Sekitar tanggal 21 Juli lalu, tiba – tiba saya tidak bisa mengirim SMS dan melakukan panggilan. Saya biarkan hingga tanggal 23. Tetap tidak bisa. Akhirnya call 111, ternyata saya belum bayar tagihan bulan itu.., makanya kartu saya diblokir (salah saya…, he..he..)

Tanggal 23 Juli, saya bayar tagihannya. SMS dan telpon sudah kembali normal. Tetapi saya masih belum bisa konek internet. Mas – mas dari 111 bilang karena trafik sedang sangat berat di tempat saya. Ya sudah, saya bersabar..

Hari -hari berikutnya tidak jauh beda. Kadang bisa konek satu jam, setelah itu tidak bisa konek lagi satu hari. Saya “curhat” lagi ke Mas 111, dia bilang kalo Telkomsel lagi upgrade jaringan. Mungkin dalam 1 – 2 hari ini sudah selesai.

Saya sabar, dan tunggu lagi. Dan mulai tanggal 27 Juli, setiap dial up (dengan wvdial – di Ubuntu 8.04), selalu bisa “terkoneksi” (karena saya sudah dapat IP Address). Tetapi masalah belumlah selesai. Seringkali (hampir selalu) terjadi error : “Address not found”. Saya coba nslookup beberapa domain umum (google.com, ugm.ac.id, techcrunch.com, dll) hasilnya juga nihil. Ternyata DNS nya bermasalah. Coba trik lain, saya ganti DNS nya secara manual dengan mengedit (/etc/resolv.conf) ke IP address dari OpenDNS : 208.67.222.22. Dan akhirnya bisa browsing.

Belakangan saya ketahui, kalau setelah dial up DNS yang kita dapat adalah 10.x.x.x, maka error ini terjadi, tapi kalau DNS nya 203.x.x.x bisa resolve. Berikutnya jika saya dial up dan tidak dapat DNS dengan IP 203.x.x.x, maka saya redial sampai dapat.

Ternyata ini pun bermasalah. Dalam 4 hari berikutnya, walaupun DNS (baik dari TelkomselFLASH nya, maupun dari OpenDNS) bisa resolve domainnya, tapi tetap tidak bisa browsing semua situs. Saya ingat waktu itu Google, Detik, ReadWriteWeb, Republish.web.id, dan OkeZone bisa diakses. Tetapi Yahoo, Planet Terasi, TechCrunch, dan WebWare tidak bisa dibuka. Di status bar Firefox tertulis “Connecting to yahoo.com ….”, atau “Connecting to planet.terasi.net …”, dst.

Hari – hari berikutnya semakin parah. Buka situs apapun tidak bisa.Walaupun DNS nya sudah bisa resolve dengan benar. Di status bar Firefox hanya tertulis “Connecting to namasitus.tld …”.

Menyerah? Tidak.. Masa saya bayar 125rb/bulan untuk kecepatan maksimum 256kbps, tapi tidak bisa browsing sama sekali? No way..!

Sekarang akhirnya saya pake tunelling (SOCKS proxy). Untung punya account SSH di beberapa tempat. Soalnya seringkali SSH pun gagal ke berbagai alamat domain. Jadi saya harus coba satu – satu bikin tunelling ke account ssh saya di berbagai tempat.

Dan akhirnya saya bisa browsing dengan “sedikit” tenang, dan bisa menuliskan “curhat” ini..

Apa kata Mas 111? “Koneksi 3G di wilayah anda dari pemantauan kami memang tidak stabil. Coba Bapak pindah ke jaringan GPRS, memang jadi lebih lambat, tetapi lebih stabil”.

Ah.. tidak juga. Di GPRS pun hasilnya sama persis..

UPDATE : (8 – 8 – 08)  Ntah karena angkanya cantik di tanggal ini, TelkomselFLASH sekarang sudah balik normal. (Oh iya saya juga baru sadar kalau salah tulis harusnya TelkomselFLASH bukan TelkomFLASH).