AdobeAIR (Adobe Integrated Runtime) adalah salah satu produk opensource dari Adobe. AIR merupakan runtime yang bisa digunakan untuk membangun RIA (Rich Internet Applications), menggunakan Adobe Flash, Adobe Flex, HTML dan Ajax.

Dengan AIR, maka web application akan menjadi tidak jauh berbeda dengan aplikasi desktop. Hal ini dikarenakan untuk menjalankan aplikasinya tidak dibutuhkan browser, tetapi hanya membutuhkan runtime dari AIR.

AIR sendiri saat ini baru tersedia di sitem operasi Windows dan Mac. Adobe di situsnya menyatakan bahwa AIR untuk Linux akan tersedia di tengah tahun kedua tahun 2008 ini.

Contoh aplikasi dari AIR adalah eBay Desktop. Aplikasi ini berjalan seperti web application, (berinteraksi lewat internet layaknya sebuah website yang diakses melalui browser), tetapi dalam bentuk yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi desktop. eBay Desktop ini dapat digunakan pada kondisi offline. Proses – proses yang membutuhkan interaksi lewat internet akan dilakukan ketika eBay Desktop terkoneksi internet.

AIR vs Flash Player?

Flash Player merupakan plugin yang tersedia bagi browser untuk menjalankan RIA (flash). Sedangkan AIR merupakan runtime environment yang memungkinkan RIA dijalankan sebagai aplikasi desktop.

Berita terkait : disini

Untuk yang masih penasaran apa itu RIA, bisa melihat FAQ dari Adobe disini.