Saya tidak tahu apakah istilah “trojan di jaringan” itu benar atau tidak. Tetapi yang jelas postingan saya sebelum ini, tentang URL h**p://mx.content-type.cn:443/day.js itu salah.

Referensi terkait yang benar bisa dilihat di :

Jika anda membuka sebuah situs, kemudian anda melihat di status bar browser anda (Firefox, IE, Opera, dll) web tersebut me-load script : h**p://mx.content-type.cn:443/day.js, maka kemungkinan besar komputer anda / jaringan anda telah terkena trojan tersebut.

Pengguna Linux aman? Tidak sama sekali.. Saya hanya menggunakan Ubuntu Linux di notebook saya untuk bekerja,  dan ternyata saya tetap kena.. 🙁 Walaupun saya tidak tahu apa pengaruhnya bagi komputer saya, tapi yang jelas hampir semua web yang saya buka sekarang telah di-inject script itu..

Kemarin saya sempat mencari di Google, tapi tidak menemukan referensi yang tepat. Ternyata kata kunci saya yang salah, karena penasaran saya cari lagi, dan saya menemukan dua referensi di atas.

Adakah rekan Linuxer yang tahu bagaimana mengatasinya? Sementara ini saya cuma mengarahkan domain dari URL tersebut ke IP 127.0.0.1 (dengan menambahkan entry baru di /etc/hosts).

(Maafkan saya teman, karena terlalu terburu – buru mengambil kesimpulan, hingga menuliskan postingan tidak benar kemarin..)