Sampai saat ini cukup sulit menemukan layanan gratis yang menyediakan data trafik kunjungan suatu situs, yang bisa diakses secara umum. Memang ada Alexa, ataupun Compete, tetapi ini cuma untuk website yang trafiknya cukup besar. Tetapi beruntung, tanpa sengaja saya menemukan situs lain lagi yang menyediakan layanan data trafik suatu situs, yaitu Statbrain.com.

Sebagai perbandingan, trafik Detikcom, Kompas.com, dan OkeZone jika dibandingkan di Alexa, hasilnya bisa dilihat disini. (ada ulasannya juga)

Sementara itu dari Statbrain hasilnya :

  • Detikcom : 2,270,139 visits per day ! (edan…)
  • Kompas.com : 505,650 visits per day
  • OkeZone.com : 340,218 visits per day
  • Kaskus.us : 2,281,183 visits per day (ternyataDetikcom kalah ya?)

Tapi saya cukup kaget waktu melihat ini :

  • Planet.Terasi.Net : 2,209 visits per day

Menurut anda apa memang Planet Terasi “cuma” segitu trafiknya? Apa karena kebanyakan yang baca Planet Terasi udah pada melek IT, jadi pada baca lewat RSS Reader ya?

Satu hal lagi yang cukup mengejutkan, perbandingan trafik Yahoo dan Google :

  • Yahoo.com : 111,499,022 visits per day
  • Google.com : 91,201,253 visits per day

Kira – kira kenapa ya?

Oh iya, berbeda dengan Alexa dan Compete, Statbrain mampu membedakan trafik dari subdomain. Ini fitur yang penting bagi saya pribadi. Karena biasanya (di Alexa dan Compete), ketika saya melihat data trafik blog saya ini (labanapost.com), yang keluar justru data domain induknya (Silaban.Net), yang notabene trafiknya memang lumayan tinggi (sekitar 24ribu unique visitors / month).

Walaupun tampilannya sangat sederhana, Statbrain tidak minta banyak permintaan. Web yang hanya punya trafik dibawah 100 orang per hari pun masih bisa kita lacak. Kalau di Alexa sih udah gak bakalan masuk hitungan.. 🙁

Kalo data ini valid, seru juga kayaknya. Biaya research untuk trafik web kompetitor bisa ditekan 😀 .