University of Cambridge dan Kerajaan Majapahit

Image

University of Cambridge (Inggris) sering sekali disebut sebagai salah satu universitas top dunia, selain itu juga disebut sebagai universitas tertua no 2 di dunia. Universitas tertua no.1 di dunia adalah University of Oxford (Inggris), hanya saja tidak pernah ada catatan resmi dan sahih kapan pertama kali kampus top dunia ini didirikan.

Tahu tahun berapa University of Cambridge ini didirikan? Tahun 1209. Tua banget ya…? Kebayang gak seberapa tua universitas ini? Biar dapat gambaran aja ya, Kerajaan Majapahit yang sangat dibanggakan di sejarah kita itu.., berdiri nya tahun 1293. Iya.., Majapahit itu baru berdiri 84 tahun setelah University of Cambridge didirikan..!

Jadi waktu kita ngebayangin ksatria-ksatria jaman Majapahit itu saling beradu ilmu kanuragan, terbang-terbang di langit, naik kuda putih, dengan pukulan-pukulan dewa.., ingatlah, di rentang waktu yang sama di Inggris sana, ada mahasiswa-mahasiswa yang sedang belajar di kelas, atau melakukan riset ilmiah untuk perkembangan ilmu pengetahuan, atau mungkin sebagian sedang selfie dengan lukisan di kain kanvas.

Oh.., bukan, saya bukan bermaksud menganggap negara Indonesia rendah diri. Ini cuma mau memberikan gambaran saja, seberapa jauh Indonesia itu harus mengejar ketinggalannya dari negara maju seperti Inggris. Bukan hanya soal sains, tapi juga soal mental, Revolusi Mental kalo kata bapak yang itu. *eh* 😛

*Eh iya kalau ada yang mau bikin film semi-fiksi, bisalah itu bikin cerita dengan latar belakang jaman Kerajaan Majapahit. Begini kali ya..

Salah satu patih dari Majapahit dikirim tugas belajar ke University of Cambridge, lalu jatuh cinta dengan wanita bule disana. Pihak kerajaan Inggris maupun Majapahit tidak merestui hubungan ini, hingga sang patih dipaksa pulang. Tetapi wanita bule tadi ternyata sudah hamil duluan. (ya.. nafsu birahi kan gak kenal jaman bro..)

Lalu, Sang pangeran Inggris yang dijodohkan dengan wanita bule tadi tidak terima, berlayar lah ia ke Asia untuk membalaskan dendamnya. Inilah cikal bakal penjajahan Inggris di Asia Tenggara.

Tapi plis, jangan masukin tokoh-tokoh siluman serigala yang masuk jadi cinta segitiga ya.., plis..

4 Comments

  • At 2014.05.16 00:08, za said:

    Wah bisa aja kepikiran. Menyambungkan masa Majapahit dengan University of Cambridge. Saat itu belum ada pesawat dan Internet sih. Jadi perbedaan tingkat peradaban ini terpisahkan oleh luas samudera 😉

    • At 2014.05.22 21:57, bocah petualang said:

      Umur negara kita aja belum sampai 100 tahun, dibandingkan dengan AS yg merupakan bekas koloni Inggris aja kita masih jauh banget dari segi usia. Jadi kita memang benar-benar tertinggal jauh.

      • At 2014.09.26 03:44, Viel said:

        Anda tahu peradapan Medang!?
        Saya beritahu; ketika mereka yang dari University of Cambridge sedang berkutat dengan teori. Mereka(Medang) sudah bisa membuat Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang membutuhkan perhitungan yang sangat sistematis dalam proses pembuatannya.

        • At 2014.09.29 11:18, Okto Silaban said:

          Membangun candi dengan membangun universitas itu berbeda domain. Tapi mungkin kalau mungkin mau di-compare, di tahun 800-an sih di Sumatra sudah ada pusat pendidikan dunia untuk ajaran Buddha. Cuma memang, belum dalam bentuk universitas formal modern.

        (Required)
        (Required, will not be published)

        nangka