Astaga.com Reborn..!

astagaSaya ndak pernah tahu lagi kabar Astaga.com (salah satu portal yang dulu sempat besar di Indonesia) sampai salah seorang awaknya (Aan Afdi) memberi komentar di blog ini. Dan Astaga.com (yang sekarang dipegang PT. IMT) ternyata sudah di-redevelop dan diluncurkan kembali pada tanggal 5 Oktober lalu. Tentu saja ada beberapa fitur yang *berbau web 2.0*, seperti ‘7circles’ (digg-like) dan ‘yournews’. Review lengkapnya bisa dibaca di blog Aan Afdi ini.

Astaga.com baru ini menggunakan CMS Drupal, dan dikerjakan dalam waktu 1 bulan 15 hari.. (wow..!), dengan menggunakan clustering server. Menurut komentar bung Aan Afdi, Astaga.com ini dikembangkan oleh satu orang programer, satu orang orang webmaster, satu orang desainer dan satu orang sysadmin.

Menanggapi pertanyaannya di bagian komentar :
Saya mo komen ahh… kalo bang okto bilang lupakan detikcom bikin yang beda, maka akan muncul pertanyaan baru tuh bang ” apa sih yang belum ada di jagad maya ini?”

Maksud saya di tulisan itu sebenarnya adalah, kalau mau bikin portal berita baru jangan “copy-paste” detikcom. Ya bikin yang beda (tampilan, model penulisan, cara pemaparan, cara berinteraksi, marketing, dst.. dst..). (itu cuma pemikiran, saya sendiri juga blm bisa mempraktekkan kok.. he..he..)

Kalau soal apa yang beluma ada di jagad maya, pertanyaan yang sama selalu ada setiap saat. 10 tahun yang lalu, kalau saya ditanya, saya tidak tahu. Tapi hari ini kita tahu.. Ternyata yang belum ada waktu itu : Twitter, Facebook, LinkedIn, StumbleUpon, Flickr, Politikana, dst.. dst..

Terus, kalau sekarang yg belum ada apa? Banyak.. terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu. Kalau boleh saya ganti pertanyaannya harusnya menjadi “Yang dibutuhkan di dunia maya sekarang apa?” Nah kalau ini saya sendiri tidak berani menjawab. Kalau saya dapat jawabannya, kemungkinan besar sudah saya buat duluan.. hee.. 😛

Kalau pertanyannya ganti jadi “Yang dibutuhkan di dunia maya sekarang apa” kan berarti ndak harus sesuatu yang baru. Selama memang itu dibutuhkan, ya kemungkinan besar pasti sukses. Dan kalau Astaga.com bisa memberi jawaban atas pertanyaan itu, niscaya portal ini bisa sukses.. (*serasa motivator..*)

[catatan]

Tulisan ini cukup memberi pencerahan tentang apa yang bisa dibuat di dunia maya. (via Rama Mamuaya)

10 Comments

  • At 2009.10.19 14:09, Ben said:

    Kalau Astaga mau bangkit kembali dengan strategi berbeda, seharusnya langkah pertama yg dilakukan adalah mengubah logo. selanjutnya, kalau tetap mau berada dalam satu lautan dgn detikcom, seharusnya juga belajar dari kekurangan2 atau keluhan2 terhadap detikcom, kompascom, dll. 🙂

    • At 2009.10.19 16:50, planet orange said:

      Walah, ternyata di review ama bang Okto ya….

      Terima kasih Bang Okto, mudah2an astaga!com bisa kembali meramaikan jagad maya, dan menjadi penantang serius portal2 lifestyle lainnya…

      Bang kalau udah dapat apa lagi yang dibutuhkan di dunia maya, kasih tahu saya juga ya bang… hihihihi :d

    • At 2009.10.21 02:11, zam said:

      yak. aku udah eneg dengan model web berbasis “portal”. terlalu banyak yg disuguhkan sehingga membuat user malah bingung mau cari apa. web yang baik adalah ketika user lebih banyak mencari dan “tersesat” di dalam web ketika user itu mencari dan mendapatkan apa yg diinginkan.

      setuju banget dengan pernyataan bahwa web-web harus cari cara berbeda. head-to-head dengan detik udah pasti kalah, jadi mending bikin tren sendiri dan berbeda, terutama di konten. 🙂

      • At 2009.10.23 10:54, planet orange said:

        Setuju bang Zam….jangan ngikuti pasar, tapi bikin pasar sendiri hehehehehe

        • At 2009.10.23 11:45, Okto Silaban said:

          Keknya Zam udah nemu nih.. Ditunggu deh hasilnya.. 😀

        • At 2009.10.21 19:20, islamic economics said:

          dulu saya juga sering mengnjungi astaga dot com…nice review

          • At 2009.10.28 23:30, arie tio said:

            kak okto…leh mnta copy linuxny ga?da cd ubuntu studio jga ga kak???q bru psen neh,kra2 brpa lma y nyampenya???
            mo nyobain pake linux neh…

            arie tio Gen X TT………….

            • At 2009.10.30 13:19, Okto Silaban said:

              Boleh.. Mo ngopi? dateng aja ke kos..

              Kalo pesen plg cepet sebulan baru nyampe. Aku dulu sih 3 bulan..

            • At 2009.10.28 23:32, Bisnis online said:

              semoga bisa menemukan formula yang tepat bos lalu langsung di posting ya ditunggu loh, thanks

              (Required)
              (Required, will not be published)

              mangga