Sukamart.com dan Sikat Gigi

imageSukamart.com ramai menghiasi timeline Twitter saya beberapa hari ini. Pada dasarnya ini adalah toko semacam Indomaret, Alfa Mart, dll tapi versi online.

Mungkin ada yang komentar : “Serius? Siapa yang mau beli sikat gigi online? Di Jakarta, Indomaret / Alfa Mart ada dimana – mana, mending jalan dikit terus beli langsung dapat barangnya. Siapa yang mau pesen online, nunggu sehari dua hari cuma untuk sebuah sikat gigi?”

Oh well, saya rasa manajemen Sukamart itu juga ya ndak bodo – bodo amat lah, yang kaya gitu pasti terpikir sama mereka.

**Sikat gigi ini cuma contoh acak, bisa diganti dengan : pembalut, Indomie sebungkus, shampoo, pasta gigi, dll.

Ilustrasi

Saya coba lihat dari sudut berbeda :

Sebuah keluarga (kelas menengah ke atas) di Jakarta, biasanya melakukan belanja mingguan atau bulanan ke Indomaret/Alfa Mart/Hypermart/Carrefour/dsb. Sebelum belanja biasanya mereka sudah punya cek list untuk itu.

Belanjanya ini biasanya dilakukan di akhir pekan, atau hari libur. Nah untuk belanja bulanan / mingguan ini, otomatis waktu mereka yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga pun jadi terbuang. Iya kalau pas stock nya ada semua, kalau (misal) pembalut yang dicari habis, harus pindah lagi ke tempat lainnya. Ini ditambah kalau macet, hujan, banjir, dll (khas Jakarta dan sekitarnya lah).

Dengan adanya “retail store” semacam Sukamart ini, proses belanja bulanan / mingguannya bakal dipermudah. Cek list yang mau dibeli oleh sebuah keluarga tinggal dibeli online di Sukamart ini. Bisa dilakukan di hari kerja dari kantor, dan di akhir pekan, barang diantar ke rumah. Keluarga pun bisa jalan – jalan keluar kota.

Selain itu, (testimoni @Sherendypity) antrian di kasir yang pada tanggal – tanggal tertentu gak ketulungan, bisa terbantu juga dengan belanja online kaya gini.

Itu salah satu ilustrasi yang terpikirkan selintas oleh saya. Masih ada tentunya konsep – konsep lainnya.

Jadi kalau butuh beli sebatang sikat gigi, ya nyebrang jalan aja, cari warung terdekat, langsung beli. Tapi kalau butuh belanja bulanan, bisalah mempertimbangkan Sukamart.com ini.

[Catatan]

Bukan tulisan promosi. Saya ndak ada hubungan apa – apa sama Sukamart. Tapi kalau mereka mau bayar saya sih, ya saya ndak nolak.. Hahaha

2 Comments

  • At 2013.01.10 18:51, toni said:

    Mbok ya komen box ini diganti disqus.

    Tapi bro, harganya ini lebih mahal dari carrefour. Ya gimana ya. Apa carrefour outsource delivery aja ke sukamart? 😀

    • At 2013.01.10 19:03, Okto Silaban said:

      Emoh ah.. Ntar Disqus bubar ilang komen2nya.

      Mahal dikit mah gak ngaruh sama #kelasmenengahngehekjakarta yg penting nyaman. 😛
      Carrefour itu bersaing sama Sukamart nya justru di level produsen produk sih menurut gue. Tnggal nunggu waktu aja harga dr produsen ke Sukamart makin murah.

    (Required)
    (Required, will not be published)

    pisang