MovableTypeYa, judul itu tidak salah. Setahu saya memang, WordPress 2.5 belumlah keluar. Dan anehnya panduan ini diberikan oleh Movable Type (saingan terbesar WordPress).

*Jika anda kurang familiar dengan Movable Type (MT) : MT ini adalah salah satu alat bantu blogging (blogging tools / blog platform / CMS nya blog). Selain MT masih ada pmachine, Drupal, WordPress, dll. Dan sebagai catatan MT sudah lebih dulu ada sebelum WordPress.

Perbedaan paling mendasar dari MT dan WordPress adalah, MT dikembangkan oleh perusahaan (Six Apart), dan WordPress dikembangkan oleh komunitas (opensource), sementara tujuan utama dan modelnya hampir sama. Selain itu tentunya adalah perbedaan fasilitas. MT memiliki lebih banyak fasilitas built in. (Sekarang sebenarnya MT pun sudah opensource).

Six Apart ini adalah salah satu perusahaan yang “paling romantis” dari sedikit perusahaan sejenis yang saya ketahui. Mengapa romantis? Karena kedua pendiri Six Apart ini adalah suami istri. Dan mereka sudah pacaran semenjak jaman SMA tanpa pernah berganti pasangan hingga saat ini ! (sumber : Business 2.0 Magazine). Apa di Indonesia juga ada ya yang mirip seperti ini? walaupun mungkin tidak dari jaman SMA. Saya rasa YogYES.com masuk kategori ini 😉 hi..hi..

Kembali ke topik : Sebelum ini saya tidak begitu intens memperhatikan perkembangan MT. Tetapi setelah kemarin saya ngobrol lama dengan Bung Thomas Arie (OrangeScale.com) di tempat tinggalnya, saya jadi kembali tertarik memperhatikan MT. Dan judul di atas itulah yang saya temukan ketika membuka web MT.

Jadi bagaimana “panduan” upgrade WordPress 2.5 oleh Movable Type ini? Ini dia, sebuah kalimat pembuka tulisan yang sangat menggugah :

As you might know, WordPress 2.5 is about to be released, and we wanted to encourage WordPress users to upgrade. To Movable Type.”

Terjemahannya kurang lebih : “Seperti anda ketahui, sebentar lagi WordPress 2.5 akan dirilis, dan kami menyarankan kepada para pengguna WordPress untuk melakukan upgrade. Ke MovableType.

Ha..ha..ha, sedikit tapi menusuk !

Harus saya akui, memang MovableType memiliki lebih banyak fitur (lebih dulu) dibanding WordPress. Bahkan beberapa hal standar, diciptakan oleh SixApart untuk MT. Usia dan orang – orang profesional di belakangnya memang menunjukkan levelnya. Tetapi begitulah, sekarang memang kekuatan komunitas begitu besarnya, hingga bisa menggeser pamor dari produk sebuah perusahaan berkelas yang notabene sudah sangat berpengalaman di dunia blogging. Keterlibatan dan ikatan emosi memang benar – benar menjadi senjata utama di era sekarang ini (baik dunia online maupun offline).
Mari kita lihat, siapa yang akan memenangkan pamor sebagai blog platform terbaik.

Silahkan baca “panduan” lengkap MovableType itu disini. 😀