Saya cukup jengah dengan keputusan Google yang memilah – milah hasil pencariannya berdasarkan lokasi IP anda. Jika saya mencari dengan fasilitas search Google di Firefox (pojok kanan atas), maka otomatis saya dibawa ke hasil pencarian dari Google.co.id. Disini Google.co.id sepertinya mengutamakan hasil pencarian dari website berbahasa Indonesia.

Memang beda hasil pencarian dari Google.com dan Google.co.id?
Beberapa waktu belakangan yang saya alami IYA. Coba saja cari dengan kata kunci : “SOAP”. Di Google.co.id hanya ada sekitar 68,300,000 hasil penelusuran. Tetapi di Google.com ada sekitar 68,500,000 hasil pencarian.

Bukankah beda 200.000 itu jumlah hasil pencarian yang signifikan?

Kadangkala saya juga menemukan mencari dengan search box di Firefox berbeda hasilnya dengan langsung membuka Google.co.id di browser. Aneh..

Ini yang sering membuat saya jengkel. Ketika akan mencari sebuah informasi lewat Google dengan kata kunci tertentu, Google.co.id malah memberikan hasil pencarian dari tulisan – tulisan berbahasa Indonesia yang tidak ada hubungannya dengan yang saya cari.

Jika saya mengakses langsung Google.com, tetap saja di redirect ke Google.co.id. Dan search box di Firefox pun defaultnya mengarah ke Google.co.id (saya masih belum tau bagaimana cara mengkustomisasinya).

Tidak ada jalan lain? Untungnya masih ada.. Yaitu dengan menuliskan langsung URL nya yang lengkap.
Misal : google.com/search?q=kucing+garong

Tapi repot ya? Ya iyalaah.. Saya pun kerepotan.., harus sering – sering nulis URL manual seperti itu. Tapi masih ada cara lain yang lebih simpel kok. Pakai saja Opera ! 😀

Search Box nya Opera diarahkan ke Google.com. Jadi hasil pencariannya lebih valid (kecuali jika anda memang mencari informasi berbahasa Indonesia).

Sayangnya bagi saya ini masih belum jadi solusi. Karena Opera di Daryna-Hardy saya ini tidak mau menjalankan Flash, walaupun jelas – jelas plugin Flash nya telah terinstal.

Inikah yang namanya “menyelesaikan masalah dengan masalah”?

NB: Untuk yang main – main dengan SEO, berarti sekarang nambah satu pertimbangan lagi. Penerapan SEO nya untuk di negara mana? Karena hasil pencarian di Google sekarang belum tentu sama untuk tiap negara. Ditambah lagi isu bahwa Google akan menambah algoritma hasil pencarian berdasarkan behaviour.. Ah, mengapa tidak dibiarkan generic saja ya?