ItsMyLifeClub.comAnda seorang pria? Dan sedang mencari “teman” pria juga? Mungkin di luar negri anda bisa dengan mudah mencarinya. Apa lagi di negri semacam Belanda. Di Indonesia sepertinya tidak begitu mudah. (Sepertinya lho.., karena saya sendiri juga gak tahu.. 😛 ). Untuk sedikit mempermudah hal ini, kini di Indonesia sudah hadir sebuah situs jejaring sosial (social network – semacam Friendster, Facebook, dll) khusus untuk pria yang mencari pria.

Kebetulan sewaktu web ini sudah bisa mulai diakses, saya diberi kesempatan oleh bung Pitra untuk melongok isi dalam situs ini. Sebetulnya awalnya saya ingin mendaftar langsung, biar bisa merasakan user experience nya. Tetapi setelah melihat peraturan yang harus dipatuhi user sebelum register, saya jadi pikir – pikir lagi. Hi..hii..hii.. 😀

Saat ini situs jejaring sosial bukanlah hal baru. Di luar negri sendiri sudah terlalu banyak situs social network. Di Indonesia sendiri yang asli buatan lokal setahu saya ada 3 : KLFace (Face.KapanLagi.com), Fupei.com (digawangi bung Sagad – yang gosipnya mulai collaps), dan yang cukup baru TakeFRiENDs.com (digawangi bung Oggi – IdWebhost).

Memang di Indonesia sepertinya cukup sulit untuk memindahkan account dari Friendster ke social network lain. Untuk anda yang melek internet mungkin bakal cepat berpaling ke Multiply.com, MySpace.com, dan yang cukup fenomenal Facebook.com. Tetapi cobalah sesekali mengintip situs apa yang dibuka oleh anak – anak muda di lokasi – lokasi hotspot gratisan. Saya lihat sendiri, minimal setengah dari mereka, membuka Friendster. Ahh, sudah begitu melekatnya Friendster pada diri mereka (dan teman – temannya).

Karena itu sekarang memang sekarang harus pintar – pintar memilih niche market jika masih ingin mengembangkan situs jejaring sosial. Di luar negri ada LinkedIn (lebih berorientasi bisnis), Wakoopa.com (khusus pengguna software aktif), Runner.com (bagi para pelari), Huitalk.com (saling belajar bahasa negara lain), dll.

Dan sepertinya pasar “pria pencari pria” inilah yang disasar oleh ItsMyLifeClub.com. Niche market juga kan?

Saya membayangkan, jika terbukti dari web seperti ini cashflow nya bagus, bakal banyak muncul situs sejenis lainnya di Indonesia. Bisa jadi setelah ini ada situs social network “wanita pencari wanita”. Atau mungkin yang lebih umum dan “janda pencari duda / duda pencari janda”. Susah bikinnya? Ahh.. tidak juga. Kan ada Dolphin (CMS gratis untuk bikin situs social network). 😉