Winning and Ruling

[Ilustration: Public Domain]
Bagi sebagian orang, founder itu lebih keren. Karena dia membangun sesuatu dari nol. Bagi sebagian lagi CEO tidak kalah keren, karena dia yang memastikan apa yang sudah dibangun itu bisa bertahan dan berkembang selamanya.

Memang ada juga founder yang sekaligus menjabat CEO. Contoh yang masih hangat: Mark Zuckerberg, founder sekaligus menjabat CEO Facebook.com. Atau contoh lain yang sudah lebih senior, Jeff Bezos, founder sekaligus CEO Amazon.com.

“Winning and ruling are two different things”.

-Game of Thrones (maybe)

Saya sih percaya “winning and ruling are two different things”. Founder melakukan “winning”, CEO melakukan “ruling”. Memang sangat bagus kalau satu orang bisa keduanya. Tapi penting juga untuk menyadari kalau tidak paham keduanya sekaligus.

Kalau dibawa ke konsep pemerintahan atau politik, masih sama sih. Cuma siapa yang “win” dan siapa yang “rule” ini menjadi lebih abstrak.  Pengusaha-pengusaha kelas kakap, organisasi yang punya pengaruh besar, media massa, atau tokoh-tokoh tertentu bisa membantu seseorang untuk “win”. Tapi bisa jadi jadi setelah “win”, pihak-pihak lain lah yang sebenarnya ikut “rule”.

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)

mangga