G.ho.st – Web Startup Kerjasama Warga Israel dan Palestina

G.ho.st merupakan sebuah layanan online yang menyediakan komputer virtual. Semacam PC virtual berbasis internet. Di dalamnya terdapat berbagai aplikasi : instant messenger, video player & sharing, music player, word processor, dll. Aplikasi ini memanfaatkan layanan yang sudah ada sebelumnya : Google Spreadsheet, YouTube, Last.fm, Zoho, Meebo, dll.

Walaupun layanannya cukup menarik, tetapi saya lebih tertarik dengan latar belakangnya. Perusahaan ini timnya terdiri dari warga Palestina dan Israel (yang notabene keduanya sedang dalam konflik yang masih belum selesai). Mereka membangun perusahaan ini bersama.

G.ho.st (Global Hosted Operating System) ini memiliki kantor di Israel maupun di Palestina. Kantor yang berlokasi di Palestina mempunyai 35 developer, dan sejumlah kecil lainnya di Israel. Para developer di Palestina mendapatkan gaji 3 kali lebih besar daripada mereka yang di Israel. Kadangkala jika mereka perlu mengadakan meeting, dilakukan di Jericho (daerah yang netral, mau menerima keduanya). Di lain waktu meeting dilakukan di padang gurun.

Fenomena yang unik (mungkin juga kontroversial bagi sebagian orang).

Silahkan baca lengkapnya di New York Time Online .

8 Comments

Add yours

  1. cool, thanks

  2. Keren banget apps nya

  3. Bang okto, kok saya gak bisa login yak, padahal dah register dan di konfirm lewat email, apa mungkin ada syarat kecepatan internet kita ? or kita mesti tunggu beberapa hari ? or memang akses ke situs ini lambat ?
    thanks sebelum nya …

  4. Liat kata Jericho jadi inget Iron Man. Ternyata itu nama tempat to…

  5. boleh dicoba itu….hhe…..

  6. Yang terjadi di dunia nyata belum tentu terjadi di dunia maya…

  7. Perlu di tiru untuk Indonesia

  8. Kalau yang ini, gue suka proxynya… huehehehehe… walau kadang ajib banget ngebukanya…
    Berat banget loading pagenya… nice info btw 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *