutkan studi sih, aku rasa ambil saja. Memang dia perusahaan apa toh?

T : Gak tau Ban.. Kemaren aku masukin lamaran lewat situs internet. Masukin ke 5 perusahaan gitu. Tapi gak ingat perusahaan apa aja. (helahh… ngelamar kok ya gak inget.. :D, ha..ha jaman sekarang sih kayaknya harus gitu.. melamar kerja udah kaya nye-pam..)

L : Situs apa? Coba liat webnya.

Akhirnya saya buka situsnya, kemudian login. Dan ternyata di list dia tidak ada satu perusahaan pun bernama PT. Graha Vanesa.

L: Lho.., di log mu kok gak ada?

T: Iya ya.., gak tau tuh. Dia bilang alamatnya di PT Graha Vinesa, Wisma BNI 46 lt 28. Ntar bilang aja udah janji sama Ibu Haning.

L: (curiga.., kayaknya pernah baca thread macam ini di salah satu milis). Sek bos.., tak googling sek nang internet.. Ketoke ki rodo aneh..

Dan hoopla… Saya menemukan blognya bung Fahmi, mbak Ully dan bung Priyadi. Atau kalau kurang lengkap, anda bisa lihat hasil pencariannya di Google. Wah.. jelas sudah. Ini mah MLM…!!

T: Yah… siall..! (sontak teman saya lemas juga.., karena tadinya sudah sangat bersemangat..) Waii.. aku kiro tadi iyo nian lowongan ni. Dak tau nyo macam ini pulak.. (keluar bahasa Palembang nya).

L: Yo kau ni pulak.. Ado – ado bae. Masak perusahaannyo dak kau tanyo. Lagian kau jugo dak ngelamar kesitu. Kecuali yang nelpon kau dari perusahaan macam Astra, Bank Mandiri, Pertamina.., pacaklah.. (gak mau kalah pake bahasa Jambi (yang notabene 95% sama dengan bahasa Palembang).

Tetapi, saya masih penasaran apakah ini Graha Vinesa, atau Graha Finesa? Karena Graha Finesa mempunyai situs resmi. Dan bisnis mereka adalah : “Jasa Pelayanan Investasi Perdagangan Berjangka Stock Index Future dan Commodity Future“. Ada yang tau apakah ini perusahaan yang sama?

UPDATE : Nah, akhirnya bung Tedi Rachmadi memberikan petunjuk (baca lengkapnya di blognya ryosaeba dan di tulisannya yang satu lagi). Perusahaan ini teryata bener bermasalah, dan sudah dibekukan. Nama perusahaannya PT. Graha Fanesa, bukan pake V seperti saya tulis sebelumnya. Thanx buat bung Tedi atas informasinya.

Btw, dibekukan kok masih beroperasi ya? Apakah sudah mencair lagi .. ? 😀

Write a Comment

Comment

29 Comments

  1. Wah, gara-gara kayak gini.. saya selalu pesan ke adik saya (yang masih fresh graduate) untuk ngasih tau saya kalau dia dapat tawaran kerjaan…

    Bener-bener ngawur tenan itu lowongan…

  2. @reshine : thanx buat informasinya bung Tedi. Sangat berharga..

    @Ivan : bisnis kotor emang gak ada matinya..

    @Thomas : Iyo e mas.. Kok yo ra mesakke karo korbane.. Ono sing nganti ngedhol ginjal barang mergo diapusi.. Ckk… ckk..

  3. fyi graha finesa sudah beroperasi lagi. tampaknya memang UUD, ujung-ujungnya duit yang punya kuasa, gak peduli yang punya duit ternyata penipu.
    untuk list lowongan palsu yang dikirim oleh maxgain/graha finesa berjangka (GFB) silakan lihat-lihat maxgain.wordpress.com.

  4. Waduh… Udah ketauan yak..??

    Ganti nama perusahaan laen aja ah…

    Ntar tolong bikinin website-nya ya, Okto?? Yang lebih bagus lho ya…

  5. @Adhi : Siap..! 😀

    @Irwin : hah? Tahun 90-an? beeh.. dah lama banget toh..

    @iorme : sip..

    @Cah Jogja : Belum sempet ngalamin ya mas? Dah keburu jadi bos.. he..he

  6. Ya.. ya.. ya…

    Tapi emang jaman sekarang bikin orang rentan ama penipuan,
    Kan cari kerjaan susah, makan minum musti tiap hari, trus di giur duit dikit aja.. ngejar..

    Emang susah dah.. musti hati-hati.

    Piss bro…
    Numpang komen and lam knal, cuma anti spam nya lucu, musti ngisi rambutan “rambutan” baru bisa komen :D.

  7. Salam kenal Mas …

    🙄 kok baru masuk blog anda kepala saya langsung pening yaa…?!?

    *minum panadol*

    Ebad … ebad … Sukses Selalu …

  8. wadoh…barusan gw jg di telp dari PT graha vinesa buat interview bsk. tapi untungnya gw msh di kalimantan, jd nya hari senin minggu depan. dan untungnya lagi gw nyari2 info ttg perusahaan ntu…eh gak taunya sama ama max gain.
    gw pernah tuh cobain di max gain, gak jelas tuh perusahaan. 5 hari doang gw dsana, males bgt kerja maenin duit orang.
    agghhh bete gw, tdnya gw dah seneng aja dapet panggilan interview secara gw msh nganggur…

  9. @anoeng : korban nih? untuk gak terulang kedua kalinya..

    @RH : Kalau alumni yang di Jogja mungkin bisa pak, saya kenal beberapa orang. Hubungan sama Pantur? Ya.., sebatas saudara semarga saja kok.

  10. Pt. Graha finesa ternyata perusahaan penipuan yah.
    Saya berkali-kali ditlp utk interview.perta Pt max didaerah bursa efek jkt lt.29, namun saya tolak krn merasa tidak pernah melamar ke pt tersebut. utk pt.graha finesa jg berkali2 di tlp tp tdk saya jawab,krn saya jg merasa tidak mlamar ke persh tersebut. say hanya mlamar utk bidang pendidikan (guru). akhirnya iseng2 cari info ttg persh ini, wah…. banyak bgt yg udah kena tipu. hati2 bagi para pencari kerja,jgn tertipu sm t4 yg daerahnya elit.

  11. Terima kasih atas informasinya. semoga sukses dah. Kalau belum ada yg ketemu lowongan yg sesuai dgn background kita silahkan juga lihat di http://raihdollars.blogspot.com Semoga ada yg cocok dgn curriculum vitae kita. Mari kita kurangi angka pengganguran bangsa ini yg kian lama kian naik.

  12. aslm…
    tadi pukul 5 sore tanggal 12 mei 2008…
    saya juga dapat panggilan interview di PT GRAHA FINESA wisma BNI lantai28 jalan jend sudirman…
    saya diminta interview besok slasa paginya jam 10…
    hampiiiiiiiiiir saja saya ketipu…masalahnya saya udah merasa curiga,karena saya tidak meraasa melamar perusahaan bisnis itu…
    mohon usut perusahaan MLM terkutuk ini….
    perhatian bagi semua para pencari kerjaaaaaaaaaaaaaa…..jangan tertipu ma perusahaan ini….

  13. mhhh saya juga barusan di telp, kalo saya ditawarin buat translator…. awalnya saya liat iklannya dikoran kompas dibutuhkan translator trus saya coba sms nomernya…. eh ternyata nama perusahaannya graha v/finesa….. alhamdulillah feeling saya mengantarkan saya buat cari tahu dulu ttg perusahaan inim abis aneh masa jasa translate kantornya di wisma BNI’46…
    memang sekarang kudu ati2…. jgn gara2 fresh graduated asal ngelamar2 aja n nerima2 aja…. makasih ya infonya….. good bye graha v/finesa…

  14. duhh..besok gw disuruh datang nih ke Graha Finessa, katanya buat Training, gimana dungg..tolongin yah..

  15. gua hari ini ada ke sana interview, trus yang aneh gua gak ada bawa cv en ijasah eh dia percaya aja en di bilang gak apa2, gua udah merasa aneh kok nih perusahaan kaya begini kan daerah elit, udah gitu dibilang sore di konfirmasikan kembali. udah gitu sorenya di teleponin suruh hari senen masuk jam 8-4sore buat tranee,suruh gua bawa kalkulator ama alat tulis lengkap (apa hubungannya translator ama kalkulator????). ini yang gua rasa lebih aneh lagi. kaya gitu aja gua bisa masuk. untungnya gua ada cari2 tentang pt ini. en gaji gua perbulan aja gua gak tauk. ih untung deh thanx atas info2nya

  16. gw juga sering dapat panggilan….
    terutama dari MAXGAIN, mereka ngak pantang menyerah mencoba merekrut kita.
    Terutama bagi yang masih fresh graduated hati hati nya, kalian adalah lahan gembur bagi mereka

    sekedar berbagi pengalaman, gw mennyarankan mendingan untuk mengisi waktu luang, iseng2 cari duit di Internet, lumayan sih dapetnya….

    Mau tau caranya….

    Nih…

    http://aboutmusicandmoneymaker.blogspot.com

    Gw dapat dari situ

  17. emang penipu tuh……….. si penipu dah puas ngeliat duit nasabahnya di “mainin” ama trader nye………… btw si trader gak mw minta maaf lagi truz gk ada kabar malah kabur!!!!!!!!!!!!!!!!! namanye valbury asia futures di surabaya.