Semalaman ini saya sedang sedikit oprek – opresk wordpres di salah satu hosting saya. Seperti biasa, saya jalankan secara remote, lewat SSH. Engine WordPress terbaru pun langsung didownload ke server pakai WGET. Setelah selesai, selang sekitar 1 menit saya mendapat “warning” (*duuh.. apa ya istilahnya yg tepat?) tentang adanya update untuk WordPress yang sedang saya gunakan. Hah?! Perasaan baru 1 menit lalu download yang terbaru, kok ada update? Ternyata WordPress 2.5 sudah keluar pagi ini, sekitar pukul 6.40 WIB.

Di situs WordPress sendiri ada perubahan yang cukup signifikan. Selain itu kini ada 3 sponsor utama yang bannernya langsung ditempatkan di halaman depan WordPress.org : b5media (blog network semacam Asia Blogging Network), Yahoo! (wow..!), dan People.

Ada satu hal yang cukup menarik perhatian saya. Salah satu alasan mengapa dulu saya begitu menyukai WordPress adalah besar filenya yang hanya sekitar 300KB *dulu*. Tetapi versi 2.5 ini ternyata sudah mencapai 1MB.

Pengen segera upgrade, tapi kok rasanya ragu – ragu yah.. Soalnya sebelumnya saya dengar ada perubahan yang cukup signifikan pada versi ini. Takutnya blog saya ini malah jadi error.. 🙁 . Saya tunggu testimoninya bagi yang sudah mencoba.

15 responses to “WordPress 2.5 Akhirnya Resmi Dirilis”

  1. Adhi P. Avatar

    Wah, udah rilis toh??? Bagus..bagus… Tapi kok filenya gede banget yak..?? Ntar nyobain ah…

    [lagi download WordPress 2.5]

  2. kuta beach bali Avatar

    sama prendd,,,
    saya br beberapa hari pasang wp eee da warning updating new version 2.5 aduhh,,,,
    takut eror juga nante kalo di updateee ….

    cpd ….

  3. Thomas Arie Avatar

    Saya malah nekat cobain langsung dari Subversion sejak WP 2.3.3 (trus ke WP 2.4. yang akhirnya di skip)… sampai skarang tidak ada masalah sama sekali.

    Untuk urusan plugin, saya ambil resiko, dan ternyata semua juga bisa jalan dengan baik. Saya sih recommended untuk upgrade ke 2.5, karena banyak fitur yang menarik disana.

  4. Okto Silaban Avatar
    Okto Silaban

    @adhi : jangan sampe ntar lebih sering update wp nya daripada update tulisannya lho.. 😀

    @kuta beach : *lihat komen bung Thomas

    @thomas : Wah… kalo jagonya yg melakukan sih, aku yakin :D. Kasih resensi ya nanti mas.

  5. Yuda Avatar

    we… udah ada yang baru ternyata. Mau upgrade tunggu seminggu dulu ah, takut kaya pas versi 2.x itu, baru rilis eh pas mau upgrade udah rilis lagi 😀

  6. zam Avatar

    mantab kok..

    silakan di-ijo-ijo..

    walau tetep rasanya agak berat..

    soal error, memang WP 2.5.x struktur database-nya agak berubah.. tapi kalo proses apgret lancar, tenang saja..

  7. bungcip Avatar

    Saya juga mau bersiap-siap upgrade ke 2.5 tapi saya mesti tes dulu apakah kompatibel dengan theme dan plugin yang saya pakai atau tidak.

  8. zymanq Avatar

    salam kenal, lagi coba wordpress 2.5 di localhost nih, tampilan adminnya lebih menarik ada tambahan untuk memasukkan file multimedia di posting. bagus2

  9. dinopermana Avatar

    ya, masih gura2 eh ragu2, btw lam kenal ya mas okto.
    saya masih pake wp yang lama aja dulu, tak coba utak atik dulu di local server

  10. Kowoy Avatar

    Saya sudah upgrade ke WP 2.5, lebih enak sih sebenernya. Hanya saja memang makin chubby, eh endut tuh ukuran source file. Kebetulan belum pasang widgets/plugins apa-apa jadi enak aja di upgrade. Cepet kok, perubahan mendasar pada admin section, dan struktur database. (kkas = koreksi kalo aku salah)

  11. infogue Avatar

    Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/wordpress_2_5_akhirnya_resmi_dirilis/

  12. rwind Avatar

    Sekarang udah bisa coba WordPress 2.6 loh, tertarik coba versi demonya?? lihat di link ini
    http://rwind.gigacities.net/blog/index.php/2008/04/12/try-wordpress-26-demo/

  13. rwind Avatar

    Mo install wordpress 2.5 di free hosting?? lihat caranya disini.. http://rwind.gigacities.net/blog/index.php/2008/04/12/install-wordpress-25/

  14. sely Avatar
    sely

    mohon bantuan dan pencerahannya. aku lagi belajar wp localhost, plugin apa aja yach bisa dipasangkan/diinstall. btw punya link urlnya biar gampang disedot or send email
    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *