Ide : HargaHarga.com ?

Setelah membaca tulisan Rama yang menyinggung Blippy.com saya jadi teringat tulisan saya beberapa waktu lalu tentang ide – ide website yang mau saya tulis disini. Karena toh saya tidak mewujudkannya, dan pasti ada juga yang kepikiran dengan hal yang sama, jadi di share disini mungkin bisa membantu mereka yang sedang mewujudkannya.

Dari tulisan Rama tentang Blippy.com tadi, konsepnya kurang lebih kaya Twitter. Kalau Twitter bertanya : “What are you doing?”, Blippy menanyakan : “What are you buying”.  Jadi nanti di situs ini kita bisa dapat informasi tentang barang – barang yang sedang laris dibeli, harganya, dimana membelinya. Rama sendiri dulu pernah ikut membangun situs yang punya ide dasar sama, walaupun tidak jadi diteruskan.

Saya pun dulu punya ide yang agak – agak mirip. Sekitar dua tahun lalu. Konsep saya dari dulu selalu sama untuk membuat website : Buatlah sebuah website yang membantu orang menyelesaikan masalah mereka, seperti saran dari errr… kalo gak salah Paul Graham dari Y Combinator. Nah waktu itu masalah yang paling kerasa buat saya : sulitnya menemukan informasi harga barang yang cukup akurat, untuk lokasi tertentu.

Terbersitlah ide untuk membuat sebuah website yang bisa mengakomodir hal itu. Kebetulan waktu itu saya baru ngulik CakePHP. Jadilah dibentuk dummy webnya dengan desain copy-paste plek.. dari delicious.com. 😛 (cuma di localhost kok).Waktu itu sempat terpikir akan dinamai HargaHarga.com *he..

Cara Kerja

Konsep webnya : Setiap orang yang sudah register, bisa memasukkan informasi sebuah produk (barang/jasa), lengkap dengan harganya (wajib) dan lokasinya (baik online ataupun offline). Dengan begitu ketika ketika mencari informasi harga sebuah produk di sebuah daerah, kita bisa mendapatkan kisaran harganya.

Tidak semua input user langsung publish, tapi dimoderasi. Awalnya tim dari web ini sendiri. Belakangan dengan mengangkat user yang aktif untuk menjadi moderator. Mungkin kaya Digg atau Kaskus kali ya?

Masalah

Masalah paling besar tentu saja SPAM. Website dengan user generated content itu adalah gula yang tertumpah dilantai dan siap diserang semut – semut SPAM. Terutama Human-SPAM. Selain itu masih disulitkan dengan akurasi. Bisa jadi kebanyakan user cuma akan memasukkan informasi produk, tidak dengan detail harga. Semata – mata untuk promosi dan berbagai alasan lainnya. Ya, lebih ke masalah teknis sih (walaupun sebetulnya masih bisa diatasi dengan upaya yang tidak super sulit).

Model bisnis

Tentu saja.., jawaban paling mudah dan paling gampang ditebak : Iklan. Selain itu kerjasama untuk penyediaan data, entah lewat API atau apapun. Masih banyak beberapa model lagi. Tapi yang paling masuk akal dan paling cepat direalisasikan, tetep : iklan.. 🙁

Konsep

Intinya, kalau orang – orang ingin nyari informasi harga sebuah produk (barang / jasa), datanglah ke web ini. Ah iya, situs ini ditujukan buat lokal Indonesia.

Lalu kenapa saya tidak jadi meneruskannya? Entahlah 😀

Ada yang mau merealisasikannya? Atau justru ada yang sudah mulai? Kalau iya tinggalin komentar di bawah yah..

[Update]

Dari info bung Benny Chandra, ternyata memang udah pernah ada situs sejenis, dan domainnya? HargaHarga.com ! Ha..ha.. Ini halaman webnya yang sempat terekam : http://web.archive.org/web/20030210191706/http://hargaharga.com/

Tapi sepertinya masih belum user generated content. Dan entah mengapa sekarang situs itu udah mati. (yang ada sekarang, domain parking)

10 Comments

  • At 2010.04.05 18:19, Ben said:

    dulu bukannya memang ada situs bernama hargaharga dgn konsep serupa (membandingkan harga) tapi bukan user generated konten?

  • At 2010.04.06 07:37, Rizqy Sultan Alfaroby said:

    ide yang bagus gan,,, sayangnya coba di realisasikan secara global, jadi banyak pengunjungnya nantinya, saranku juga di tambahkan tentang keterangan harga rata-rata, cotohnya, LAPTOP ACER seri 4930, di toko A harga 5,5 juta, ternyata ada pengunjung yang membeli dengan harga 5 juta di Toko B, nah,, harga rata-rata itu untuk membentuk imej bahwa harga Laptop berkisar antara 5 – 5,5 juta (5,25 juta), eh ya,, aku berminat jika bang okto ini mau untuk mengembangkan proyek ini.. (serius)

    • At 2010.04.10 10:01, Okto Silaban said:

      Kayanya kamu sendiri bisa jalanin tuh.. Marketer handal + Programmer (Rizal).. Apalagi yg kau tunggu gan? 😉

    • At 2010.10.07 15:11, ex-hargaharga.com said:

      Jadi sedih ..nih.
      saya dulu salah satu pengelola situs hargaharga.com , dan saat itu masih inget kapanlagi.com ( sekarang dah ngetop) , ada pasang banner di kami..

      memang idenya bagus , pemiliknya dari luar….cuma karena sesuatu sebab , akhirnya bubar..

      terimakasih yang menyebutkan ide-kami bagus….

      jadi sedih kalo mengingatnya….hehe

      hendri

      • At 2010.10.07 16:51, Okto Silaban said:

        Wah.., ada ex-pengelolanya nih.
        Btw, kenapa gak bikin lagi aja? Sekarang momennya lagi pas nih.

      • At 2010.10.08 10:33, ex-hargaharga.com said:

        Memang bro..sekarang saatnya tepat..
        tapi kadang ada hal lain yang sedang dipertimbangkan..

        konsep seperti hargaharga.com, butuh energi dan mobilitas yang tinggi untuk koordinasi dengan pihak ke-tiga ( toko / reseller )..

        Tapi sisa sisa semangat yang lalu masih berbekas, namun dirubah konsepnya jadi yang umum saja ( e-commerce )…sekarang sudah mengudara…

        Masih inget bro..dulu masa keemasan dotcom : Radioclick , matamata , indomall , searchindonesia , naver , astaga , boleh , ….

        Buat konsep seperti hargaharga.com tidak mudah , terutama jika telah melibatkan pihak ketiga yang harus terlibat dalam web kita…..

        mungkin nanti ada dari yang lain….hehe…

        • At 2012.06.21 14:40, Okto Silaban said:

          Entah kenapa kok saya lupa reply comment di atas.. 🙁 Maaf ye bro..
          Jadi e-commerce nya apa sekarang bro?

        (Required)
        (Required, will not be published)

        durian