Software yang Beli Pasti Lebih Bagus Daripada yang Gratis

“Logikanya aja lah.., sesuatu yang beli itu pasti lebih bagus daripada yang gratisan.. Iya kan? Jadi, .Net itu lebih bagus daripada Java”, ujar salah seorang pembicara pada acara Sunday Sonten ke-8 yang waktu itu bertempat di kampus Informatika UPN Yogyakarta. Saya tidak tahu *hacker* ini sedang bercanda atau serius, tapi lihat mimik wajah dan gaya bicaranya, kayaknya sih emang lagi serius.

Tapi…., ahh.. serius lo..?

40 Comments

  • At 2009.04.27 10:38, geblek said:

    terus stelah dia bicara gitu gak ada perlawanan mas ? hehehe

    • At 2009.04.28 15:51, Okto Silaban said:

      bukan perlawanan…, tapi sanggahan.. Aku cuma asal nyeletuk sih.., soalnya aku juga ndak berkompeten buat mendebat :p

  • At 2009.04.27 11:54, milisdad said:

    akhirnya dikeluarkan clue dari uneg2 mu 😛

    • At 2009.04.28 15:51, Okto Silaban said:

      akhirnya..

    • At 2009.04.27 12:18, Vavai said:

      Lho, tentu saja lebih bagus yang beli mas. Kalau sampai gratisan itu lebih powerful, berarti rugi banget dong orang yang beli software, kecuali dunianya memang cuma segitu-segitu aza 😛

      • At 2009.04.28 15:52, Okto Silaban said:

        ha..ha..ha.. Mantaaabsss… 😀

      • At 2009.04.27 12:25, Ananda Putra said:

        @Vavai
        Iya, rugi banget tuh yg beli software kalau ternyata ada yg lebih bagus dan gratis.. 😀

        • At 2009.04.27 12:53, Affan said:

          Logikanya salah, yang betul : Software yang beli belum tentu lebih bagus daripada yang gratis, tapi software yang gratis juga belum tentu lebih jelek daripada yang beli 😀

          Ada kok software bagus yang mbayar, ada juga software bagus yang gratis. Ada juga software jelek yang gratisan, tapi ada juga software jelek yang mbayar 🙂

          • At 2009.04.28 15:53, Okto Silaban said:

            “tapi ada juga software jelek yang mbayar ” — apes banget… He..he.

          • At 2009.04.27 12:54, assassinofeast said:

            Yang free itu kebanyakan belum user friendly… tapi juga sudah banyak yang user friendly juga… misal Joomla…
            Dan kebanyakan yang berbayar itu udah user friendly… dan kalo nga user friendly biasanya nga laku…
            Sedangkan yang free… walaupun nga user friendly tetep laku… misal Drupal….

            • At 2009.04.28 15:54, Okto Silaban said:

              User Friendly tergantung sudut pandang kan?
              misal : Drupal itu user friendly bagi programmer PHP. Karena modularitasnya yang luar biasa..

            • At 2009.04.27 13:00, Albert said:

              Kalo dibandingkan dengan yang b*j*kan, bagusan mana yah? 🙂

              • At 2009.04.28 15:55, Okto Silaban said:

                ah.., mas Albert harus datang nih ke Sunday Sonten sekali – sekali, biar seru.. Kalau perlu, Kunang.com ngisi jadi pemateri. 😉

              • At 2009.04.27 15:25, Yahya Kurniawan said:

                Memang ungkapan ada harga ada barang (kalao jawanya ono rego ono rupo) sering berlaku dan saya juga sering membuktikan.
                Tapi kayaknya akhir2 ini ungkapan tsb sering gagal.
                Contohnya ya software itu. Nyatanya banyak sofware open/free yang lebih bagus daripada yagn mbayar.
                Contoh lain adalah mobil Honda yang harganya kemahalan (herannya banyak yang mau beli, betapa tidak bijaksananya).
                Trus kenapa kau tidak protes, lae?

                • At 2009.04.28 15:55, Okto Silaban said:

                  Saya ndak berkompeten buat protes lae.., skill saya jauh dibawah dia.. 😉

                • At 2009.04.27 15:39, galihsatria said:

                  Menyedihkan kalau ada pembicara pemikirannya masih sepicik itu.

                  • At 2009.04.27 18:27, jpmrblood said:

                    Hehehe… not in my religion.

                    • At 2009.04.27 18:42, diditho said:

                      emangnya .Net itu beli ????
                      gratis juga kok..

                      • At 2009.04.28 15:56, Okto Silaban said:

                        Iya toh? Aku baru tahu lho..

                        • At 2009.04.29 11:05, diditho said:

                          iya, gratis.. .Net Framework sampe itu Free..
                          Mungkin maksudnya yang bayar itu OS nya..

                      • At 2009.04.27 21:08, IMW said:

                        Iya donk… lebih bagus komisinya ha ha ha ha ini jelas. 10% dari 0 = 0; 10% dari 10 juta itu 1 juta.

                        Ono rupo ono rego, jer basiko mowo beyo sebetulnya memiliki makna bukan yang bayar itu selalu lebih bagus 🙂

                        • At 2009.04.28 15:57, Okto Silaban said:

                          keren, berarti dari jaman dulu udah ada falsafah kek gitu ya.

                        • At 2009.04.28 08:03, gobzip said:

                          Tidak bisa membandingkan satu software dengan software lain gitu saja.
                          Lihat sisi lain: fungsi, tujuan, … dan
                          (yang paling penting) rekanan (KKN?)
                          wa ka ka …. *kaboor*

                          • At 2009.04.28 15:57, Okto Silaban said:

                            praktiknya emang gitu..

                          • At 2009.04.28 14:04, indah said:

                            ada yang curhat!

                            • At 2009.04.28 15:58, Okto Silaban said:

                              cuma nyampehin uneg2 mu aja kok Ndah.. 😛

                            • At 2009.04.28 19:39, somat said:

                              mosok sih ? gak percaya ah…. 😀

                              • At 2009.04.29 12:14, Toni @ NavinoT said:

                                Bagus itu kan ada ukurannya. Gk mungkin bisa bilang bagus atau tidak tanpa bertolak dari alat ukur yang sama. Ini sih pertanyaan debat kusir :))

                                • At 2009.05.01 15:07, iyank4 said:

                                  Klo yang beli yang bagus aku kurang setuju, mungkin begini lebih bisa diterima:

                                  `Yang menghabiskan dana pengembangan lebih banyak itu yang lebih bagus`

                                  klo bandingin Java vs .Net, emang karyawan SUN, IBM, Oracle dll nggak pada dibayar..?
                                  Google Summer Code aja pada dikasi bayaran kan, padahal OpenSource.

                                  • At 2009.05.01 15:10, iyank4 said:

                                    btw nambahin, klo yang gratis itu jelek, eclipse sama Visual Studio gratisan sama2x jelek dong…

                                    • At 2009.05.13 19:14, Bangpozan said:

                                      Dua-duanya bagus. software itu ada juga plus-minusnya.
                                      Tergantung pemakai, kalo yang korporat, bagus .Net. Bagi menengah, bagus java, free… entahlah..

                                      • At 2009.06.14 06:32, Alex said:

                                        Yah, jelah, orang yang buat software butuh makan dan dll, aku baru kerasa bikin beratnya bikin software dan lain2. makanya kalo kita barus itu seiimbang….

                                        Yah silahkan kalo ada yang mau lepas sesuatu gratis, itu hak mereka,

                                        Btw.. sampai saat ini budaya indonesia, kalo bisa mencuri atau gratis, mendingan gratis ya…. kalo bisa mencontek buat apa belajar…. Yah, budaya itu yang harus dihilangkan,

                                        • At 2009.10.12 14:45, herman said:

                                          Tapi emang beli sofware bajakan husus untuk anti virus banyak errornya

                                          • At 2009.12.07 09:01, aa said:

                                            mo gabung nih,mo tnya klo menggunakan vb.net sebagai software untuk membuat aplikasi,apa plus minusnya dilihat dari free atau tdknya,krna yg free tentu saja ada kekurangnnya n kelebihannya kan??ngaruh ga ke proses develop atau deploy dari sebuah program hasil dari software itu sndiri??thnx

                                            • At 2009.12.07 09:53, Okto Silaban said:

                                              Maaf, saya tidak pernah pake vb.net, jadi tidak bisa kasih komentar mas..

                                            • At 2010.02.02 22:48, M Mudzakir Chafid said:

                                              Yg bagus adalah yg menguntungkan bagi kita….
                                              Klo yg jelek yg gak ada untungnya bagi kita bahkan merugikan….

                                              • At 2010.06.20 12:32, Ade Malsasa Akbar said:

                                                Saran saya, judulnya diganti:

                                                Pasti -> Mungkin.

                                                • At 2010.11.04 10:35, Fadly said:

                                                  .net desktop lebih baik,web application java lebih baik

                                                  • At 2010.11.04 10:36, Fadly said:

                                                    menurut saya desktop .net lebih baik, web application java lebih baik.

                                                    (Required)
                                                    (Required, will not be published)

                                                    pepaya