Sebelum ini aku pernah nulis tentang hal yang sama. Tapi waktu itu ada yang lupa kutuliskan. Kalo mo baca artikel sebelumnya yang bahas ini silahkan liat di post sebelumnya, atau kalo gak ketemu search aja.

Ok, aku ulang dikit ya. Handphone yang digunakan adalah Motorola C650. Kabel datanya original, waktu aku beli harganya Rp 175rb. Kartu GSM yang kupake IM3. Di Motorola C650 ku ini, setingan GPRS IM3 nya kesetting otomatis. Apa memang gitu ya??. Linux yang kupake ada 2, Ubuntu 6.06 (dapper drake) dan Debian Sarge (stable). Program yang dibutuhkan adalah Wvdial, kalo gak salah defaultnya belum ada di kedua Linux tadi. Kalo gak yakin coba aja kasih perintah wvdial di terminal.

Setingan untuk wvdialnya terletak pada file /etc/wvdial.conf. Isi file wvdial.conf punyaku seperti ini :

[Modem0]
Modem = /dev/ttyACM0
Baud = 115200
SetVolume = 0
Dial Command = ATDT
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
init3= AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
FlowControl = CRTSCTS
Username = gprs
Password = im3
Phone = *99***1#
Stupid Mode = 1

Nah kalo semuanya dah beres, coba konek ke internet. Caranya, dengan account root jalankan perintah ini :
“wvdial net” (tanpa tanda petik).

Kalo berhasil, nanti akan muncul informasi ttg IP address dan DNS. Kalo dah berhasil, coba buka Google.com dengan browser, aku sih pakenya Firefox. Kalo dah bisa berarti beres deh. Btw sebaiknya kalian setting firefox untuk tidak menampilkan gambar, karena ukuran gambar itu gede, dan berarti menambah biaya. Lihat penjelasan berikut ini.

Inget, koneksi internetnya itu kan menggunakan GPRS, Nah biaya GPRS itu dihitung per kb data. IM3 setahuku saat ini biayanya Rp 15/kb tapi ada yang bilang Rp 10/kb, sama dengan Matrix (cek aja ke Indosat kalo gak yakin). Terus kalo kalian bingung gimana ukuran kb kalo membuka suatu website. Gini aja deh, sewaktu kalian bukan halam Yahoo.com Itu besarnya kurang lebih 30kb. Kemudian setekah kalian login halaman yang kalian lihat itu besar datanya kurang lebih 40kb, terus kalo kalian klik menu Inbox dikiri, halaman yang kemudian muncul juga besarnya kurang lebih 40kb.

Jadi sampai di tampilan inbox email kalian, data yang kalian akses kurang lebih adalah 110kb. Dan kalau
kalau biaya GPRS nya adalah Rp 10/kb. Maka untuk sampai di halaman inbox Yahoo Mail kalian telah menghabiskan pulsa kartu anda sebesar Rp 1100. Itu kalau gambar di web tidak ikut di load. Belum lagi kalo ternyata ada program di komputer anda yg otomatis konek ke internet untuk update.. Jadi “Waspadalah.. wasapadalah.., karena koneksi internet tidak hanya terjadi karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan !” 😀

*UPDATE (11 Maret 2008) : Beberapa setingan sudah dibenarkan dan disesuaikan. Ada beberapa bagian yang kurang tepat sebelumnya. Jika setingan ini tidak berhasil, coba konfigurasi secara otomatis dengan perintah “wvdialconf” dari root. Perintah ini nantinya akan membuat konfigurasi secara otomatis di /etc/wvdial.conf. Sesuaikan ini dengan konfigurasi diatas.