Saya seringkali mengalami “ejakulasi dini”, maksudnya download file di Firefox selesai sebelum seharusnya. Ketika mendownload suatu file yang besarnya 14MB, kadangkala Firefox menganggapnya selesai. Padahal proses downloadnya baru berjalan 14%. Ini biasanya akibat koneksi yang down, atau malah terputus sama sekali.

Tadi saya sedang mendownload sebuah contoh script PHP yang besarnya 3MB. Tiba – tiba saja Firefox menyatakan permainan download selesai. Padahal baru 132kB yang didownload. Saya tidak terima… Karena belum puas, saya cari cara lain untuk meneruskan hasrat yang tertunda ini.

Saya masuk ke terminal Gnome. Lalu masuk ke direktori tempat saya mendownload file tadi. Saya menemukan file berekstensi .tar.bz2 tersebut disitu dalam ukuran 132kB. Lalu saya lanjutkan download yang tertunda tadi dengan “wget -c”. Nahh.., akhirnya walaupun bolak – balik kecapekan koneksinya putus, wget tetap bisa meneruskannya hingga permainan download selesai. Untung pake Linux.. ๐Ÿ˜€

Jadi kalau suatu saat anda mendownload di Firefox dengan url :

http://labanapost.com/bukangambarsaru.tar.bz2,

dan terputus, lanjutkanlah dengan wget (di direktori yang sama denganย  tempat anda meyimpan file ini ketika mendownload dari Firefox) :

wget -c http://labanapost.com/bukangambarsaru.tar.bz2

Mudah – mudahan berhasil..

NB: berlaku di keluarga *nix. Untuk keluarga lain – lain, saya gak ngerti.. ๐Ÿ˜›