Portal Korban Bencana & Friendster ala Korban Bencana

Sekarang ini memang era-nya “mixed product” *halah.., sok inggris.. Maksudnya, banyak hal – hal baru yang dibuat dengan kombinasi dari hal – hal yang sudah ada. Contohnya adalah jenis website.

Website ada yang berjenis : portal, blog, korporat, social network, file sharing, dll. Nah khusus untuk portal, di tahun 2001 (dalam salah satu buku terbitan dari Standford University *lupa judulnya), disebutkan ada dua jenis portal : Portal Vertikal dan Portal Horisontal. Nah sekarang sudah banyak portal+social network, portal+blog+image sharing, dst, dan gabungan dari portal vertikal dan horisontal. Dan yang baru saja saya temukan tidak sengaja dari link yang diberikan oleh Pak Wiryanto adalah Portal Korban Bencana. Bencana apa? Apa lagi kalo bukan bencana yang paling kontroversial di Indonesia : Lumpur Lapindo.

Portal ini beralamat di KorbanLapindo.info. (sori kalo basi, tapi saya baru tahu ada portal ini). Oh iya, korban Lapindo ini juga punya blog yang beralamat di KorbanLapindo.Blogspot.com.

Situs Social Network kan sudah banyak “penyempitannya”, untuk sharing informasi software yang dipakai : Wakoopa.com, untuk para programmer : GitHub.com, untuk saling belajar bahasa asing : HuiTalk.com, untuk yang profesional serius : LinkedIn.com, dan yang masih fresh : ItsMyLifeClub.com 😀 . Mungkin ada yang sedang mencari – cari ide niche market social network? bisa tuh bikin Social Network Korban Lapindo..

Tapi saya rasa lebih bagus lagi kalo skalanya lebih luas : Situs Social Network korban bencana. Disini membernya bisa saling berbagi cerita tentang bencana yang mereka alami, bagaimana mereka bisa selamat (yang gak selamat kan gak mungkin join disini). Dan yang paling penting bertukar informasi jika mungkin ada keluarga yang hilang atau tidak diketahui nasibnya ketika bencana ini terjadi. Bermanfaat sepertinya..

Atau anda ingin tetap yang lebih sempit? Bisa tuh bikin situs “Social Network Korban Bencana di Indonesia yang Melibatkan Pihak Swasta dan Pejabat Tinggi Negara”.

Di dalamnya bisa berbagi berbagai informasi : Sharing informasi UU untuk bisa menegaskan hak & tanggung jawab pemerintah, pihak swasta, dan korban bencana, Tips menghadapi pejabat yang tidak bertanggung jawab pada warganya, Informasi seputar tanda – tanda tidak diturunkannya dana ganti rugi, dst..

Link terkait : *saya malu waktu membacanya, karena saya pribadi tidak berbuat apa – apa untuk membantu korban ini..

Kisah Eef dan Lowie, dan Anak – anak Korban Lapindo

7 Comments

  • At 2008.04.16 17:51, Pitra said:

    It’s My Life lagi, its my life lagi.. Pengen ya? 😀 😀
    btw udah 1800 member skrg loh..

    eniwei, silakan cek link ini kalo ada yg niat bikin social network tapi gak kepikiran utk target apa:
    http://mashable.com/2007/10/23/social-networking-god/

    • At 2008.04.17 10:38, Okto Silaban said:

      He..he, sekalian promosiin gaweannya situ.. 😀
      Wow dah 1800 member yah, keren.. Sukses deh..

      • At 2008.04.18 09:43, Pras said:

        Weleh…. Udah jadi korban bencana alam, masih sempet juga bikin situs… Ckckckck…

        • At 2008.04.19 20:06, Okta Sihotang said:

          mantep yak….
          eniwei, masih perlu tuh developer utk buat portal yang ditawarkan di milis php ??
          *klo masih perlu, ya…*

          • At 2008.04.22 12:40, Harry said:

            bisa menjadi tempat menumpahkan unek-unek atau curhat jika tuntutan mereka tidak juga dipenuhi pemerintah

            • At 2008.04.24 18:23, andrias ekoyuono said:

              Tom HadField, mantan pemilik soccer.net, malah membuat social networking untuk menggalang bantuan bagi penderita malaria di http://www.MalariaEngage.org

              • At 2008.10.18 12:10, obetz said:

                wah,,lapindo pnya portal toh…keren !!

                (Required)
                (Required, will not be published)

                mangga