Membuat Planet IATT (lagi) dan Mirroring Website

Setelah sebelumnya Planet IATT berlokasi di http://labanapost.com/iatt. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat yang baru dengan alamat planet.iatt.web.id. Tetapi kali ini menggunakan PlanetPlanet, bukan FeedWordpress seperti sebelumnya. Kenapa? Karena aku pikir sepertinya memanage nya lebih simpel, tidak perlu database, hanya butuh hosting yang support Python (!).

Setelah beberapa hari (*dramatisir*) berjibaku dengan konsol, SSH, FTP, Kate, Gedit, dkk, akhirnya berhasil selesai di localhost. Kemudian upload dengan ftp ke planet.iatt.web.id (hosting di IW dengan harga yang tak wajar). Dan.., tadaaa….!! ternyata hostingnya tidak support Python (selain tidak support SSH secara default tentunya). Arrghh.., setelah upload yang penuh perjuangan, ternyata tidak ada Pythonnya 🙁 (dari dulu emang gak pernah ngecek sih). Penasaran, aku bertanya pada CS nya IW, dan beliau mengiyakan bahwa Python tidak disupport.

Akhirnya terpaksa balik ke hosting blogku tercinta ini (Jeefuu.Net). Disini SSH dapet, Python ada  tetapi harga juga tidak wajar (murah soalnya 😀 ). Dengan SCP di konsol,  seluruh file kuupload ke http://pleret.republish.web.id. Dilanjutkan dengan menambahkan Cron Jobs lewat konsol dengan “crontab -e”. Setelah itu mencoba jalankan script Planetnya “./planet.py”. Sukses.., tanpa masalah.  Kini hanya masalah domain saja. Bagaimana caranya agar planet.iatt.web.id tetap bisa menampilkan isi dari pleret.republish.web.id.

Kepikiran untuk menggunakan cron yang nge-wget (halah.., bahasanya) ke pleret.republish.web.id/index.html. Tetapi aku ragu ini berjalan. Memang hostingya planet.iatt.web.id punya fasilitas Cron, tetapi kalo wget…? Akhirnya tanya lagi ke CS nya IW, dan dia bilang memang tidak support kalo lewat script. Tapi kalo sudah request SSH, nanti lewat SSH bisa. Hmm…, masa sih? Dan setingan Cron tetep kubuat. Setelah menunggu sekitar 1 jam, ternyata…. yess…!! Berhasil.. !

Jadi kini Planet.Iatt.web.id merupakan mirror dari Pleret.Republish.web.id. Sipp… sip…

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)

pepaya