Koneksi internet di Linux dengan GPRS IM3 menggunakan Motoral C650

Sebelum ini aku pernah nulis tentang hal yang sama. Tapi waktu itu ada yang lupa kutuliskan. Kalo mo baca artikel sebelumnya yang bahas ini silahkan liat di post sebelumnya, atau kalo gak ketemu search aja.

Ok, aku ulang dikit ya. Handphone yang digunakan adalah Motorola C650. Kabel datanya original, waktu aku beli harganya Rp 175rb. Kartu GSM yang kupake IM3. Di Motorola C650 ku ini, setingan GPRS IM3 nya kesetting otomatis. Apa memang gitu ya??. Linux yang kupake ada 2, Ubuntu 6.06 (dapper drake) dan Debian Sarge (stable). Program yang dibutuhkan adalah Wvdial, kalo gak salah defaultnya belum ada di kedua Linux tadi. Kalo gak yakin coba aja kasih perintah wvdial di terminal.

Setingan untuk wvdialnya terletak pada file /etc/wvdial.conf. Isi file wvdial.conf punyaku seperti ini :

[Modem0]
Modem = /dev/ttyACM0
Baud = 115200
SetVolume = 0
Dial Command = ATDT
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
init3= AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
FlowControl = CRTSCTS
Username = gprs
Password = im3
Phone = *99***1#
Stupid Mode = 1

Nah kalo semuanya dah beres, coba konek ke internet. Caranya, dengan account root jalankan perintah ini :
“wvdial net” (tanpa tanda petik).

Kalo berhasil, nanti akan muncul informasi ttg IP address dan DNS. Kalo dah berhasil, coba buka Google.com dengan browser, aku sih pakenya Firefox. Kalo dah bisa berarti beres deh. Btw sebaiknya kalian setting firefox untuk tidak menampilkan gambar, karena ukuran gambar itu gede, dan berarti menambah biaya. Lihat penjelasan berikut ini.

Inget, koneksi internetnya itu kan menggunakan GPRS, Nah biaya GPRS itu dihitung per kb data. IM3 setahuku saat ini biayanya Rp 15/kb tapi ada yang bilang Rp 10/kb, sama dengan Matrix (cek aja ke Indosat kalo gak yakin). Terus kalo kalian bingung gimana ukuran kb kalo membuka suatu website. Gini aja deh, sewaktu kalian bukan halam Yahoo.com Itu besarnya kurang lebih 30kb. Kemudian setekah kalian login halaman yang kalian lihat itu besar datanya kurang lebih 40kb, terus kalo kalian klik menu Inbox dikiri, halaman yang kemudian muncul juga besarnya kurang lebih 40kb.

Jadi sampai di tampilan inbox email kalian, data yang kalian akses kurang lebih adalah 110kb. Dan kalau
kalau biaya GPRS nya adalah Rp 10/kb. Maka untuk sampai di halaman inbox Yahoo Mail kalian telah menghabiskan pulsa kartu anda sebesar Rp 1100. Itu kalau gambar di web tidak ikut di load. Belum lagi kalo ternyata ada program di komputer anda yg otomatis konek ke internet untuk update.. Jadi “Waspadalah.. wasapadalah.., karena koneksi internet tidak hanya terjadi karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan !” 😀

*UPDATE (11 Maret 2008) : Beberapa setingan sudah dibenarkan dan disesuaikan. Ada beberapa bagian yang kurang tepat sebelumnya. Jika setingan ini tidak berhasil, coba konfigurasi secara otomatis dengan perintah “wvdialconf” dari root. Perintah ini nantinya akan membuat konfigurasi secara otomatis di /etc/wvdial.conf. Sesuaikan ini dengan konfigurasi diatas.

22 Comments

  • At 2007.10.29 17:58, derry fauzi said:

    Salam kenal, Informasi yang menarik trims.

    • At 2007.11.15 04:18, tamami said:

      hi..just wanna add some information here…

      ternyata indosat nyediakan bayaran per menit…

      coba aja login pake:
      user : indosat@durasi
      pass : indosat@durasi

      kita kena Rp 100 / menit…mm 6000 / jam…hehe…lumayan..aga lambat, cuma pake 2 kompi or just wanna download something is useful…keep it try bob…

      — tamami

      • At 2007.11.17 15:32, Okto Silaban said:

        @derry fauzi : sama – sama.. 🙂
        @tamami : yupz.., bener banget.. Lebih mantep lagi kalo beli perdana yang 6000-an pulsa 10rb. Jadinya sekitar 4900/jam. Hampir mendekati harga warnet.. Cuma kalo gak pake 3G sama aja..

        • At 2008.01.14 15:58, inetgretz said:

          DIJUAL TIPS INTERNET GRATIS HANYA 100RIBU. MAU BROWSING 24JAM NONSTOP PAGISIANGSOREMALEM , G MASALAH. KAMI JAMIN TANPA PULSA SAMA SEKALI YANG TERTARIK BISA CALL/ SMS : 085642132515
          TIDAK MELAYANI RESPON VIA EMAIL ATAU YM!!
          100RIBU DAPAT 4TRIK: ESIA, FLEXI, THREE DAN XL!!

          • At 2008.03.11 11:11, ayip_eiger said:

            Mas, tolong donk jelasin konfigurasi buat gusty gibbon. Saya punya koneksi yang sama dengan artikel di atas (motorola C650, im3 gprs), cuman tutorial di atas ga bisa saya jalankan di Ubuntu Gusty Gibbon. Please untuk dijawab secepatnya..

            • At 2008.03.11 19:57, Okto Silaban said:

              @ayip_eiger : Untuk konfigurasi di atas memang ada sedikit kesalahan. Yang benar jadinya seperti ini (di bagian Init3) :

              init3= AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”

              Di tulisan IP pake tanda petik dua.

              Jika masih belum berhasil coba dulu cek apakah HP anda sudah kedetek :
              $ sudo tail -f /var/log/messages

              Ntar lihat ada gak di terminal kata2 /dev/ttyACM0 (A, T, M dan angka 0 lho ya.., bukan huruf O)

              Setelah itu coba saja langsung autoconfigure :
              $ sudo wvdialconf

              Nanti file konfigurasi otomatis terbentuk di /etc/wvdial.conf, editlah sesuai konfigurasi di atas.

              • At 2008.03.14 11:52, ayip_eiger said:

                Berhasil mas.. Thank’s berat buat jawabannya. Tapi pas saya coba masih ada kesalahan. Ternyata terletak di tulisan IP,www.indosat-m3.net tidak perlu tanda petik.
                Sekarang hidup lebih Indah dengan chatting lewat Linux.. he..he..
                Tapi masih ada kendala mas, terutama monitoring data transfernya. Yang seperti dikatakan di artikel tersebut, perlu hati2 dengan program yang secara otomatis mendownload sesuatu di internet. Alhasil tanpa saya sadari pulsa berkurang 1000. entah apa yang sudah di transfer. Padahal saya sangat yakin tidak menghabiskan biaya sebanyak itu.

                Kira2 ada pemecahan ga untuk masalah diatas? Ya paling ngga memonitor packet yang dikirim atau diterima saat kita terkoneksi via GPRS.

                • At 2008.03.14 17:19, Okto Silaban said:

                  @ayip_eiger : Lho pake tanda petik malah berhasil ya? Berarti emang beda – beda tiap orang..

                  Untuk liat transfernya bisa pake pake gnome-system-monitor. Tampilannya grafis kok, jadi jangan khawatir. Caranya ketik aja perintah itu di terminal : gnome-system-monitor.

                  Cara lebih simpel, klik kanan di panel -> add to panel -> System Monitor.
                  Ntar tiap mau klik tinggal klik aja icon System Monitornya.

                  Liatin aja ntar recieved + sent nya berapa. Di total, dikali biaya GPRS. Kalo gak salah IM3 sekarang Rp 1.1/kB. Kalo dah nyampe 1000, berarti udah transfer data sekitar 1 MB-an.

                  • At 2008.03.15 18:46, ayip_eiger said:

                    wah betul mas.. sip. Makasih buat bantuannya. Maaf Kalo kebanyakan nanya, habis masih pemula di bidang Linux..

                    • At 2008.03.18 10:47, ayip_eiger said:

                      maaf mas, mw tanya lagi ney, ada ga caranya biar ketika kita koneksi ke internet via GPRS, kita mensetting agar setelah data yang terkirim dan diterima berjumlah 200KB, koneksi akan dengan sendirinya putus. Gimana?

                      • At 2008.03.18 12:08, Okto Silaban said:

                        Mungkin beberapa cara ini bisa :
                        1. Pake software tambahan.. Aku kurang tahu namanya apa. Bandwith limiter gitu mungkin.. Ato mungkin MRTG bisa sih..
                        2. Dipasang proxy di komputer kita. DI proxy ini disetting max bandwithnya. Nanti kalau bandwithnya dah tercapai, gak bisa buka apa2 lagi lewat internet. Tapi tetep aja harus didisconnect manual. *aku sendiri belum pernahh mainan proxy, makanya gak gitu ngerti.
                        3. Bikin script sendiri (pake bash script). * yg aku jg gak tahu..

                        Itu semua mungkin lho.., aku sendiri belum pernah praktekkin :D.

                        Coba tanya2 di milis jogja-linux@yahoogroups.com

                        • At 2008.03.25 09:41, ayip_eiger said:

                          Mas, maap saya mw menanyakan hal lain di luar artikel di atas. Kan begini, kami dari Ilmu Komputer UGM mw menyelenggarakan seminar JOINTS yang mana mengangkat tema Internet Business, nah kebetulan saya melihat nama Pak Nukman nampaknya cocok menjadi pembicara di acara ini. Cuman sayang sekali beliau sulit di hubungi via e-mail. Setahu saya mas Okto dekat dengan Pak Nukman, terutama dalam forum Jumatan.com, nah maka dari itu mungkin mas okto tahu no contact untuk menghubungi Pak Nukman, atau mungkin ID IM-nya..
                          Bisa bales lewat via e-mail atau YM. Makasih ya mas..

                          • At 2008.03.27 00:40, Okto Silaban said:

                            @ayip_eiger : yups.. via japri yah..

                            • At 2008.05.26 11:19, diam said:

                              aku uda bisa konek

                              tapi kok g bisa buat ngenet???
                              terus sebelum koneksi sampe 1 menit langsung putus sendiri

                              itu knapa????

                              konfigursi udah seperti yg di atas

                              atau seperti ini

                              [Modem0]
                              Modem = /dev/ttyACM0
                              Baud = 115200
                              SetVolume = 0
                              Dial Command = ATDT
                              Init1 = ATZ
                              Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
                              init3= AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
                              FlowControl = CRTSCTS
                              Username = gprs
                              Password = im3
                              Phone = *99***1#
                              Stupid Mode = 1

                              • At 2008.06.08 03:10, me2 said:

                                Halo, gw mau minta tolong bisa nggak setting nya memakai paket data jadi itungannya bukan GPRS /kb.
                                Gw udah nyari ke seluruh dunia (lewat net pastinya), settingnya iya itu, pake wvdial dan itungannya tentu saja /kb, mahal kan.

                                • At 2008.06.09 06:14, calonpustakawan said:

                                  informasinya sangat membantu bang

                                  • At 2008.06.11 16:09, Okto Silaban said:

                                    @me2 : Paket data ya hitungannya per kB dong. Kalo paket waktu baru beda. Tinggal ganti
                                    username : indosat@durasi
                                    password : indosat@durasi

                                    Lainnya tetap kok.

                                    • At 2008.06.16 03:08, masyudi said:

                                      ngomong-ngomong mas hp apa aja yang sudah bisa konek sama os linux.tenq

                                      • At 2008.06.22 20:57, thole said:

                                        mau ikutan nanya nih, hp moto c650 sebagai modem di linux apa ga butuh driver? seperti file .inf di windows, makasih.

                                        • At 2008.06.23 19:30, Okto Silaban said:

                                          @thole : kalo untuk konek internet gak perlu kok. Aman2 aja..

                                          • At 2009.11.01 15:06, Gadgetboi said:

                                            Mas, kenapa yah di ubuntu saya enggak bisa koneksi internet dengan skema durasi (per menit) menggunakan mentari. Saya dah pake semua setting untuk durasi tapi kok tetep kesedot dendan skema data (per kb) . Kenapa yah mas. Saya pake modem sony ericsson w950i yang juga dah disetting durasi… Saya mumet mas…. Mas ada info atau solusi gitu….

                                            • At 2010.05.02 13:14, surya panggabean said:

                                              maaf bang saya br main linux saya pake modem usb cdma prolink p2000 saya pake distro slakware 12.2 modemnya nga kedetik. gmn configurasinya supaya modem saya kedetek? makasih ya bang bls lewat email aja ya bang.salam batak linux

                                              (Required)
                                              (Required, will not be published)

                                              tomat