Sebelum ini saya pakai Linux Mint 4.0 (Daryna).. *Jadi inget tentang kawin cerai saya sebelum menikah dengan Daryna dulu..

Seperti biasa, saya selalu tidak sabar ketika muncul rilis baru dari Ubuntu (& Debian). Dan kebetulan Ubuntu pun baru saja menelorkan versi 8.04 nya, yang bernama Hardy Heron. Yang jadi masalah, adalah saya ingin mencicipi Hardy, tanpa harus fresh install.. Sementara saya sendiri sekarang pakai Linux Mint Daryna (= Ubuntu + Multimedia). Jadi simpelnya saya ingin mengupgrade Linux Mint 4.0 Daryna di notbuk ku ke Ubuntu Hardy Heron, secara langsung.. tanpa fresh install..

Akhirnya nekat sajalah.., lakukan tiga langkah mujarab ini :

1. sudo apt-get update

2. sudo apt-get upgrade (yang di repo gutsy diupgrade dulu)

2. sudo pico /etc/apt/sources.list

3. Ctrl+w  (cari teks di Pico / Nano), isi dengan gutsy, Ctrl+r (replace teks), isi dengan hardy

4. Ctrl+o, Ctrl+x

5. sudo apt-get update

6. sudo apt-get dist-upgrade

Dalam waktu sekitar 45 menit (disambi download iso Ubuntu alternate buat jaga – jaga), semua paket selesai didownload.. (45 menit buat upgrade semua paket + download 1 buah ISO images itu tergolong cepat kan ya? Soalnya aku dapet kecepatan akses ke kambing.ui.edu naik turun antara 150kB/s – 900kB/s ! He…he..he mumpung masih mahasiswa manfaatin fasilitas kampus UGM tercinta ini..)

Proses instalasi paket *deb yang ada di cache nya APT berjalan sekitar kurang lebih 2 menit, sebelum akhirnya notbuk ini harus mati suri karena habisnya batre.

Pulang ke kos, dan melanjutkan proses tadi (+ memperbaiki beberapa error). Akhirnya setelah ditinggal makan mie di burjo depan pos kamling, proses ini selesai. Sejauh ini berjalan normal.. Horee..  bisa juga ternyata menyambungkan Daryna ke Hardy.

Detail ceritanya ntar aja, ini juga belum tidur..

*) btw, banyak juga kekecewaan yang kudapatkan.. ntarlah dilanjutin