BlogNetwork vs Web Portal

Blog merupakan salah satu tren di dunia internet yang sangat berkembang saat ini. Blog, menurut beberapa sumber salah satu cirinya adalah ditulis dengan “passion”, tetapi efek sampingnya juga sangatlah subjektif. Karena memang pada dasarnya blog adalah website pribadi (walaupun dalam perkembangannya sudah tidak lagi).

Pada perkembangannya akhirnya muncul lagi yang namanya BlogNetwork. Jadi ini semacam suatu website yang didalamnya terdapat banyak blog lain. Kadangkala blog – blog di dalamnya memiliki tema spesifik. Misal Buzznet.com Didalamnya ada blog tentang musik, dan lifestyle. Contoh lain adalah 451Press.com, yang menurut BlogNetworkWatch.com merupakan BlogNetwork dengan jumlah blog terbanyak didalamnya. Tak berhenti disini, BlogNetwork sendiri ada yang sudah memiliki karakteristik spesifik. Contohnya CBlogs.Net. BlogNetwork ini menempatkan diri sebagai blog untuk kalangan mahasiswa kampus dengan kualitas tulisan yang bermutu.

Memang cukup berbeda dengan blog pribadi, umumnya BlogNetwork ini dikelola secara profesional. Tak sedikit BlogNetwork yang membayar para bloggernya.

Di Indonesia sendiri baru – baru ini muncul AsiaBloggingNetwork (AsiaBlogging.com), biasa disingkat ABN. Sejauh pengetahuan saya sih ini BlogNetwork pertama di Indonesia. Pendirinya adalah mantan wartawan Tempo, Budi Putra. Didalamnya ada bermacam – macam blog, mulai dari blog tentang kota – kota di Indonesia, blog tentang IT, hingga tentang Film. Dan memang para blogger disini dibayar secara tetap tiap bulannya, dengan syarat minimimal tulisan adalah tiga kali seminggu (sumber : PortalHR.com). Mengenai kualitas tulisan? Anda bisa cek sendiri dengan melihat situsnya ABN ini.

Maraknya tumbuhnya BlogNetwork ini membuat saya sedikit bertanya – tanya. Bagaimana dengan Web Portal? Bukankah secara umum isinya tidak jauh berbeda? Di web portal kita bisa menemukan berita terbaru, dan dengan tulisan yang mutunya (harusnya) bisa diandalkan, kita bisa melihat artikel – artikel atau tutorial, ada fasilitas search, ada fasilitas commenting, dan ada kanal – kanal tertentu. Memang secara tulisan jelas berbeda, BlogNetwork tentu tulisannya bergaya blog, dan sangat lumrah kita temukan isinya lebih subjektif, tetapi tetap tidak kalah informatif. Tetapi bukankah pembaca senang tulisan yang advokatif, provokatif, atau bahkan agresif. Dan apalagi karena isi tulisan pada blog lebih subjektif, komentar – komentar yang muncul pada tulisannya pun seringkali menjadi thread perdebatan yang panjang. Dan sekali lagi, bukankah pembaca suka hal seperti ini? Emosi mereka ikut dimainkan disini.

Pada blog kadang kala isu – isu hangat tertentu lebih mudah untuk dibicarakan. Karena tidak dibatasi sekat – sekat kaidah jurnalisme, atau bahkan etika. Para penulis blog tidak perlu pusing dengan EYD, atau berapa kata yang harus ditulis, atau loloskah nanti tulisan mereka di meja redaksi. Dan fakta – fakta yang di media mainstream mungkin sulit, atau tidak layak ditampilkan di blog dapat ditulis dengan mudah. Seperti kasus Roy Suryo yang menemukan video lagi Indonesia Raya tiga stanza yang ramai diperdebatkan di media internet, banyak fakta lain yang bisa kita temukan lewat blog dibanding melalui media mainstream.

Untuk web portal sendiri, memang tidaklah seketat media cetak dengan aturan redaksional yang ketat, demi menjaga mutu tulisan dan penting tidaknya informasi tersebut untuk dipublikasikan. Tetapi web portal itu sendiri isinya ditulis oleh banyak orang. Seringkali untuk topik tertentu dipegang oleh beberapa orang tertentu. Jadi masing – masing orang atau kelompok sudah memiliki “kanal” sendiri tempat dia harus menulis. Tetapi memang, kualitas informasi yang disampaikan benar – benar dijaga. Informasi – informasi yang ada dipilah – pilah dulu mana yang bisa dipertanggung jawabkan dan mana yang tidak. Pada Blog hal ini tidak selalu diterapkan, tetapi semakin lama tentunya semakin banyak orang yang membuat tulisan. Tentunya agar tulisannya dapat bersaing, akhirnya metode tersebut (secara langsung maupun tidak) akhirnya bakal diterapkan sedikit demi sedikit.

Dengan perkembangan seperti itu, apakah nantinya BlogNetwork semakin mirip dengan Web Portal? Sementara web portal sendiri saat ini juga semakin banyak yang juga menyediakan blog.

Perbedaan mendasar mungkin hanyalah jangakaun pembaca. Jika di suatu BlogNetwork, ada puluhan kanal dengan topik – topik tertentu, misal hukum, IT, Politik, bisnis, HR, dll. Maka di web portal cenderung memiliki satu topik tertentu. Misal PortalHR, merupakan situs tentang HR walaupun tidak melulu hanya HR. Kemudian Infolinux.co.id, situs tentang Linux, atau InfoWorld.com, situs tentang IT. Di BlogNetwork ini semuanya menjadi satu kesatuan. Sehingga jika suatu BlogNetwork berafiliasi dengan salah satu pihak pengiklan, dia bisa mencapai lebih banyak pembaca.

Bukankah ini juga berarti BlogNetwork dan Web Portal juga akhirnya saling bersaing untuk meraih pengiklan?
Siapa yang akan menang?

7 Comments

  • At 2007.08.29 09:54, Nukman Luthfie said:

    blog saat ini masih terbatas pada content berupa teks (tulisan dan komentar). Belum bisa mengatasi kelengkapan web portal yang bisa menyediakan apa saja, misalnya simulasi bisnis, real time kurs mata uang, dan lain-lain.

    Jika konotasi blog masih seperti saat ini, cuma postingan tulisan, maka selamanya tidak akan mampu menyaingi web portal.

    • At 2007.08.29 10:17, Okto Silaban said:

      Bener juga pak.. Ada perbedaan lain yang belum saya perhatikan secara jeli. Apa yang dimiliki Portal dan tidak dimilik blog :
      – Fasilitas member untuk content tertentu
      – Kadang ada aplikasi tertentu (seperti simulasi dsb).
      – Ada fasilitas langganan Newsletter dsb
      – Area download, baik dokumen, program, pamflet, dsb
      – Podcast (beberapa blog ada yang pakai juga)
      – E-Commerce
      – dan fasilitas lainnya.. (belum searching lagi Pak..) 😀

      Intinya bener seperti kata Pak Nukman, web portal tidak hanya berisi tulisan.. *bukan berarti blog juga hanya berisi tulisan ..*

      • At 2007.08.29 13:48, cewe cakep said:

        Bos…aq ga ngerti cara nya aktifin feedwordpress nya. Itu berupa plugin atau apa tho ??
        apakah harus mengumpulkan blog-blog yang tersebar ( brarti kaya ngumpulin beberapa domain blog) kemudian di jadikan satu dalam feedwordpress kah?

        kalo feedwordpress dalam localhost gimana cara instalasi nya ??
        😛 😀 hehehehe

        Tanya Ken..apa ??

        • At 2007.09.02 15:17, Okto Silaban said:

          @cewe cakep : Halah…, nick mu itu loh Enggar.., ckk…ckk.. narsis abis..
          FeedWordpress itu plugin di WordPress. Aku lupa situsnya dimana, cari di google aja.
          Nanti cara instalasi biasa kok, tinggal copy paste ke folder /wp-content/plugins, terus aktifin dari halaman administrasi, bagian plugin ada menunya kok.

          Tapi untuk jalan dan update terus, nantinya harus dieksekusi secara periodeik pake Cron.

          • At 2008.01.06 00:42, jameela said:

            Alo mas okto ini kan perbedaan blog dgn portal ya.. saya blh nanya sesuatu ga.. klu bedanya website dengan portal apa ya ?? kan portal sudah pasti website, tp klu website blm tentu portal kan ya…
            kira2 ada refrensi nya ga yaa, bedanya website dengan portal?

            dari segi manfaat nya , kelebihan dan kekurangannya ??

            Mohon bantuannya yaaa, trimakasih 🙂

            • At 2008.01.06 21:56, Okto Silaban said:

              @jameela : Ini berdasarkan pengetahuan saya ya. Portal itu ada yang vertikal dan ada yang horizontal. Kalo portal yang vertikal, isi keseluruhan portalnya sejenis. Misal portalHR.com, isinya seputar HR (Human Resource). Kalo portal vertikal itu isinya kasarnya kaya Mall. Semua ada. Mulai dari berita, fasilitas email, blog, review product, jualan barang, galeri foto, dll.

              Jadi kalo ditanya bedanya website sama dengan pertanyaan “apa bedanya makanan sama kue?”. Semua kue pasti makanan, tetapi gak semua makanan pasti kue.

              Lebih tepatnya, portal itu adalah salah satu jenis website. Selain portal, ada blog, forum, wiki (kaya wikipedia), social network (friendster, myspace), aplikasi (GMail), dll..

              • At 2008.09.10 16:32, kamal said:

                wahh…. bagus nih tulisannya. makasih

                MustafaKamal.biz

                (Required)
                (Required, will not be published)

                pepaya