Beberapa waktu lalu saya menemukan situs untuk mencari mp3 di dunia maya yang gratis (tetapi mungkin mp3 nya sendiri ilegal). Situs ini beralamat di WhatMp3.net. Di situs ini kita bisa mencari lagu apa saja di internet. Entah itu lagu Britney Spears, lagunya PeterPan, atau lagu Dewi Persik sekalipun. WhatMp3.net tidak menyimpan lagu – lagu itu di server mereka, tetapi ia mencari filenya melalui jaringan p2p (peer to peer), dan ketika kita mendownload mp3 dari situs ini, sebenarnya situs ini hanya melewatkan file mp3 dari jaringan p2p tadi kepada kita.

Kemudian barusan ketika ikut acara Gelar Tikarnya anak – anak Jumatan.com (yg spesial hari ini juga dihadiri Babe Nukman dan Om Keke + 2 orang rakyat jelata dari CahAndong), Bung Pogung177 mengatakan ia menemukan situs sejenis yang bernama Woonz.com. Saya berpikir mungkin konsepnya sama, tetapi situsnya sangat berbeda.

WhatMp3.net

Vs

Woonz.com

Tetapi saya cukup kaget ketika pulang ke kost dan membuka Woonz.com. Ternyata interfacenya sama persis dengan WhatMp3.net (lihat skrinsut di atas). Wow.. ! Apakah memang scriptnya sama persis? Bisa jadi ada yang membuatkan scriptnya, kemudian menjualnya ke mereka. Atau mungkin scriptnya justru tersedia gratisan di internet? Entahlah, saya tidak tahu siapa yang meniru siapa..

Saya juga cukup tertarik dengan kebijakan kedua situs itu. Keduanya menerapkan policy bahwa file mp3 itu tidak diletakkan di server mereka, untuk menghindari tuntuan hukum. Sepertinya kalau di Indonesia hal seperti ini tidaklah begitu penting. Bukan rahasia umum lagi jika banyak dari antara kita yang meminta petunjuk “Sang Nabi” untuk mendapatkan mp3 Indonesia terbaru.

*Lalu mengapa lagu yang dicari dalam skrinsut diatas adalah lagunya James Ingram , yang berjudul I don’t have the heart to love? Karena saat lagu ini dinyanyikanlah BCL mencium Ashraf di bibirnya (*halaahhh…..)