Ahh.. akhirnya ku upgrade juga blog ku ini ke WP 2.6.3. Sebenarnya sudah lama sih mau kuupgrade. Tapi setelah lihat – lihat dan nyoba antarmukanya yang baru, kok rasanya berat yah.. Jadinya males mo upgrade.

Tapi setelah versi demi versi berganti, kok malah tambah jauh dengan versi terbarunya. Ntar lama – lama malah gak kompatibel deh plugin di blog ini dengan WP yang baru. Tapi kalau dibiarin, malah nambah susah nanti kalau mau upgrade ke versi terakhirnya.

Setelah sedikit bereksperimen coba semua plugin di blog ini di localhost dengan WP 2.6.3, ternyata tidak ada masalah. Plugin yang tidak jalan (seperti kuduga sebelumnya) adalah WP Advance Admin Menu (plugin yang membuat menu – menu di halaman admin bagian atas itu jadi menu drop down).

Setelah berkutat dengan remote SSH ke server, dalam waktu sekitar 5 menit, blog ini dengan nekat kuupgrade. (tanpa backup DB). Dan akhirnya sejauh ini aku belum menemukan error.. Susah – susah dikit gak apalah, hitung – hitung persiapan buat merayakan ulang tahun beberapa hari lagi.. 😉

Aku juga baru sadar kalau aku make cukup banyak plugin :

– ajaxcomment (biar reply comment lebih mudah)

– matriphe-keycode (hai Zam.. aku setia lho pake ciptaanmu ini.. he.he..)

– WP-SEO-Master.1.0 (mbuh ini pengaruhnya apa dengan SEO. Perasaan gak ada deh.. Cuma sugesti aja kayaknya..)

– google-analyticator.2.2 (ini baru pasang sekarang, kayaknya lebih gampang daripada hard-coded langsung)

– random-posts (buat naikin lagi konten – konten lama.. Kadang aku nemuin tulisanku yang lama – lama. Terus jadi bingung sendiri.. “Hah?! Masa sih dulu aku nulis kek gitu?!!” Nih contohnya, ha..ha… Sumpah.. kok waktu bacanya jadi gimanaaa.. gitu.. )

– google-sitemap-generator (dulu jaman Google masih gak seagresif sekarng meng-crawl, kayaknya penting nih. Sekarang.. hmm.. gak tahu deh)

– syntaxhighlighter (cuma pernah dua atau tiga kali dipake dalam tulisanku sebenarnya).

Masih penasaran sebenarnya.., ada yang error gak ya nanti..

Eh, disela – sela nge-plurk masih bisa ngeblog juga ternyata aku. Padahal tadinya males banget mau ikutan nge-plurk. Tapi entah mengapa setelah Om Yahya pm via YM, tiba – tiba langsung tertarik. Kayaknya Om Yahya punya ilmu pelet Plurk deh.. (curiga)..

Oh iya.. back to topic WordPress 2.6.3 kolom Tag nya ternyata ada autosuggestionnya.. (dance) he..he. (Eh, ngupgrade WP nambah karma gak sih?)