Toko Buku Online OtakKiri.comPernahkah anda berencana untuk membeli sebuah buku di toko buku dan pulang tanpa membawa buku yang anda cari? Saya pernah. Dari rumah saya bersiap – siap membawa uang untuk membeli buku tersebut. Saya pun membawa uang sekadarnya, karena tidak tahu kisaran harga bukunya.

Setelah itu saya pergi ke toko buku terdekat, mencari – cari di salah satu rak, dilanjutkan rak lain, rak berikutnya, dan saya berhenti di rak keempat. Tak mungkin rasanya meneruskan mencari ke seluruh rak di toko buku tersebut. Saya berpikir, “Hmm.. coba toko buku ini ada search enginenya, kaya Google. Gak nambah varises di kaki gara – gara nyari buku disini.”

Di salah satu sudut toko buku akhirnya saya menemukan sebuah komputer untuk mencari buku di toko tersebut. Yah.., sama seperti software – software standar di toko buku di Indonesia, hasil search nya tidak memuaskan(!). Jika saya mencari dengan kata kunci “Bisnis Rumah Tangga”, hasil searchnya NULL (tidak ada). Tetapi jika dicari dengan kata kunci “Rumah Tangga”, salah satu hasil pencarian (dari puluhan hasil pencarian) -nya adalah “Bisnis Mudah untuk Skala Rumah Tangga”. Heii…!! Ini software pencari buku atau “Software quiz tebak judul buku?”

Saya meneruskan dengan mencari buku “Pemrogaman Linux”, hasilnya NULL. Cari lagi dengan kata kunci “Pemrograman C++ Linux”, hasilnya NULL. Akhirnya saya cari dengan kata kunci “Pemrograman”. Keluarlah salah satu judul buku, diantara ratusan buku. Judul buku itu adalah : “Pemrograman dengan C++ di Linux”. Arrgghh…, tidakkah software ini bisa mencari dengan hasil lebih baik? Saya puluhan kali mengalami hal ini.

Bertanya pada penjaga toko? Saya pernah melakukannya. Dan saya harus menunggu 20 menit untuk mendapatkan jawaban : “Maaf, Pak. Buku itu dulu ada. Tetapi sekarang lagi kosong”.

Lain kesempatan, saya berhasil menemukan buku yang saya cari. Dan ternyata, uang yang saya bawa kurang, karena tidak tahu kisaran harga bukunya. Terpaksa keluar lagi, mencari ATM terdekat, dan kembali lagi ke toko buku tersebut.

Berangkat dari hal ini, saya dan sahabat saya, (Nandi) yang pernah menangani sebuah pameran buku di Jogja, memutuskan untuk membangun toko buku online, beralamat di OtakKiri.com.

Komentar orang lain?

Sebagian orang – orang, bahkan teman – teman terdekat berkata : “Ahh.. Toko Buku Online Lagi?”

Lagu Saykoji di speaker laptop saya menjawab : “So what gitu loh..” 😉

Kami berbeda. Ya kami berbeda dengan toko buku online lainnya. Dimana perbedaannya? Anda mau tahu?

Cobalah beli buku toko buku online kami, OtakKiri.com, dan anda akan tahu bedanya.. (*sales mode : on) 😀

Perbedaan kami, salah satu-nya : khusus untuk wilayah Jogja (yang masuk dalam cakupan pengiriman), buku dipesan secara gratis (via OtakKiri.com, email, atau SMS). Tetapi sebelumnya anda harus membuat account dulu (yang juga gratis). Dan setelah dipesan, buku akan kami antarkan ke alamat anda dengan gratis. Lalu buku kami serahkan ke anda. Gratis juga? Tentunya.. tentunya tidak :D. Disinilah anda baru membayar.

Untuk yang di luar Jogja? Perbedaannya hanyalah, anda harus membayar terlebih dahulu (via transfer bank) sebelum buku kami kirimkan. Jangan khawatir, kami cuma mengenakan ongkos kirim sesuai jasa pengiriman yang kami gunakan. Dan harga buku tetap dengan diskon yang sama 15 – 20%.

Bukankah di Jogja sudah banyak toko buku? Dan lagi tidak ada jebakan macet seperti di Jakarta?

Ya tentu saja. Tetapi bukankah untuk menempuh jarak Godean – Jogja (dimana banyak terdapat toko buku disini) juga butuh waktu yang tidak sedikit? Begitu juga menempuh jarak Kota Gede – Jogja? Dan itu belum termasuk jika mereka mengalami nasib sial seperti saya ceritakan di atas.

Bukannya buku – buku itu berasal dari penerbit yang adanya di Jakarta ?

Sebagian penerbit – penerbit besar memang berada di Jakarta. Tetapi sebagian lagi berada di Jogja. Pernah dengar buku Tetralogi Laskar Pelangi ? Penerbit buku ini berada di Jogja, bahkan lokasinya berjarak tak lebih 300m dari tempat tinggal saya.

Begitulah kurang lebih yang bisa saya promosikan jelaskan tentang toko buku online ini. Mudah – mudahan berkenan, dan bersedia membeli di toko buku online kami ini :D. Kunjungilah OtakKiri.com.

NB: Tulisan ini dibuat dengan penuh kesadaran, dan setengah penuh promosi 😀 .

UPDATE : Toko Buku Online OtakKiri.com saat ini sudah ditutup.