[Update] Beli Aplikasi Android di Google Play Store Lebih Murah dengan Kartu Kredit daripada Telkomsel Billing

Lengkap sudah. Developer aplikasi Android Indonesia bisa menjual aplikasinya di Play Store. Pengguna Android dari Indonesia juga sudah bisa membeli aplikasi dengan cara potong pulsa. Ekosistemnya sudah lengkap.

Setahu saya ada 2 operator yang menyediakan fitur ini: Indosat dan Telkomsel. Kemarin sempat terdengar kabar di Twitter kalau untuk Indosat sempat di-stop. Saya enggak tahu sekarang sudah bisa lagi atau belum.

Untuk Telkomsel Billing, saya sudah coba sendiri. Saya beli aplikasi game Kingdom Rush, dengan label harga Rp 12.000. Kata Google sih ini sudah termasuk pajak dan GST. Tetapi total biaya yang dikenakan oleh Telkomsel adalah Rp 13.440. Dari penjelasan akun Twitter Telkomsel ternyata memang harga tertera di Play Store masih belum mencakup biaya pajak PPN 10% dan biaya jasa 2%.

Saya sebelumnya pernah juga membeli aplikasi game di Play Store, namanya Game Dev Story, buatan studio game di Jepang. Seingat saya harganya waktu itu Rp 20.000. Menggunakan Google Wallet (yang terkoneksi ke kartu kredit saya). Sewaktu transaksi seingat saya tidak ada biaya tambahan lain.

Selain itu bulan lalu juga saya subscribe Majalah Tempo di Google Newsstand. Harga yang tertera adalah Rp 129.000. Informasi dari Google Wallet yang saya terima, saat transaksi biayanya tetap Rp 129.000, tanpa biaya tambahan.

Saya kurang tahu sih, apakah nanti di billing statement kartu kredit saya baru keluar biaya tambahan lain-lain terkait pembelian dengan Google Wallet ini. Asumsi saya sih tidak. Jika benar, maka kesimpulannya, kalau pertimbangannya adalah biaya, lebih murah membeli aplikasi di Play Store dengan kartu kredit (via Google Wallet) ketimbang Telkomsel Billing.

Tapi itu baru pengalaman dan info saya yang terbatas. Mungkin ada yang mau share pengalamannya?

[Update]
Carrier Billing Indosat masih aktif. Hampir sama seperti Telkomsel, Indosat mengenakan biaya tambahan 10% dari harga tertera di Play Store. Tapi saya tidak tahu apakah ada biaya jasa juga atau tidak.

4 Comments

Add yours

  1. wah keren banget gan ternya kita bisa beli aplikasi Android dengan kartu kredit ya , jangan lupa juga mampir ke gadgetsia.net ya gan , dijamin gak bakal rugi deh dengan informasi yang tersedia di situ

  2. Indosat ada biaya jasa juga, saya pernah beli ebook di playstore. Lumayan berasa walau 2% doang, tapi ga punya kartu kredit mau gimana lagi 🙁

  3. Aku sering banget beli buat main game (in-app purchase).. Buat gamer spender seperti saya itu rasanya nggak banget deh belanja pake potong pulsa… PPN 10% & biaya jasa 2%… totalnya 12%… Kalau beli item yang ekivalen 100 dolar (biasanya rupiahnya Rp. 1,499jt) berarti kena tambahannya bisa sampai 179 ribu… mending 179 ribunya dipake beli paket data deh…

    Kayaknya sama juga dengan gift card region indonesia… barusan baca di tribun, konon katanya gift card region Indonesia itu harganya belum termasuk PPN juga… Jadi intinya mau opsi pembayaran kayak gimana pun kalo nggak pakai kartu kredit pasti jatuhnya lebih mahal.

  4. Wah, pake gift card juga gitu ternyata. Ckckck.. -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *