Berkat YouTube Joe Satriani pun Menjadi Pengiring Solo Gitar Jeong-Hyun Lim

Joe Satriani bukanlah nama yang asing lagi di kalangan musisi. Banyak yang menyebutnya sebagai salah satu gitaris terbaik dunia. Bahkan Steve Vai (salah satu gitaris terbaik dunia juga) pada mulanya berguru pada Joe Satriani.

Jeong-Hyun Lim (seorang warga negara Korea Selatan). Ada yang tahu nama ini? Kalau anda mungkin kebetulan pernah dengar, atau melihat video solo gitar Canon D’ Rock dengan nickname funtwo, nah dialah pria yang memainkan solo gitar dalam video di YouTube tersebut. Bahkan video tersebut termasuk dalam 10 video terfavorit di YouTube hingga saat ini. *Canon D’Rock versi aslinya dibuat oleh Jerry Chang (Seorang warga negara Taiwan. Dia memberikan tablatur gitar Canon D’Rock untuk di download bebas).*

Semasa masih getol bergitar ria (*waktu masih bercita – cita jadi musisi), saya sudah banyak melihat video konser Joe Satriani, video tutorialnya, maupun video wawancaranya. Tapi seumur – umur saya belum pernah lihat Joe Satriani full jadi pengiring solo gitar gitaris lain (yang bukan “selevel” dia).

Tapi itulah yang terjadi pada acara YouTube Live 22 November 2008 lalu. Joe Satriani membawakan sedikit potongan lagunya, “Satch Boogie”.  Setelah itu langsung disambung dengan potongan hits lainnya, “Surfing With The Alien”, tetapi kali ini berduet dengan Jeong Lim. Dan ini disambung lagi dengan lagu ketiga, “Canon D’Rock”. Di lagu ini Jeong Lim jadi lead gitar, dan Joe Satriani “cuma” jadi pengiringnya (rythem) (!).

Ya.. pengiring.. Pada awalnya saya mengira nantinya akan ada sesi Joe bergantian memainkan lead guitar. Ternyata tidak. Sampai selesai tetap Jeong Lim yang menjadi lead guitar. Wow..!

Lihat.., Jeong Lim yang tadinya bukanlah siapa – siapa di kalangan gitaris sedunia, tiba – tiba dengan munculnya videonya di YouTube, mendapatkan kesempatan solo gitar sepanggung dengan Joe Satriani, bahkan Joe yang menjadi pengiringnya. Hey.. ini dia efek Web 2.0 !

Video ini sangat fenomenal, hingga New York Times melakukan liputan khusus tentang video ini.

Lalu mengapa bukan Jerry Chang yang didaulat sepanggung dengan Joe Satriani? Entahlah saya sendiri heran. Bagi saya permainan gitar Jerry Chang lebih menarik, lebih indah, dan lebih bersih ketimbang permainan Lim. Sewaktu dia sepanggung dengan Joe Satriani pun saya melihat terjadi beberapa kesalahan. Tapi mungkin saja alasannya sederhana. Video versi Lim sudah dilihat lebih dari 52juta kali, sedangkan video Chang “hanya” sekitar 4jutaan. Chang sendiri bukan berarti tidak mendapat apa – apa. Dia mendapat kontrak dengan salah satu label rekaman, dan cukup sukses juga akibat fenomena ini.

Di Indonesia juga banyak hal – hal sensional di dunia online yang cukup berpengaruh besar, hingga media – media konvensional pun meliputnya. Sayangnya sejauh yang saya lihat, hanya terbatas pada hal – hal sensasional negatif 🙁 . Pfffffhh…!

[outro]

Eh? Apa? Ada gitu di Indonesia? Ahh.. jangan bilang video anaknya si Sophia Latjuba itu.. Ha..ha..Kasiii daah..

11 Comments

Add yours

  1. Di Indonesia juga ada kok….
    Korn Featuring Nidji. KEREN…
    Please check at:
    http://bikaambon.multiply.com/video/item/17/korn_feat_nidji_hapus_aku
    hehehe

  2. btw, ini kayanya orang yang sama yang maein lagu ini ya?
    http://bikaambon.multiply.com/video/item/14

  3. sama ok, aku juga lebih suka liat videonya chang, atau kalo lagi pengen liat yang lebih seru ya yang ultimate.

    dan pendapatku juga sama. di video yang bareng sama joe satriani si funtwo bbrp kali melakukan kesalahan. ah, masih bersihan jerry c mainnya 😀

  4. yoi, chang lebih bersih tapi funtwo lebih populer…

    Salut sama Satriani, tidak menampakkan keangkuhan ketika didaulat sebagai RAJA. Bahkan rela jadi pengiring untuk newcomers…

    *saya suka closing post nya 😀 *

  5. saya suk canon versi mattrach… tapi emang funtwo lebih hebat dari saya…. hehhe

  6. Apa ga kebalik? Yg funtwo lebih rapi dan bersih mainnya dibanding jerry c?

  7. He..he.. , ya udah lihat aku.

  8. Ya, itu orang yang sama

  9. Menurutku sih Jerry lebih bersih mainnya. Dari video – video konser Chang yang lain, dibandingkan dengan funtwo, tetap Chang juga yang lebih bersih mainnya.

  10. Wah… iya. keren tuh yang versi ultimate nya.. Mantaapp..!

  11. yupz, aq dah Liat,,, tp funtwo kLiatanya sdikit nerves yah,,, permainanya jg jadi agak amburadul. he3. mungkin gara2 yang ngiringin si Joe Satriani, jadi dia gugup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *