Di Internet Banking Bank Mandiri Ternyata Tidak Bisa Mengganti Alamat Email

Mengganti alamat email itu implikasinya banyak. Karena di jaman sekarang ini biasanya kita punya akun di berbagai fasilitas online, dan kebanyakan menggunakan email sebagai acuan komunikasi utama. Salah satunya adalah Internet Banking. Kebetulan saya sendiri pakai Internet Banking dari Bank Mandiri.

Yang mengejutkan adalah, di Internet Banking Bank Mandiri ternyata kita tidak bisa mengganti alamat email kita sendiri. Aneh juga sih.

Ini menu yang tersedia di Internet Banking Bank Mandiri:

Sepertinya sih, dulu ada fiturnya. Karena sewaktu googling saya menemukan tutorialnya. Tapi entah kapan menu ini malah dihilangkan.

Solusi

Saya telpon ke Call Center Bank Mandiri, kata CS nya saya harus ke Kantor Bank Mandiri terdekat. Di situ bisa diganti. Gak dibilang sih Kantor Cabang, atau Kantor Cabang Pembantu (KCP).

Jadilah saya datang ke salah satu KCP Bank Mandiri. Awalnya CS di KCP ini bilang saya bisa ganti sendiri di Internet Banking Bank Mandiri. Lalu dia bersiap-siap mendemokannya. Daaan…, dia bengong. “Oh iya, gak ada ya Mas menunya?”

Penjelasan berikutnya malah bikin saya lebih bingung lagi. CS nya bilang mereka juga tidak bisa bantu penggantian alamat email. Saya harus ke kantor pusat. Lah…?

Saya bersikeras. Saya tanya, lalu kenapa ketika saya tanya ke Call Center, CS nya bilang bisa dilakukan di kantor Bank Mandiri terdekat?

Baru akhirnya CS di KCP ini menelpon seseorang. Mungkin superiornya. Akhirnya dia mengatakan hal ini bisa dilakukan dengan 2 opsi:

  1. Mengisi form pengajuan, nanti akan diteruskan ke kantor pusat. Tapi tidak ada SLA nya. Karena yang tahu hanya kantor pusat. Bisa jadi sampai seminggu atau lebih.
  2. Saya mengajukan penghapusan internet banking Mandiri, bisa di KCP ini atau via Call Centre. Setelah itu 2 hari kemudian, lakukan registrasi internet banking Mandiri lagi via mesin ATM. Lalu aktivasi lagi via website Bank Mandiri. Saat proses aktivasi nanti alamat email yang lama akan muncul, di situ bisa diganti.

Hmm, tidak ada satupun yang bisa dilakukan dengan cepat ya.

Saya tertarik opsi 2, karena paling enggak cuma butuh 2 hari. Masalahnya detail langkah-langkahnya ini yang kurang jelas. CS nya bilang ke saya “Ooo, tenang, Mas. Ada brosur petunjuknya kok. Lengkap di situ, tinggal ikuti saja.”

Saya lihat brosurnya. Ternyata beda. Ini adalah brosur untuk mendaftar Internet Banking pertama kali. Tidak ada satu bagian pun yang menjelaskan kapan memasukkan / mengganti email. Yang saya takutkan, nantinya ternyata malah prosesnya berbeda dengan yang diceritakan. Ujung-ujungnya saya yang repot. Ya sudah, saya pilih opsi 1 saja. Paling enggak di saya lebih ringkas.

Saya mencoba memahami mengapa fitur ini dihapus oleh Bank Mandiri. Pikiran pertama saya mengatakan mungkin demi keamanan. Kalau memang iya, lalu kenapa bank lain bisa? BCA misalnya. Di e-banking BCA saya cukup mengganti via websitenya saja menggunakan token.

Moga-moga fitur sederhana tapi krusial ini dihadirkan kembali oleh Bank Mandiri.

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)

semangka