Kontes Berpikir Kritis 2009 : Navinot.com

Pertama lihat judul tulisan tersebut di Navinot.com, saya tidak mendapat clue kira – kira apa isi tulisannya. Saya merasa tidak tertarik. Karena bayangan saya isinya adalah sesuatu yang berhubungan dengan pemikiran – pemikiran kritis seperti dalam dunia perpolitikan nan menjenuhkan itu. Saya akhirnya baru membuka tulisan itu hampir seminggu kemudian (setelah *disenggol* bung Ivan, co-founder Navinot). Dan isinya ternyata memang jauh dari hal – hal sosio-politik.. 😀

Melihat secara sekilas tulisan tersebut (sebelum membacanya) diketahui kalau kontes ini diselenggarakan dengan sponsor Bhinneka.com (toko komputer online) dan Teloor.com (situs penyedia resep masakan etnik). Tapi kontesnya sendiri seperti apa?

Ok, saya baca satu persatu paragrafnya, hingga paragraf terakhir, dan saya tertegun.. Saya ndak ngerti kontes ini seperti apa sih sebenarnya? Saya baca lagi.., dan cukup sampai tiga kali saya baca ulang. Saya tetap ndak ngerti maksudnya. Ada beberapa bagian yang menurut saya penjelasannya seperti puzzle *yg tidak lengkap*. Ntahlah, mungkin itu karena kemampuan saya mencerna tulisan yang semakin menurun, atau karena saya bangun kepagian waktu baca tulisan itu..

Beberapa *puzzle* itu setelah saya susun jadi seperti ini :

Kontes ini akan berlangsung selama 2 bulan, dan pembaca bisa menikmati 40 artikel yang disajikan. Tiap harinya akan dibagikan (1) Kaos NavinoT untuk (1) orang pemenang ...”

– 40 artikel tersebut, maksudnya 40 artikel yang ditulis oleh Bintang Tamu (?)

Peserta cukup menulis (1) artikel saja, yang berkaitan dengan topik yang diterbitkan selama kontes berlangsung.

– “topik yang diterbitkan” itu kalau di klik mengarah ke kolom Sponsor. Jadi apa maksudnya topiknya adalah sponsor tersebut ? Feeling saya sih bilang, kalau yang dimaksud adalah “… berkaitan dengan 40 artikel yang akan diterbitkan..”

Untuk memudahkan pemantauan, tiap peserta wajib menambahkan satu paragraf yang di-link ke salah satu artikel sumber

– “salah satu artikel sumber” tersebut juga kalau di klik mengarah ke bagian Sponsor. Tapi mungkin maksudnya adalah salah satu dari 40 artikel yang bakal diterbitkan itu.

dll..

Btw, itu kalau saya yang baca. Saya ndak nangkep maksudnya. Tapi mungkin bisa beda dengan anda. Jadi silahkan baca langsung saja di sini.

Saya suka Navinot.com, hanya saja untuk pengumuman kontes ini saya ndak nangkep maksudnya.

1 Comment

  • At 2009.04.27 23:39, Toni @ NavinoT said:

    Saya coba bantu jelaskan ya Bung Okto 🙂

    Jadi 40 artikel yang dimaksud adalah artikel dari NavinoT sendiri dan beberapa di antaranya dari Guest Blogger.

    “topik yang diterbitkan” sebenarnya bermaksud di-link ke daftar artikel di samping kanan. Saat diklik memang sudah mengarah ke sana, namun sekaligus menampakkan bagian “Sponsor”.

    Kontes Berpikir Kritis tidak ada hubungannya dengan Sosio-Politik. Cukup Politikana saja kiranya yang “meng-handle” sosio-politik. However, berpikir kritis tidak dibatasi pula pada perkara IT dan Marketing 😉

    Begitu kira-kira.Terimakasih sebelumnya atas head-up berita kontes 🙂

    (Required)
    (Required, will not be published)

    tomat