Saya secara lancang menggeneralisasi seluruh jalan di P. Sumatra dan di P. Jawa. Tidak apa – apalah, kalau gak gitu kan gak seru. 🙁

jalan-full-view

Gambar di atas adalah? Gambar jalan beraspal. Errr.. maksud saya jalan yang _tadinya_ beraspal. Eh, atau memang masih beraspal ya? Ya begitu deh pokoknya. Dari pertama jalan itu diaspal (seingat saya waktu saya TK), jalan itu belum pernah diaspal ulang lagi. Oh iya, gambar itu diambil dari salah satu daerah di Kotamadya Jambi, yang berada cukup dekat dengan Bandara Propinsi, dan juga pusat kantor – kantor Kotamadya. Di sepanjang jalan ini ada terdapat lebih dari 8 perumahan. Dan ujung dari jalan ini adalah komplek Pertamina.

jalan-full-view2

Di seluruh daerah yang pernah saya lewati di Yogyakarta (Godean, Kaliurang, Kota Gede, Imogiri, Wates, Parangtritis, Pleret, dll), Solo, Sragen, Magelang, Muntilan, dan Temanggung, saya tidak pernah menemukan kondisi jalan seperti itu (mungkin saya belum beruntung). Tetapi di Jambi, sangat mudah menemukan jalan seperti ini. Oh iya, tidak cuma di Jambi. Kondisi lebih parah juga dulu pernah ada di jalan penghubung Jambi – Sumatera Selatan. Begitu juga jalan utama di Duri, Riau, dimana Chevron berada.

Mmmm, jalan di foto – foto itu tadi bukan tidak diperbaiki karena gak ada pejabat tinggi yang tinggal disitu. Di salah satu bagian jalan yang termasuk paling parah, tak sampai 50m dari lokasi tersebut terdapat rumah salah satu Bupati di Jambi.

Di daerah yang bernama Kebun Handil (yang letaknya lebih dekat lagi dengan Kantor Walikota), kondisinya lebih parah. Sayang saya belum sempat mengambil fotonya sewaktu pulang kampung Desember lalu.

Sebuah lubang sangat besar menganga di depan Puskesmas Kebun Handil tersebut. Begitu besarnya, sehingga sepenglihatan saya sepertiga badan mobil angkot bisa terbenam di dalamnya. Kalau musim hujan, sudah layak dijadikan tempat budidaya lele. Dan dari cerita teman – teman saya, disitu *saking kesalnya warga sekitar* pernah ditanami pohon pisang !  (Saya dengar di daerah lain di Indonesia malah ada yang dipasangi jamban !).

Kondisi jalan yang tidak rusak? Seperti ini :

jalan-seharusnya

Kapan ya perbaikan jalan ini masuk APBD? Menunggu Gubernur (yang sudah dua periode itu) berganti kah?

NOTE : Foto diambil dengan handphone LG KU250