Pernah nonton acara “World’s Most Amazing Videos” ?Β  Kalau enggak salah ini juga disiarin di salah satu TV Nasional. Isi acaranya, seusai judulnya : Video – video yang paling menakjubkan di dunia. Kebanyakan sih tentang kecelakaan.

Barusan, sambil setting SVN repo di server Debian, TV saya biarkan menyala. Kebetulan channel yang saya pilih waktu itu AXN. Acara yang sedang tayang adalah World’s Most Amazing Videos tadi. Samar – samar saya dengar ada kata “jogjakarta”. Konsentrasi saya pindah ke layar monitor 14″ + tv tunner itu. Ternyata sedang ditayangkan video tentang kecelakaan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Adisucipto, Yogyakarta tahun 2007 silam.

Yang bikin saya sedikit terganggu adalah naratornya. Kata – katanya lebay..

  • “… pesawat ini akhirnya jatuh di sebuah tempat yang terpencil (in the middle of no where) “. (Whaatt?? Itu deket bandara Om…!)
  • (lanjutan kalimat di atas) “..sehingga bantuan pertolongan sulit mencapai lokasi tersebut” (Jadi, mobil pemadam kebakaran yang berjejer di deket Bandara Adi Sucipto itu ndak diitung pertolongan ya?)
  • “.. korban yang selamat segera menyelamatkan diri dari pesawat yang jatuh di salah satu pulau kecil dari 17 ribu pulau di Indonesia..” (Okey.., jadi P. Jawa itu sekarang kecil ya? Ooo.. baru tahu)
  • Para korban selamat segera dirawat di sebuah rumah sakit kecil (tiny little hospital)” (Hmm.. iya.., emang sih RS yg deket bandara itu kecil. Tapi ndak sekecil Puskesmas deh kayaknya).
  • Akhirnya kurang lebih 200 korban kecelakaan berhasil diselamatkan.., terima kasih pada komunitas kecil (that tittle community) yang segera memberi pertolongan..” (Komunitas kecil itu kalo di Indonesia namanya SAR + Pemadam + Polisi + Dokter + Masyarat + Petugas Bandara + + +..)

Jadi sekarang kalau saya nonton acara itu lagi saya bakal kepikiran terus : “Nih naratornya mesti lebay..” 😐