Beralih ke Ubuntu Intrepid, Pertahankan Java dan Eclipse Anda

Saya baru saja melakukan upgrade fresh install Ubuntu Intrepid tadi sore. Sayangnya, DVD repositorynya belum tersedia. Jadi terpaksa ritual pemasangan perangkat lunak setelah fresh install tidak bisa saya lakukan dengan mudah. Duuh.. sedih deh..

Gini nih, saya kan biasa pakai Eclipse (dengan PDT) untuk bercoding CakePHP ria.. Nah, ketika saya selesai install Ubuntu Intrepid, tentu saja saya perlu menginstal ulang Java SE nya. Mudah memang dengan apt-get, tetapi koneksi saya hanyalah 3G dari TelkomselFlash, yang kecepatannya.. (hmm.. takut OOT..). Jadi tidak mungkin saya melakukan apt-get install java, yang besar paketnya *sekian* MB itu.

Untungnya saya sangat jenius.. (keliatan kan?).  Sebelum pasang Intrepid, saya buat backup dari J2SE saya. Saya salinlah direktori /usr/lib/jvm/java-sun-6-sdk ke /media/adata/opt. Kebetulan Eclipse pun saya pasang (install) di direktori yang sama. (/media/adata/ saya symbolic link ke /home/laban/adata). Dengan begitu saya tidak perlu mengunduh ulang Java SE lewat apt-get.

Berikutnya saya coba jalankan perintah java di terminal. Dan muncul pesan error bahwa berkas jre/lib/i386/jvm.cfg tidak ditemukan. Ternyata berkas tersebut merupakan symbolic links dari /etc/jvm.cg. Sementara berkas tersebut terlupakan untuk saya salin dari Ubuntu Hardy sebelumnya.

Akhirnya saya buat sendiri berkas tersebut. Tapi isinya apa? Hmm.. butuh 10 googling untuk tahu apa isinya. Dan ternyata cukup dengan dua baris ini sudah bisa berjalan :

-client KNOWN
-server KNOWN

Hore.. java nya sudah dikenali.

Kemudian saya jalankan  ./adata/opt/eclipse-PDT/eclipse. Dan muncul lah pesan error bahwa Java Environment tidak ditemukan. Waah.. iya, saya lupa memberitahu Intrepid lokasi JAVA_HOME saya.

Saya suntinglah berkas .bashrc. Di baris terakhir saya tambahkan 2 baris ini :

export JAVA_HOME=/media/adata/opt

export PATH=$PATH:$JAVA_HOME/jre/bin/

Kemudian, logout dari Intrepid, dan login lagi. Yeah… java sudah dikenali di konsol. Tapi ketika menjalankan Eclipse lewat GUI (di klik dari perambah berkas (file browser) ), tetap muncul pesan error kalau Java Environment tidak ditemukan. Sedangkan jika dijalankan dari terminal, Eclipse nya berjalan.

Pakai solusi lain lagi, buat symbolic link dari /media/adata/opt/java/jre ke /media/adata/opt/eclipse-PDT/jre. Akhirnya Eclipse berjalan seperti semula. Horeee.. kembali coding..

Tapi ada yang aneh, kok rasanya judul posting ini kurang pas ya?

1 Comment

  • At 2008.11.11 21:08, zam said:

    aku malah baru mo dist upgrade ke intrepid.. 😀

    (Required)
    (Required, will not be published)

    semangka