Outlook dan Zoho sebagai Alternatif Hosting Email di Google Apps

Seperti diketahui, sekarang hosting email di Google Apps sudah tidak gratis lagi. Jadi kalau dulu anda punya domain (misal) kurakura.com, anda bisa punya email ninja@kurakura.com, dengan menggunakan Google Mail. Hampir semua fasilitas Google Mail akan tersedia juga bagi anda.

Jangan khawatir, ada alternatifnya : Zoho Mail, atau Outlook.com (dengan custom domain). Untuk Zoho Mail daftar disini, dan untuk Outlook daftar disini.

*Outlook.com adalah salah satu produk Microsoft, bisa dibilang “GMail nya Microsoft”.

Untuk Zoho Mail batasannya 3 user untuk yang free. Dan untuk Outlook batasannya 500 user. Detail lebih lengkap bisa lihat di masing – masing website.

Untuk konfigurasi Zoho Mail, saya cukup lama utak – atik, karena menu – menunya (menurut saya) agak membingungkan. Tetapi dengan sedikit googling bisa selesai. Selain menu konfigurasi ini kekurangan lainnya adalah jumlah emailnya maksimum hanya 3 email, dan tidak bisa menggunakan custom domain untuk akses email (misal : mail.kura-kura.com).

Tetapi di luar itu, Zoho Mail punya kelebihan lain yang tidak dimiliki Outlook, yaitu : IMAP dan mobile sync (dengan Microsoft Active Exchange).

*untuk bisa akses IMAP dan Microsoft Active Exchange ini, anda harus mengaktifkannya dulu di masing – masing akun email. Saya tadinya tidak tahu ini, jadi cukup lama utak – atik di Android saya. 🙁

Untuk Outlook.com lebih intuitif menunya dibanding Zoho Mail. Kita bisa set custom domain untuk akses emailnya (misal : mail.kura-kura.com). Tetapi kekurangannya (yang menurut saya sangat signifikan), akses nya hanya bisa via website dan POP3. Jika anda menggunakan telpon selular (handphone), maka email tidak bisa diterima secara instan. Tapi saya tidak tahu kalau di handphone Windows Phone 8 ya.

Saya sendiri awalnya menggunakan Outlook.com untuk Rijut.com, tetapi karena saya tidak mendapatkan “push mail” di Android saya akhirnya saya pindah ke Zoho Mail.

10 Comments

  • At 2013.04.02 13:28, Thomas Arie said:

    Untuk email kantor, saya akhirnya pakai Zoho.

    Dan, so far so good. Tidak ada kendala yang berarti. Dengan fitur-fitur yang sangat mencukupi untuk kebutuhan, saya rasa harga yang ditawarkan Zoho juga sangat cocok.

    Sebelumnya pernah pakai Live dengan custom domain, tapi parah banget performa, dan ribet uurusan autentikasi user. Dikit-dikit minta login. Dan bahkan pernah email terkirim telat (baru sampai hari berikutnya). Duh!

    • At 2013.04.02 13:39, Okto Silaban said:

      Waduh.., padahal aku mau pindah ke Outlook nih utk domain satu lagi.. 🙁
      Microsoft emang sering gitu sih ya.

      • At 2013.04.02 15:03, Thomas Arie said:

        Nah, bagaimana kalau misalnya dirimu coba pake Outlook dulu, trus nanti share review-nya mas? 😀
        Di Zoho kayaknya ada fitur untuk migrasi. Di forumnya banyak yang bahas, dan “harusnya” gak ada issue katanya. Tapi, saya coba kemarin migrasi dari Live ke Zoho, timeout terus. Entah kenapa.

        Tapi, karena yang di Live bisa dikatakan hampir ndak ada data, ya syudan saya tinggal saja. 😀

        • At 2013.04.02 15:28, Okto Silaban said:

          Entar deh, ditimbang2 dulu.. Hehe..
          Btw, untuk migrasi mungkin bisa tips ini :
          Bikin email dummy di GMail. Pake akun GMail ini buat fetch email di Outlook via Pop3 nya. Ntar kan ke-fetch semua tuh.

          Nah, migrasi deh dari GMail ke Zoho (mungkin lebih smooth dibanding Outlook ke Zoho) 😛

    • At 2013.05.23 17:54, Albert said:

      Pake ini buat akses email Outlook di Android bisa nggak ya? https://play.google.com/store/apps/details?id=com.outlook.Z7

      #belum punya akun outlook dan zoho

      • At 2013.05.23 23:18, Okto Silaban said:

        Eh, justru itu aplikasi officialnya buat buka email yg di Outlook.com setahuku Mas

        • At 2013.05.23 23:28, Albert said:

          Ooo gitu.
          Soalnya kalo pake Google Apps kan emailnya bisa dibuka juga pake aplikasi Gmail official. Kukira yang Outlook juga begitu 🙂

          • At 2013.05.23 23:35, Okto Silaban said:

            Nah iya, yang Outlook juga sama, bisa dibuka pake Outlook apps official.

            • At 2013.05.23 23:45, Albert said:

              Berarti aksesnya gak cuma via website dan POP3 seperti ditulis di atas?

              • At 2013.05.24 09:53, Okto Silaban said:

                Aksesnya (dengan default mail client di ponsel) cuma via website dan Pop3. Di website mereka juga disebutkan begitu. Kalau dari aplikasi Outlook enggak tau itu via Pop3, IMAP atau apa.

    (Required)
    (Required, will not be published)

    semangka